x

Cerita Tersembunyi di Balik Gagalnya Penalti Ernando Ari di Final Piala AFF U-23

Senin, 28 Agustus 2023 19:06 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Kiper Persebaya, Ernando Ari Sutaryadi. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Kiper Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari berbagi cerita mengenai pengalaman di Piala AFF U-23 2023. Dia gagal membawa skuad Garuda Muda jadi juara di ajang tersebut.

Timnas U-23 hanya jadi runner up di Piala AFF U-23, setelah kalah adu penalti 5-6 (0-0) dari Vietnam U-23 di partai final, dua hari lalu. 

Ernando Ari merupakan eksekutor penalti keenam dari Indonesia, tapi dia gagal menceploskan bola. 

Baca Juga

Karena itu, kiper Persebaya Surabaya itu kemudian berbagi cerita mengenai pengalamannya di Piala AFF U-23, terutama laga final yang mengurasi emosi dan tenaga. 

Menurut Ernando, dia memang diberikan tugas mengambil tendangan penalti oleh pelatih Shin Tae-yong karena dianggap mampu. Selama latihan, ia mengeksekusinya dengan baik.

“Saya juga enggak tau, dari pertama yang disiapkan lima penendang. Mungkin kalau saya bisa nepis (keadaan bisa berubah), akhirnya sudah sampai lima, enggak ada yang nendang,” buka Ernando Ari.

Baca Juga

“Coach Shin manggil saya, saya langsung ambil aja, karena sudah kepercayaan pelatih ya mau bagaimana. Tapi saya belum menyelesaikan dengan bagus,” imbuhnya.

Disampaikan Ernando, situasi di latihan dan pertandingan sangat jauh berbeda. Tekanannya sangat besar, apalagi di laga final, sehingga itu turut pengaruhi mental eksekutor penalti.

Baca Juga

“Sudah (latihan) sekali aja, bagus, masuk, tapi kan beda dipertandingan dan latihan,” tuturnya.

Ketika gagal cetak gol, kiper 21 tahun itu mengaku ‘dunianya’ serasa runtuh. Ernando mengatakan fokusnya saat itu adalah menjaga pertahanan, jadi cukup kaget ketika harus maju sebagai eksekutor.

Baca Juga

1. Ernando Ari Akui Fisik Terkuras

Penyerang Persis Solo, Ramadhan Sananta, memperdaya kiper Persebaya, Ernando Ari. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

Salah satu faktor yang membuat Ernando tak sepenuhnya siap jadi eksekutor penalti adalah kondisi fisik yang terkuras. Mereka bermain 120 menit, ditambah waktu recovery yang singkat sejak pertandingan babak penyisihan grup.

“Waktu sudah enggak masuk, saya langsung merasa melayang, kaki sudah enggak nginjak tanah, pikiran kacau, karena selanjutnya detik-detik krusial, penendang penentu,” akunya. 

“Kaget sih iya (pas ditunjuk tendang penalti) menurut saya, saya melakukannya kurang bagus. Di latihan  saya sering lakuin itu dan masuk, tapi mungkin karena saya belum siap karena fokusnya dipertahanan, jaga gwng saja saat itu,” lanjut Ernando.

Baca Juga

“Ya fisik juga pengaruh, karena kita kan main dari penyisihan sampai final itu kan mepet, hanya istirahat sehari-dua hari jadi recovery tak maksimal. Final kita main 120 menit dan mental juga sempat down karena itu penentuan,” tambahnya.

Terlepas dari kegagalan eksekusi penalti, Ernando Ari layak disebut sebagai bintang Timnas Indonesia U-23 pada laga final Piala AFF U-23. Kiper asal Semarang itu tampil konsisten, meski sempat jalani perawatan karena keram pada kakinya.

LapangBola mencatat Ernando lakukan lima kali penyelamatan. Jumlah itu lebih banyak dari penyelamatan yang dilakukan kiper Vietnam, Quan Van Chuan (empat kali).

Baca Juga

Meski gagal persembahkan gelar juara Piala AFF U-23, Ernando tetap bersyukur. Dia mengucapkan terima kasih atas semua dukungan dan berjanji akan evalusi penampilannya serta kembali lebih tangguh.

“Pertama-tama patut bersyukur, karena tim seadanya, sampai di partai final dan juara kedua, kami pasti akan selalu evaluasi menjadi lebih baik,” ujarnya.

Baca Juga

“Saya mau ucapkan terima kasih atas pujiannya, yang saya butuhkan sekarang itu supoort saja. Karena di final itu kita harusnya bisa menang di adu penalti, tapi karena satu kesalahan saya semuanya berubah,” imbuh Ernando.

Lebih lanjut, lulusan SMAN 11 Semarang mengatakan tidak ada pesan khusus dari Shin Tae-yong pasca Piala AFF U-23. Tapi, ia optimis juru taktik Korea Selatan itu selalu men-suppport penuh para pemain.

Baca Juga
Timnas Indonesia U-23Ernando Ari SutaryadiShin Tae-yongPiala AFF U-23

Berita Terkini