x

4 Fakta Mengejutkan Jelang Duel Timnas Indonesia U-17 vs Korea Selatan

Rabu, 30 Agustus 2023 13:45 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Laga uji coba Timnas Indonesia vs Korea Selatan. (Foto: Vidio)

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-17 besutan Bima Sakti akan menantang Korea Selatan U-17 dalam pertandingan uji coba persiapan Piala Dunia U-17 2023.

Pertandingan uji coba Timnas Indonesia U-17 vs Korea Selatan bakal berlangsung di Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi pada Rabu (30/08/23) pukul 19.00 WIB.

Baca Juga

Pelatih Timnas Indonesia U-17 yaitu Bima Sakti menjelaskan kalau laga uji coba melawan Korea Selatan sangat penting untuk persiapan menghadapi Piala Dunia U-17 2023.

Ia menilai kalau Korea Selatan bisa menjadi tolak ukur kualitas Muhammad Iqbal Gwijangke dkk sebelum bersua lawan-lawan hebat lainnya.

"Kami memang melakukan persiapan untuk lawan Korea Selatan. Ini pertandingan bagus untuk kita karena bisa mengukur lagi kualitas dan level kita sudah sampai di mana," ucap Bima Sakti.

Jelang laga uji coba ini Bima Sakti pun memberikan pembekalan materi taktik dan strategi untuk anak asuhnya. Sehingga saat melawan Korea Selatan nanti setidaknya anak asuhnya tidak akan kebingungan.

"Memang materi kita pada hari ini ada latihan pasang, lalu ada sedikit taktik. Kami ingin para pemain kita memiliki modal jelang melawan Korea Sealatan nanti,” jelas Bima.

Ia menambahkan kalau para pemainnya bisa mendapatkan pengalaman bertanding melawan tim besar. Setidaknya dirinya bisa mengukur mental serta fisik para pemain Timnas Indonesia U-17 nantinya.

Baca Juga

"Dari laga uji coba melawan Korea Selatan yang pasti kita pingin yang levelnya di atas kita. Kami tahu kan Korea Selatan salah satu finalis juga Piala Asia U-17, pas final lawan Jepang."

"Kami ingin lihat lah kemampuan pemain sendiri, dari segi mental, dari segi fisik, dam taktik yang selama kami latihan selama ini kita bisa buat nanti di pertandingan nanti,” tukas Bima Sakti.

Sementara itu, jelang Timnas Indonesia U-17 vs Korea Selatan, INDOSPORT telah menemukan adanya beberapa fakta mengejutkan. Berikut kami telah merangkumnya:

Baca Juga

1. Kedekatan Pelatih Timnas Korea Selatan U-17 dengan Shin Tae-yong

Preskon pelatih Korea Selatan U-17, Byun Sunghwan dan pemain, Kim Myeong Jun. (Foto: Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT)

Pelatih Timnas Korea Selatan U-17 yaitu Byun Sung-hwan ternyata memiliki kedekatan dengan juru taktik Timnas Indonesia senior dan U-23 yaitu Shin Tae-yong.

Sosok Shin Tae-yong memang sudah menjadi salah satu orang penting di Korea Selatan. Hal itu membuat Byun Sung-hwan menaruh hormat kepada eks pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Baca Juga

Jelang bersua Timnas Indonesia U-17, Byun Sung-hwan mengaku sempat menghubungi Shin Tae-yong lewat telepon.

Ia menjelaskan kalau seniornya itu akan hadir saat duel berlangsung di Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi pada Rabu (30/08/23) pukul 19.00 WIB.

Kedekatan dengan Shin Tae-yong awalnya terjadi ketika Byun Sung-hwan masih memperkuat Seongnam Ilhwa Shunma pada 2012.

Saat bergabung dengan Seongnam Ilhwa Chunma tersebut, kebetulan pelatihnya yaitu Shin Tae-yoh.

Diketahui, sebelum membesut Timnas Korea Selatan, Shin Tae-yong sempat menjalani pertandingan bersama Seongnam Ilhwa Chunma sebanyak 145 laga.

Byun Sung-hwan Terkesan Tinggal di Jakarta

Di sela-sela persiapan melawan Timnas Indonesia U-17, Byun Sung-hwan dibuat kagum dengan kecekatan pengendara mobil di jalanan Jakarta yang disebutnya tidak pernah ditemui di negaranya.

Cara mengemudi di sini sangat bagus, sangat luar biasa skillnya. Saya belum pernah lihat skill seperti itu di Korea, jadi itu mengejutkan saya,” tuturnya.

Selain sang pelatih yang punya pengalaman menarik, salah satu pemain Korea U-17, Kim Myeong-jun juga merasakannya. Tapi, itu menyoal makanan.

Kim mengatakan makanan Indonesia cukup enak, dan itu mengejutkan karena di luar ekspetasinya. Pasalnya, ini kali pertama dia datang ke Indonesia.

Saya rasa makanan indonesia cukup enak dari yang saya bayangkan sebelumnya. Kami juga menginap di hotel yang bagus,” akunya.

Timnas Indonesia U-17 Tanpa Welber Jardim

Salah satu pemain diaspora yakni Welber Jardim dipastikan tidak akan bisa membela Timnas Indonesia U-17 saat bersua Korea Selatan.

Bek kanan itu sudah pulang ke Brasil karena sudah selesai masa izinnya dan baru akan gabung saat pemusatan latihan di Jerman.

Welber Jardim merupakan pemain yang mendapatkan pujian Bima Sakti. Skill pemain keturunan tersebut diakui di atas rata-rata pemain lainnya.

Baca Juga

Korea Selatan Tampil Pincang

Jelang bersua Timnas Indonesia U-17, Byun Sung-hwan menjelaskan kalau kondisi skuatnya belum dalam kondisi 100 persen.

Hal itu karena para pemain yang kembali bermain untuk klubnya masing-masing setelah melakoni ajang Piala Asia U-17 2023.

Dia menyebut ada lima pemain yang tidak bisa dibawa karena masih menjalani perawatan cedera. Di mana lima pemain tersebut merupakan pemain yang ikut serta membawa Korea Selatan menjadi runner up di Piala Asia U-17 2023 lalu.

Baca Juga
Korea SelatanPiala Dunia U-17Bima SaktiTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini