x

Alasan Liverpool Jadi Kandidat Terkuat Lengserkan Supremasi Manchester City

Rabu, 30 Agustus 2023 19:47 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Isman Fadil
Selebrasi pemain Liverpool Darwin Nunez usai mencetak gol ke gawang Newcastle pada laga Liga Inggris di Stadion St. James

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, disebut menjadi tim yang paling berpeluang melengserkan supremasi Manchester City.

Tak dapat dimungkiri, Manchester City adalah klub paling berjaya di Inggris dalam satu dekade terakhir. Sejak 2013, The Citizens sukses memenangi enam gelar Liga Inggris dari sepuluh kesempatan.

Baca Juga

Skuat asuhan Pep Guardiola pun kembali menjadi favorit untuk menjuarai Liga Inggris pada musim ini, sekaligus memperpanjang rekor juara mereka menjadi empat kali beruntun. 

Sejauh ini, peluang terjadinya hal tersebut cukup besar, mengingat Erling Haaland dkk. kini menjadi satu-satunya klub Liga Inggris yang berhasil mencatat hasil sempurna dalam tiga pertandingan pertama.

Secara berturut-turut, Man City mengalahkan Burnley, Newcastle United, dan Sheffield United, yang membuat mereka kini bertengger di peringkat teratas klasemen. 

Namun, tak sedikit pula yang memprediksi jika keunggulan Man City tak akan bertahan lama. Bahkan, pandit Inggris, Chris Sutton, menyebut ada satu klub yang berpeluang paling besar melengserkan supremasi Man City.

Baca Juga

"Liverpool kemungkinan menjadi klub yang paling bisa melengserkan Manchester City," ujar Chris Sutton, dikutip dari DaveOckop.com.

"Mereka memang menang melawan Bournemouth dengan hanya 10 pemain. Tapi, saat mereka melakukan hal yang sama pada Newcastle United, saya pikir itu adalah bukti tak terbantahkan."

"Saya masih berpikir City akan memenangi Premier League, tapi Liverpool akan makin kuat, apalagi kalau mereka dapat mempertahankan Mohamed Salah."

"Jika melihat lini depan Liverpool dan fakta bahwa mereka bisa mencadangkan Diogo Jota dan Darwin Nunez, ini adalah lini depan yang luar biasa," tuturnya memungkasi.

Baca Juga

1. Start Luar Biasa Liverpool

Pemain Liverpool Virgil van Dijk memprotes keputusan wasit John Brooks setelah mendapat kartu merah pada laga Liga Inggris di Stadion St. James

Penyataan Chris Sutton bukan omong kosong. Pasalnya, Liverpool merupakan satu-satunya klub yang bisa "mencuri" gelar Liga Inggris dari Man City sejak 2017 silam.

Skuat asuhan Jurgen Klopp menjadi yang terbaik di Liga Inggris pada musim 2019/2020. Musim sebelumnya, Liverpool juga menjuarai Liga Champions Eropa.

Baca Juga

Liverpool sendiri saat ini tercatat belum menderita kekalahan di tiga laga perdana Liga Inggris 2023/2024 bersama Man City, West Ham, Tottenham Hotspor, Arsenal, dan Brentford.

Jika mampu mempertahankan performa tersebut hingga akhir musim, bukan tidak mungkin ramalan Chris Sutton menjadi kenyataan.

Meski demikian, Liverpool bukannya tanpa masalah. Mereka masih dalam pencarian gelandang bertahan berkualitas untuk menggantikan Fabinho.

Sejauh ini, tiga pemain telah didatangkan, yakni Alexis Mac Allister, Dominik Szoboszlai, dan Wataru Endo. Namun, The Reds agaknya masih berupaya mendatangkan pemain anyar.

Baca Juga

Liverpool juga mesti membenahi sektor disiplin. Dua kartu merah dalam tiga pertandingan pertama tentunya bukan pencapaian yang membanggakan.

Terbaru, The Reds mesti kehilangan sang kapten, Virgil van Dijk, yang mendapat kartu merah dalam laga melawan Newcastle United akhir pekan lalu.

Wasit mengganjar Virgil van Dijk dengan hukuman kartu merah lantaran menjadi pemain terakhir yag coba menghentikan pergerakan Alexander Isak.

Kapten timnas Belanda tersebut pun berpotensi absen empat pertandingan sekaligus usai melakukan protes keras terhadap keputusan wasit John Brooks.

Baca Juga
LiverpoolManchester CityLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini