x

Angkat Topi Meski Timnas Indonesia Gagal Juara AFF U-23, Begini Komentar Erick Thohir

Minggu, 27 Agustus 2023 14:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Ketua umum PSSI, Erick Thohir tetap bangga meski Timnas Indonesia U-23 gagal juara Piala AFF U-23 setelah kalah adu penalti 6-5 (0-0) dari Vietnam. (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Erick Thohir tetap bangga meski Timnas Indonesia U-23 gagal juara Piala AFF U-23 setelah kalah adu penalti 6-5 (0-0) dari Vietnam di Rayong Provincial Stadium, Sabtu (26/08/23) malam.

Erick Thohir yang hadir langsung di Thailand salut dengan perjuangan para pemain. Karena, dengan segala keterbatasan, Indonesia mampu mencapai final.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-23 tidak membawa skuad terbaik karena beberapa pemain tak mendapat izin dari klub. Lalu, ada dua pemain yang kena sanksi dan beberapa pemain lainnya alami cedera.

"Pertama-tama saya ucapkan terima kasih atas perjuangan seluruh pemain dan staf pelatih. Dengan materi banyak pemain debutan nyatanya kita masih bisa berbicara di level teratas Asia Tenggara,” kata Erick Thohir.

Baca Juga

Sosok yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu memuji semangat pantang menyerah yang ditunjukan para pemain yang tersisa. Mereka tampil mati-matian demi kehormatan negara.

"Saya terharu karena dengan pemain yang hanya tersisa 16 orang kita mampu berjuang hingga keringat dan menit terakhir,” tuturnya.

Baca Juga

“Hasil memang belum berpihak pada kita, tapi saya optimistis kejuaraan ini akan menjadi bekal motivasi serta mental bagi pemain untuk semakin baik lagi," lanjut Erick Thohir.

Disampaikan Ketum PSSI, skuad yang tampil di Piala AFF U-23 maupun SEA Games 2023 adalah cikal bakal menuju Piala Asia U-23 2024.

Piala AFF U-23 kali ini jadi bagian dari persiapan Timnas U-23 menuju Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung 4-12 September mendatang.

Baca Juga

1. Pesan Erick Thohir

Timnas Indonesia U-23 harus puas jadi runner up Piala AFF U-23. (Foto: PSSI)

Menurut Erick Thohir, prestasi tidak didapat secara instan, tapi melalui proses, persiapan dan pengorbanan. 

"Piala AFF U-23 ini adalah bagian dari proses. Karena tak ada tim di sepak bola yang bisa sukses tanpa memiliki sistem, roadmap, dan agenda yang jelas. Dengan segala risiko PSSI berusaha keras disiplin pada sistem, roadmap, dan agenda yang sudah disepakati, termasuk keikutsertaan pada AFF U-23 ini" ujar Erick Thohir.

Baca Juga

Ketum PSSI pun mengajak masyarakat untuk tetap mendukung Timnas U-23. Sebab, tim ini dinilai punya potensi untuk tampil semakin baik lagi. 

Untuk para pemain, Erick Thohir berpesan untuk tetap membumi dan selalu lapar akan juara di segala kompetisi. 

Baca Juga

"Mental untuk tidak mudah puas dan selalu meningkatkan level kompetitif kita adalah kunci bagi timnas untuk bersaing di level yang lebih tinggi lagi. Jika di Asia Tenggara kita berhasil mencapai level atas, mengapa tidak kita taklukkan pula Asia bahkan dunia," tuntasnya.

Baca Juga
PSSIErick ThohirTimnas Indonesia U-23Shin Tae-yongPiala AFF U-23

Berita Terkini