x

Dominik Szoboszlai Kini Titisan Steven Gerrard dan Xabi Alonso Jadi Satu

Selasa, 5 September 2023 12:38 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Dominik Szoboszlai saat ini memakai nomor 8 di Liverpool. Foto: Reuters/Jason Cairnduff.

INDOSPORT.COM - Tidak berlebihan rasanya apabila menganggap Dominik Szoboszlai sebagai titisan Steven Gerrard dan Xabi Alonso di klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool.

Gelandang bernomor punggung 8 ini sudah menjelma sebagai idola baru di kalangan penggemar The Reds berkat penampilannya yang impresif di lapangan.

Sejauh ini, ia tampil mengesankan di empat laga perdana The Reds di Liga Inggris 2023/2024. Ia juga sudah mencetak satu gol.

Kehadiran Dominik Szoboszlai pun membuat nomor punggung keramat milik Steven Gerrard kembali hidup di Liverpool.

Sebelumnya, angka 8 tersebut nampak pudar magisnya saat masih digunakan Naby Keita - yang kini sudah angkat kaki dari skuad.

Dominik Szoboszlai menunjukkan determinasi yang tidak kalah luar biasa dari Steven Gerrard ketika berada dalam permainan.

Baca Juga

Selain itu, ia juga bisa mencetak gol, menekel lawan, memiliki passing range yang luar biasa, dan jiwa leadership di RB Leipzig yang mirip Stevie G.

Kemudian, tidak cuma energik dan powerful, Dominik Szoboszlai juga menunjukkan kualitas teknis yang apik dan elegan saat sedang menguasai bola.

Namun menjadi titisan Steven Gerrard yang layak mewarisi nomor punggung 8 nampaknya belum cukup untuk mendeskripsikan Dominik Szoboszlai.

Bahkan belum lama ini, ia disebut-sebut mirip maestro lapangan tengah Liverpool lainnya, yang dulu pernah sangat bersinar saat era Rafael Benitez, Xabi Alonso.

Baca Juga

Perbandingan tersebut diungkap salah seorang jurnalis Liverpool, Neil Jones. Apalagi, jika mengingat Dominik Szoboszlai sudah membawa dampak yang cukup instan untuk The Reds.

“Dampak seperti ini mengingatkan pada Xabi Alonso saat ia pertama datang ke Liverpool pada 2004,” ungkapya kepada Substack.

Ya, Xabi Alonso saat pertama datang, seperti mengangkat penampilan tim ke level yang lebih tinggi. Ia juga mengoper bola dengan tajam.

Bukan hanya itu. Mantan gelandang yang saat ini menjadi pelatih Bayer Leverkusen tersebut juga bisa melakukan tekel dengan kuat.

Kualitas-kualitas tersebut pun membuat orang-orang sadar dengan cepat, bahwa mereka baru saja mendapat pemain yang hebat.

Baca Juga

1. Dominik Szoboszlai dan Liverpool

Dominik Szoboszlai saat ini memakai nomor 8 di Liverpool. Foto: Reuters/Jason Cairnduff.

Kini, bertahun-tahun berlalu sejak masa pertama Xabi Alonso mendarat di Liverpool, atmosfer serupa juga ditampilkan oleh Dominik Szoboszlai.

Gelandang Timnas Hungaria tersebut memiliki profil dan eksistensi yang sangat mudah diterima oleh publik Anfield - seperti Xabi Alonso dahulu.

Dengan demikian, Dominik Szoboszlai dianugerahi secuil warisan dari dua legenda lapangan tengah Liverpool: Steven Gerrard dan Xabi Alonso.

Dengan usia yang masih 22 tahun, ia bakal jadi aset penting bagi Liverpool ke depannya, sekaligus pewaris nomor 8 yang berharga.

Dominik Szoboszlai merupakan rekrutan Liverpool kesekian dari Liga Jerman, yang mendarat dari klub Bundesliga, RB Leipzig.

Menanti Sepak Terjang Dominik Szoboszlai Selanjutnya

Kini mewarisi nomor punggung 8, Dominik Szoboszlai pun mengaku dirinya mengagumi sosok Steven Gerrard - pahlawan lapangan hijau yang sudah ia kenal sejak kecil.

Baca Juga

“Saat saya menyaksikan Liverpool, mereka punya tim besar dan pemain besar, Steven Gerrard, sang kapten,” ujarnya seperti pernah diwartakan Daily Mail.

Ketika Liverpool datang dengan tawaran bergabung, Dominik Szoboszlai pun tidak butuh waktu lama untuk mengambil keputusan.

Selain itu, klub juga disebutnya telah melakukan pendekatan yang cepat, sehingga mempermudah segala proses transfernya dari RB Leipzig.

“Dalam tiga hingga empat hari belakangan, Liverpool bergerak dengan cepat dan akhirnya saya di sini, bahagia, dan siap kembali bermain,” ujarnya lagi.

Baca Juga

Kehadiran Dominik Szoboszlai di lini tengah Liverpool, membawa energi baru yang krusial bagi skuad asuhan Jurgen Klopp.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, ia sosok pemain yang energik dan penuh kekuatan. Di sisi lain, ia juga sangat mobile saat berada di lapangan.

Tidak ayal, penampakannya pun kerap muncul dalam sorotan kamera. Ya, Dominik Szoboszlai ada di mana-mana.

Bahkan, Jurgen Klopp juga menilai pemain anyarnya ini sebagai sosok yang cerdas secara teknis dan bisa memahami taktik dengan baik.

Setelah membantu Liverpool memenangkan pertandingan 3-0 atas Aston Villa, penampilan Dominik Szoboszlai selanjutnya pun pasti layak untuk dinanti.

Liverpool setelah ini dijadwalkan bersua Wolves di Liga Inggris, namun Dominik Szoboszlai sebelum itu juga memiliki agenda bela negara bersama Timnas Hungaria.

Baca Juga
 
LiverpoolSteven GerrardXabi AlonsoLiga InggrisDominik SzoboszlaiOne FootballIndepth

Berita Terkini