x

Komitmen Jakpro Soal Perawatan Rumput JIS Jelang Piala Dunia U-17

Jumat, 1 September 2023 11:15 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Jakpro terus berkomitmen untuk melakukan penyempurnaan dan persiapan terbaik bagi Jakarta International Stadium (JIS).

INDOSPORT.COM – Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Iwan Takwin, menyebut bahwa pihaknya terus berkomitmen untuk melakukan penyempurnaan dan persiapan terbaik bagi Jakarta International Stadium (JIS).

Seperti diketahui, Jakarta International Stadium (JIS) akan menjadi salah satu venue utama gelaran Piala Dunia U-17 yang akan berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember mendatang.

Baca Juga

Selain itu, ajang Piala Dunia U-17 juga akan dihelat di tiga stadion lainnya yakni Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Menyoal Jakarta International Stadium (JIS), saat ini yang tengah dikerjakan oleh Jakpro ialah proses perawatan rumput di stadion yang terletak di kawasan Tanjung Priuk, Jakarta Selatan, itu.

Iwan Takwin menuturkan bahwa proses perawatan rumput di stadion utama yang sedang berjalan saat ini memiliki beberapa tahapan.

Diantaranya yakni penggulungan rumput yang dilakukan secara manual untuk menjaga keutuhan akar, kemudian dipindahkan ke lokasi nursery (persemaian) rumput, dan proses perawatan yang berlangsung di lokasi nursery.

Baca Juga

“Proses penggantian rumput ini kedepannya akan sering kita lakukan mengingat intensitas setiap pertandingan sepakbola berbeda-beda, ada yang 2 kali sehari atau 3 kali sehari, sehingga kualitas rumput pun perlu dijaga sesuai dengan intensitas pertandingan dan penggunaan lapangan tersebut,” pungkas Iwan Takwin, Kamis (31/08/23).

Lebih lanjut, Iwan Takwin juga mengatakan bahwa kedepannya aka nada lebih dari satu nursery (persemaian) rumput di Jakarta International Stadium (JIS) tersebut.

 “Rumputnya harus siap dipindahkan kapan pun dan yang di nursery bisa digunakan untuk back up bila diperlukan sewaktu-waktu,” jelas Iwan.

“Sehingga penting untuk kita memiliki beberapa lokasi nursery agar memastikan bahwa kualitas rumput yang digunakan senantiasa sesuai dengan yang direkomendasikan oleh FIFA” imbuhnya.

Baca Juga

Proses treatment rumput lapangan Jakarta International Stadium (JIS) juga dikatakan Iwan Takwin dilakukan supaya rumput bisa tumbuh lebih optimal dan sempurna.

Selain itu, proses treatment juga untuk mengantisipasi rumput terkelupas atau rusak lantaran intensitas pertandingan Piala Dunia U-17 yang tinggi.

Salah satu caranya ialah dengan proses treatment di nursery, sehingga pertandingan di setiap matchday-nya yang terselenggara di Jakarta International Stadium (JIS) bisa sukses dengan kondisi rumput yang prima.

“Proses treatment yang ada di nursery ini untuk memastikan supaya rumput tumbuh lebih baik dan sempurna, rumput- rumput yang mengalami stres karena intensitas pertandingan yang tinggi ini kita treatment di nursery agar rumput tersebut bisa melakukan recovery dan tumbuh normal kembali,” kata Iwan Takwin.

Baca Juga
Semen GresikPiala Dunia U-17Jakarta International Stadium (JIS)Stadion JIS

Berita Terkini