x

Rahasia Jose Mourinho yang Sudah Kepincut Romelu Lukaku Sejak 10 Tahun Lalu

Selasa, 29 Agustus 2023 16:35 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Romelu Lukaku dan Jose Mourinho.

INDOSPORT.COM - Langkah AS Roma meminjam Romelu Lukaku dari Inter Milan bukanlah kejutan besar. Pelatih Jose Mourinho sedang coba mengembalikan romansa yang terbangun sejak di Chelsea pada 2013.

Bursa transfer Liga Italia memanas pada Selasa (29/8/23) dini hari WIB. Hal ini tak lepas dari pengumuman mengejutkan yang dibuat pakar bursa transfer, Fabrizio Romano.

Baca Juga

Fabrizio Romano memastikan Lukaku akan menjadi pemain pinjaman pada musim 2023/24. Langkah ini disebut-sebut membutuhkan mahar 5 juta Euro.

Dana itu masih ditambah 7,5 juta euro untuk menggaji bomber asal Belgia itu. Bila berjalan sesuai jadwal, Lukaku akan menjalani tes medis dan diperkenalkan Selasa waktu setempat.

Bagi AS Roma, dana ini terbilang cukup besar untuk sosok yang hanya dipinjam selama 10 bulan, namun diyakini bakal sebanding dengan sumbangsih Lukaku kelak.

Bisa dimaklumi mengingat Jose Mourinho punya ketertarikan tersendiri kepada Romelu Lukaku. Dia kemungkinan disiapkan untuk puzzle terakhir sektor depan menatap musim 2023/24.

Baca Juga

Kenangan di Chelsea

Kisah Mourinho bersama Lukaku sejatinya dimulai sejak 2013 lalu. Lukaku bukanlah siapa-siapa meski sukses mencetak 17 gol dalam 35 laga ketika dipinjamkan ke West Brom musim 2012/13.

Musim 2013/14 menghadirkan beda pendapat antara Chelsea dengan Jose Mourinho. Kala itu, dia sangat menginginkan Lukaku ada di timnya, meski tak mencetak gol ketika diberi dua kesempatan di Premier League.

Dengan berat hati, pada akhirnya Mourinho mengikuti kebijakan Chelsea untuk meminjamkan Lukaku. Kala itu, Lukaku dipinjamkan karena Chelsea punya Samuel Eto'o, Demba Ba dan Fernando Torres.

Lukaku dipinjamkan bersama 19 nama lain ke berbagai klub, seperti Thibaut Courtois (Atletico Madrid), Thorgan Hazard (Zulte Waregem), Lucas Piazon (Vitesse Arnhem) dan Victor Moses (Liverpool).

Baca Juga

Pada akhirnya keyakinan Mourinho terjawab. Lukaku memang bersinar saat menjalani masa peminjaman ke Everton. Lukaku mencetak 15 gol dalam 31 laga.

Catatan itu sangat cukup untuk membuat Everton yakin membayar Lukaku secara permanen pada pertengahan 2014 dengan 35 juta Euro. Lukaku pada akhirnya blak-blakan berbicara tentang situasi pada awal peminjaman.

Lukaku tak membantah bahwa Mourinho menginginkannya ada di dalam tim. Namun, Lukaku yang masih sangat muda berpikir tentang menit bermain di Chelsea, ketika mereka punya Torres, Demba Ba dan Eto'o.

"Bukan fakta bahwa saya tidak diinginkan. Saya pikir saya diinginkan tetapi saya harus membuat keputusan sendiri dan menganalisis apa yang terjadi, yang terbaik untuk saya," kata Lukaku kepada BBC pada 2013.

Baca Juga

1. Tebus Romelu Lukaku

Romelu Lukaku, pemain Inter Milan. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo

Mourinho seperti belum move-on ketika Chelsea melepas Lukaku yang akhirnya bersinar di Everton. Ketika menangani Manchester United, Mourinho menebus Lukaku dengan mahar 84,7 juta Euro.

Jelas itu sebuah angka yang menggambarkan betapa Mourinho yakin pada kualitas Lukaku. Kepercayaan itu dijawab dengan 15 gol di Premier League, 5 gol di FA Cup dan 5 gol di Liga Champions 2017/18.

Sayangnya, Jose Mourinho dan Lukaku hanya bersama semusim karena sang pelatih berpisah dengan Manchester United pada 2018.

Baca Juga

Boyong ke AS Roma

Kini, Mourinho lagi-lagi menebus Lukaku meski hanya sebatas pemain pinjaman selama semusim. Langkah membawa Lukaku ke AS Roma cukup menggambarkan betapa keyakinan Mourinho tak berganti.

Lukaku yang disebut-sebut sebagai pengusik ruang ganti tetap menjadi bagian penting Mourinho, atau sama seperti pandangannya pada 2013 lalu.

Baca Juga

Romelu Lukaku bakal memperbanyak opsi lini depan bagi AS Roma ketika berburu prestasi di Liga Italia dan Liga Europa 2023-2024. 

Selain Lukaku, AS Roma juga punya nama-nama keren, seperti Tammy Abraham, Andrea Belotti, Paulo Dybala, Ola Solbaken, Stephan El Shaarawy hingga Sardar Azmoun.

Baca Juga
ChelseaJose MourinhoInter MilanAS RomaRomelu LukakuLiga ItaliaBerita TransferTransfer Pemain

Berita Terkini