x

Konsistensi Nasionalisme Persib: Paling Banyak Sumbang Pemain di Timnas Indonesia

Rabu, 30 Agustus 2023 22:46 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Juni Adi
Starting eleven Persib Bandung saat menghadapi RANS Nusantara FC, pada pekan ke-10 kompetisi Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (26/08/23).

INDOSPORT.COM - Salah satu peserta kompetisi Liga 1 2023-2024, Persib Bandung konsisten menjadi tim penyumbang pemain terbanyak untuk Tim Nasional (timnas) Indonesia.

Timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong, kembali memanggil sebanyak 24 pemain untuk pertandingan FIFA Matchday bulan September 2023. 

Baca Juga

Pada FIFA Matchday tersebut, Timnas Indonesia akan melawan Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, 8 September mendatang. Sebanyak 24 pemain ini akan berkumpul mulai Senin (04/09/23).

Persib menjadi penyumbang pemain paling banyak pada kesempatan kali ini, yakni sebanyak empat pemain. Kemudian, diikuti Borneo FC, PSM Makassar dan Persikabo yang masing-masing menyumbang 3 pemain.

Empat pemain Persib yang mendapat panggilan bergabung dengan Timnas Indonesia, untuk persiapan FIFA Matchday tersebut yakni Marc Klok, Rachmat Irianto, Edo Febriansyah dan Ryan Kurnia.

Bagi Marc Klok, Rachmat Irianto dan Edo Febriansyah, pemanggilan dari Timnas Indonesia tersebut bukan yang pertama, pasalnya dalam beberapa kesempatan mereka sudah sempat bergabung dengan Skuad Garuda.

Baca Juga

Sedangkan bagi Ryan Kurnia, pemanggilan tersebut menjadi yang pertama dalam kariernya sebagai pemain sepak bola profesional. Sehingga, dia merasa bersyukur.

Sebagai pemain sepak bola profesional, Ryan Kurnia memiliki motivasi berlipat untuk menampilkan permainan terbaiknya dan menjawab kepercayaan yang diberikan oleh pelatih Shin Tae-yong.

"Iya, belum pernah sebelumnya. Ini baru pertama kali gabung tim nasional. Tentunya sangat senang sekali bisa dipanggil sama timnas. Suatu kebanggaan tersendiri buat saya karena menjadi cita-cita saya dari kecil," tegasnya.

Sebagai informasi, Ryan Kurnia merupakan pemain kelahiran Bogor, 28 Juni 1996, dia bergabung dengan Persib Bandung untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 2023-2024.

Baca Juga

Dipanggilnya Ryan Kurnia ke Timnas Indonesia, membuat Persib tetap konsisten menjadi tim penyumbang pemain terbanyak untuk Timnas Indonesia. 

Pasalnya, Persib juga menjadi tim yang menyumbang pemain terbanyak bagi Timnas Indonesia dalam agenda FIFA Matchday sebelumnya.

Baca Juga

Saat itu ,Timnas Indonesia memanggil sebanyak 26 pemain untuk persiapan FIFA Match Day, dari jumlah tersebut empat diantaranya merupakan pilar Persib yakni Marc Klok, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto dan Edo Febriansyah.

Pemanggilan keempat pemain Persib tersebut, disampaikan melalui surat bernomor 1677/AGB/264/V-2023. Saat itu, mereka disiapkan untuk melakoni dua pertandingan internasional.

Dua FIFA Matchday tersebut, yakni menghadapi Palestina pada 14 Juni di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya dan Argentina pada 19 Juni di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. 

Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, saat itu merasa bangga Persib Bandung menyumbang pemain paling banyak untuk Timnas Indonesia.

Baca Juga

Menurut Teddy, dengan banyak pemain Persib yang mendapat panggilan bergabung dengan Timnas, hal itu menjadi kebanggaan. Pasalnya, mereka akan berjuang untuk negara.

Lebih lanjut Teddy memastikan, manajemen Persib sangat mendukung dan memberikan izin kepada pemainnya untuk bergabung dengan Timnas Indonesia. 

Karena, menurut Teddy bermain untuk tim nasional merupakan cita-cita seluruh pesepakbola profesional. Untuk itu, manajemen pasti memberikan dukungan.

"Pasti bangga. Siapa sih yang tidak bangga untuk bisa bermain buat Timnas. Yang pasti kita, karena ini memang program nasional dan kepentingan bangsa di atas segalanya. Pasti kita dukung," tegas Teddy beberapa waktu lalu.

Baca Juga
Persib BandungTimnas IndonesiaLiga 1

Berita Terkini