x

Timnas Indonesia U-17 Banjir Pujian Usai Sulitkan Perlawanan Korea Selatan

Kamis, 31 Agustus 2023 10:40 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Starting eleven Timnas Indonesia U-17 dalam laga uji coba melawan Korsel U-17 di Stadion Patriot, Bekasi, Rabu (30/08/23).

INDOSPORT.COM - Pengamat sepak bola nasional, Akmal Marhali, memuji performa Timnas Indonesia U-17 dalam laga uji coba melawan Korea Selatan. Meski menelan kekalahan 0-1, Timnas Indonesia U-17 dinila mampu memberi perlawanan keras.

Timnas Indonesia U-17 menghadapi Korea Selatan dalam laga uji coba. Laga ini berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-17 mampu memberikan perlawanan sengit. Bahkan 45 menit babak pertama, skuad Garuda Asia mampu menahan imbang 0-0. Namun di akhir laga tim besutan Bima Sakti ini harus mengakui keunggulan Korsel dengan skor tipis 0-1.

Meski meraih hasil minor, perjuangan Timnas Indonesia U-17 mendapat pujian. Seperti diutarakan pengamat sepak bola nasional,  Akmal Marhali, yang menilai performa Timnas U-17 cukup baik.

"Ini hasil yang lumayan bagus buat timnas Indonesia karena hanya kalah 1-0 dari Korea Selatan. Yang kalau bicara kualitas, Korsel kualitasnya berada di atas Indonesia," ujar Akmal kepada wartawan, Rabu (30/08/23). 

Akmal menilai Timnas Indonesia U-17 yang baru terbentuk mampu menampilkan karakter bermain yang baik. Meski, lanjut Akmal, masih perlu pematangan dari sisi transisi bermain.

Baca Juga

"Tim ini kan baru dibentuk, bahkan proses seleksinya masih berjalan, jadi bicara kematangan masih belum matang karena masih dalam proses transisi dari seleksi pemain ke pemusatan latihan. Tapi kita bisa memberikan perlawanan buat Korsel," puji Akmal. 

Akmal optimistis, dengan masa persiapan yang tersisa sekitar dua bulan, timnas akan semakin baik. Dia berharap para pemain bisa terus mempertahankan spirit dsn karakter bermain yang pantang menyerah. Ini yang layaknya ditunjukkan Timnas U-17 dalam laga uji coba kontra Korsel. 

"Bagaimana pun kita masih harus terus belajar, hasil sudah cukup bagus tapi jangan mudah berpuas diri karena bagaimanapun yang akan dihadapi adalah Piala Dunia, yang pastinya tim-tim yang lolos ke Piala Dunia, mereka sudah lebih matang dibandingkan Indonesia," ujar Akmal Marhali.

Baca Juga

1. Hasil Timnas Indonesia U-17 vs Korea Selatan

Pemain Timnas Korsel U-17 dijaga ketat tiga pemain Timnas U-17 dalam laga uji coba di Stadion Patriot, Bekasi, Rabu (30/08/23).

Bertanding di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, timnas Indonesia U-17 harus mengakui keunggulan Korea Selatan U-17 dengan skor tipis 0-1, di mana gol semata wayang dicetak oleh Baek Gaon (66').

Sebetulnya, tim besutan Bima Sakti tersebut bermain cukup agresif di menit-menit awal. Namun, permainan yang cukup tergesa-gesa membuat tak ada peluang yang cukup berbahaya.

Baca Juga

Pada menit ke-11, Korea Selatan U-17 berhasil menciptakan peluang berbahaya melalui Jin Tae-ho di dalam kotak penalti. Sayang, tendangannya masih melenceng.

Skuad Garuda Muda hampir unggul pada menit ke-16 melalui peluang yang diciptakan Aulia Rahman. Namun, tembakannya tak tepat sasaran.

Korea Selatan berhasil mendominasi jalannya pertandingan. Akan tetapi, pertahanan timnas Indonesia U-17 terjaga dengan rapat sehingga skor kacamata bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua di laga uji coba jelang Piala Dunia U-17, Timnas U-17 tampil cukup panik sehingga beberapa peluang terbuang dengan sia-sia.

Baca Juga

Korea Selatan akhirnya berhasil memecah kebuntuan dengan mencetak gol pada menit ke-66 melalui tembakan jarak dekat Baek Gaon yang memanfaatkan umpan tarik gawang.

Tim Taeguk Warroirs muda itu hampir menggandakan gol. Beruntungnya, hadiah penalti pada menit ke-79 gagal dieksekusi Lee Jae-hwan usai membentur mistar gawang.

Pertandingan uji coba jelang Piala Dunia U-17 harus berakhir dengan kekalahan timnas Indonesia U-17 dengan skor 0-1 dari Korea Selatan.

Baca Juga
Timnas IndonesiaBima SaktiAkmal MarhaliBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini