x

Teranyar Fernando Valente, 5 Pelatih Asing Arema yang Raih 3 Poin di Laga Debut

Selasa, 29 Agustus 2023 11:55 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
Selebrasi pemain Arema FC, Dedik Setiawan dengan rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Persikabo pada pekan kesepuluh laga Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Senin (28/08/23). (Foto: MO Arema FC)

INDOSPORT.COM - Fernando Valente melanjutkan statistik apik pelatih asing Arema FC sebelumnya, yang mengemas debut di Liga 1 dengan hasil 3 poin.

Pelatih kebangsaan Portugal itu mewujudkan harapan Arema FC yang mengejar kemenangan pertama di Liga 1 musim 2023/2024 setelah 9 laga tak menang.

Baca Juga

Tim berjulukan Singo Edan dibawanya meraih 3 poin melalui gol tunggal Dedik Setiawan pada menit 30' ke gawang Persikabo 1973, Senin (28/08/23).

Lantas, siapa saja pelatih asing Arema FC selain Fernando Valente yang mengemas debutnya dengan kemenangan? Berikut INDOSPORT.COM rangkum.

1. Mario Gomez

Pelatih berkebangsaan Argentina ini jadi yang terakhir kali mengemas debutnya untuk Arema FC dengan hasil tiga poin alias kemenangan di Liga 1 musim 2020.

Mario Gomez membawa Tim Singo Edan mengalahkan Persikabo di Bogor dengan skor 2-0 (02/03/20), kendati itu jadi satu-satunya kemenangan di kompetisi.

Baca Juga

Setelah itu, Jonathan Bauman dkk kalah 2 kali beruntun saat menjamu Persib Bandung 1-2 di Malang (08/03/20) dan 0-2 di markas PSIS Semarang (14/03/20).

Sayang, kebersamaan eks asisten pelatih Valencia dan Internazionale Milan itu hanya berlangsung tiga laga, sebelum Liga 1 terhenti karena pandemi covid-19.

2. Milomir Seslija

Status Indonesia yang masih di-banned oleh FIFA, membuat Arema yang saat itu masih memakai Cronus di belakangnya, tidak bisa tampil dalam kompetisi resmi.

Arema Cronus lantas dibesut Milomir Seslija pada Indonesian Soccer Championship (ISC A), sebagai turnamen berformat kompetisi sepanjang 2016 silam.

Baca Juga

Milomir lantas mencatat debutnya dengan gemilang. Arema Cronus mengalahkan Persiba Balikpapan 2-0 pada matchday 1 ISC A di Stadion Kanjuruhan (01/05/16).

Pelatih kebangsaan Bosnia ini lantas nyaris merampungkan musim perdananya dengan juara. Sayang, Arema Cronus finis sebagai runner-up ISC A di bawah Persipura.

Baca Juga

3. Robert Rene Albert

Lebih dari satu dekade lalu, Robert Rene Alberts mencatatkan debut gemilang berupa kemenangan saat tim masih mengusung nama Arema Indonesia.

Pelatih berkebangsaan Belanda ini hadir sebagai head coach Tim Singo Edan jelang kick-off Indonesia Super League (ISL) musim 2009/2010 silam.

Robert menjalani debut saat Arema Indonesia mengalahkan Persija Jakarta 1-0 dari gol M. Fakhruddin menit 53' di Stadion Kanjuruhan Malang (11/10/10).

Rentetan kemenangan lantas direngkuh pelatih yang setelahnya bergabung dengan PSM Makassar dan Persib Bandung itu. Pada akhir musim, Arema Indonesia menjuarai ISL.

Baca Juga

4. Miroslav Janu

Sebelum prestasi ciamik Robert Rene Alberts, Miroslav Janu juga mencatat debut berupa kemenangan sebagai pelatih tim yang kala itu bernama Arema Malang musim 2007.

Miroslav Janu yang berkebangsaan Republik Ceska, memimpin Arema saat mengalahkan Persegi Bali FC 2-0 di Stadion Kanjuruhan (10/02/07).

Musim 2007/2008 jadi periode paling sibuk bagi Coach Miro. Lantaran dia harus memimpin dalam 3 kompetisi, Liga Indonesia, Copa Indonesia dan Liga Champions Asia.

Namun, Coach Miro masih dapat membawa Arema Malang berprestasi di kompetisi. Ponaryo Astaman dkk lolos sampai babak 8 besar Liga Indonesia.

Baca Juga
PersikaboArema FCLiga 1Berita Liga 1Fernando Valente

Berita Terkini