x

Eks Asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia Gabung Korea Selatan

Sabtu, 2 September 2023 17:38 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Mantan asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Lee Jae-hong, resmi bergabung dengan tim nasional Korea Selatan.

Melansir dari Yonhap, Lee Jae-hong ditunjuk sebagai pelatih fisik Timnas Korea Selatan yang diasuh oleh pelatih kepala asal Jerman, Jurgen Klinsmann.

Baca Juga

Ini menjadi periode kedua Lee Jae-hong untuk tim nasional negaranya, setelah sebelumnya juga bertugas sebagai pelatih fisik selama Piala Dunia 2018 Rusia.

Kala itu, Lee Jae-hong bekerja di bawah tiga pelatih berbeda dari 1 Januari 2017 sampai 31 Desember 2018, yakni Uli Stielike, Paulo Bento, dan Shin Tae-yong, menurut data Transfermarkt.

Namun, setelah Korea Selatan gagal di Piala Dunia 2018, dirinya mengundurkan diri bersama-sama dengan Shin Tae-yong.

Lee Jae-hong sempat melatih di Seoul FC sebelum mendapat panggilan bekerja sama lagi dengan Shin Tae-yong yang ditunjuk melatih Timnas Indonesia pada Januari 2020 silam

Baca Juga

Setelah hanya dua tahun menjalankan tugasnya, Lee Jae-hong mengundurkan diri bersama dua asisten Shin Tae-yong lainnya, yakni Kim Hae-woon dan Kim Woo-jae pada 2020 lalu.

Bergabungnya kembali Lee Jae-hong dengan Timnas Korea Selatan merupakan bagian dari perombakan susunan pelatih yang dilakukan Jurgen Klinsmann.

Pada perombakan itu, Klinsmann juga menunjuk putra Cha Bum-keum, yakni Cha Du-ri, sebagai asisten pelatihnya yang kelima.

Cha Du-ri sendiri sebelumnya juga bekerja di Timnas Korea Selatan sebagai penasihat teknis, namun beralih tugas menggantikan Michael Kim yang mengundurkan diri.

Baca Juga

1. Persiapan Korea Selatan ke Piala Asia 2023

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

Untuk diketahui, Cha Du-ri juga pernah menjadi asisten pelatih Shin Tae-yong di Timnas Korea Selatan selama Piala Dunia 2018.

Sama seperti Lee Jae-hong, Cha Du-ri kemudian mengundurkan diri setelah Piala Dunia usai dan melanjutkan kiprahnya di FC Seoul.

Baca Juga

Perombakan susunan pelatih Timnas Korea Selatan dilakukan Jurgen Klinsmann sebagai salah satu persiapan sebelum skuatnya bertanding di Piala Asia 2023.

Cha Du-ri dalam pernyataan resminya mengatakan bahwa dirinya ingin membantu Korea Selatan menjuarai Piala Asia untuk pertama kalinya dalam 64 tahun.

“Saya selalu memikirkan bagaimana berkontribusi pada sepak bola Korea berdasarkan pengalaman saya,” kata Cha melalui asosiasi.

“Sebagai pelatih timnas senior, saya akan melakukan yang terbaik untuk membantu Klinsmann dan tim. Saya berharap timnas bisa menjuarai Piala Asia untuk pertama kalinya dalam 64 tahun dan menghilangkan rasa frustasi sepak bola Korea,” tambahnya.

Baca Juga

Timnas Korea Selatan sendiri dijadwalkan akan menjalani dua laga persahabatan pada FIFA Matchday bulan September.

Mereka akan menghadapi Wales di Stadion Cardiff City, Wales pada Jumat pekan depan dan Arab Saudi di St James’ Park di Newcastle, Inggris, pada 13 September.

Sementara itu, Shin Tae-yong juga sama sibuknya menyambut bulan September. Dia akan mengawal persiapan Timnas Indonesia U-23 menuju Kualifikasi Piala Asia U-23 2023.

Sementara tugas mengawal Timnas Indonesia senior untuk dua pertandingan FIFA Matchday melawan Turkmenistan oleh Shin Tae-yong diserahkan kepada asistennya, Choi In-cheol. 

Baca Juga
Korea SelatanTimnas IndonesiaBola InternasionalShin Tae-yong

Berita Terkini