x

Fernando Valente Tegaskan 3 Poin atas Persikabo Jadi Awal Kebangkitan Arema FC

Selasa, 29 Agustus 2023 03:00 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Subhan Wirawan
Pelatih baru Arema FC, Fernando Valente. (Foto: MO Arema FC)

INDOSPORT.COM - Setelah menunggu 9 pertandingan, kemenangan yang ditunggu-tunggu Arema FC akhirnya datang juga tepat pada pekan ke-10 Liga 1 2023/2024.

Tim berjulukan Singo Edan akhirnya mengemas poin penuh pertamanya musim ini, berkat kemenangan tipis 1-0 saat menjamu Persikabo 1973.

Baca Juga

Shooting kaki kiri Dedik Setiawan pada menit 30, menjadi satu-satunya pembeda dalam pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali, Senin (28/8/23).

Fernando Valente pun tak kuasa mengutarakan kebahagiaan menyusul kemenangan perdana Arema FC itu. Terlebih, laga itu adalah debutnya di Liga 1.

"Saya sangat senang, bisa menjalani debut yang baik dari kemenangan hari ini," ungkap Fernando Valente dalam post-match press conference.

"Kami mencetak gol kemenangan dari proses yang bagus, dan berhasil mengontrol laga dengan sejumlah peluang gol," pelatih Arema FC itu menambahkan.

Baca Juga

Absennya Gustavo Almeida yang cedera, sebelumnya membuat kekuatan lini serang Arema FC cukup ketar ketir. Apalagi, dia adalah penyuplai gol utama.

Situasi bertambah pelik menyusul absennya Achmad Maulana Syarif, yang diandalkan mengisi posisi bek sayap, karena berduka sang ayah meninggal dunia.

Tapi, Arema FC tampil seperti tak terpengaruh. Pola permainan juga berubah drastis dengan lebih banyak mendominasi bola semenjak dibesut Valente.

"Bahkan pada menit-menit akhir laga, tim seharusnya menambah 1 sampai 2 gol lagi. Tapi yang paling penting adalah 3 poin ini," tandas Valente.

Baca Juga

Awal Kebangkitan
Yang jelas, kemenangan atas Persikabo 1973 akan semakin meningkatkan kepercayaan diri Dendi Santoso dkk dalam melanjutkan misi bangkit dari zona degradasi.

Kemenangan ini juga langsung mengangkat posisi Tim Singo Edan yang mengoleksi 6 poin. Mereka menggeser Bhayangkara FC (5 poin) dari urutan 17.

Baca Juga

Arema FC juga memangkas jarak dengan beberapa tim di atasnya. Persita Tangerang berada di batas aman degradasi dengan 10 poin, disusul Persikabo (8).

"Saya tegaskan, bahwa ini adalah awal dari kebangkitan. Ini juga awal dari proses, dan butuh waktu untuk lebih baik lagi," beber Fernando Valente.

Dia juga tak lupa memberi apresiasi terhadap perjuangan para pemain yang dinilainya sudah tampil di batas maksimalnya. Motivasi mereka sangat tinggi.

"Kalau boleh, saya harus bilang bahwa pemain di tim ini adalah pahlawan. Mereka tampil fight dengan situasi yang serba tidak ideal," sebut Valente.

Baca Juga

Tapi yang jauh lebih penting, kemenangan bisa meredakan berbagai gejolak yang terjadi. Setidaknya, situasi tim kembali kondusif.

"Semua komponen klub berhak merayakan kemenangan ini. Pemain, staf official, suporter, manajemen layak mendapatkan 3 poin ini," pungkas pelatih asal Portugal itu.

Baca Juga
Arema FCLiga 1Persikabo 1973Fernando Valente

Berita Terkini