x

3 Kelebihan Jay Idzes yang Bakal Buat Timnas Indonesia Makin Perkasa di Piala Asia

Kamis, 7 September 2023 15:20 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Hadirnya pemain keturunan Jay Idzes diprediksi bakal membuat kekuatan Timnas Indonesia makin perkasa, terutama pada gelaran Piala Asia 2023 mendatang.

INDOSPORT.COM – Hadirnya pemain keturunan Jay Idzes diprediksi bakal membuat kekuatan Timnas Indonesia makin perkasa, terutama pada gelaran Piala Asia 2023 mendatang.

Jelang tampil di Piala Asia 2023, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyinggung nama Jay Idzes yang diproyeksikan sebagai salah satu calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia.

Baca Juga

Sang pemain bahkan dikabarkan telah tiba di Indonesia dan bertemu dengan Erick Thohir beberapa waktu lalu.

Dalam keterangan resminya, Erick Thohir menyebut jika kedatangan Jay Idzes bakal jadi amunisi tambahan Timnas Indonesia pada ajang internasional mendatang.

"Hari ini saya mengumumkan bahwa pemain asal klub Venezia Jay Idzes  akan kita proses untuk memperkuat Merah Putih di ajang internasional untuk Garuda Mendunia,” kata Erick Thohir lewat keterangan tertulis yang diterima INDOSPORT, Rabu (06/09/2023).

Menurut Erick, Izdez bukanlah merupakan pemain yang bisa dipandang sebelah mata. Musim lalu ia adalah andalan tim Go Ahead Eagles yang finish di posisi 11 Liga Belanda kasta tertinggi, Eredivisie.

Baca Juga

Idzes yang masih berusia 23 tahun itu sempat dibidik Timnas Belanda. Namun, ia memilih peluang bersama timnas Indonesia yang lebih memungkinkannya untuk tampil rutin di level internasional.

"Idzes masih berusia 23 tahun. Kariernya sedang menuju puncak. Jadi pemain ini adalah pemain yang sangat potensial dan Insya Allah akan menambah kekuatan timnas kita," pungkas Erick Thohir.

Meski belum resmi menjadi WNI, namun kehadiran Jay Idzes dengan segala kualitas dan potensinya diprediksi bakal membuat kekuatan Timnas Indonesia semakin tangguh.

Berikut INDOSPORT merangkum tiga kelebihan dari Jay Idzes yang membuatnya layak jadi penggawa Timnas Indonesia:

Baca Juga

1. Jay Idzes Kaya Pengalaman di Eropa

Jay Idzes, pemain Venezia FC. (Foto: Instagram@jayidzes)

Kelebihan pertama tentu dari pengalaman bermain Jay Idzes. Di mana pemain yang belum genap berusia 25 tahun itu telah malang-melintang di kompetisi Eropa.

Sebelum jadi tumpuan utama di lini pertahanan Venezia FC di kasta kedua Liga Italia musim ini, Jay Idzes sempat habiskan karier di Liga Belanda.

Baca Juga

Tercatat, FC Eindhoven jadi klub profesional senior pertama yang diperkuat Jay Idzes pada tahun 2018 lalu.

Bersama klub tersebut, Jay Idzes torehkan 57 penampilan selama dua musim, sebelum akhirnya pindah ke Go Ahead Eagles hingga awal musim 2023.

Barulah pada musim panas kemarin, Jay Idzes hengkang ke Liga Italia bersama Venezia dan selalu jadi starter di semua ajang yang dijalani I Leoni alati.

Dengan pengalaman main di Eropa, kehadiran Jay Idzes dipastikan bakal berikan warna baru serta mempertangguh barisan lini belakang Timnas Indonesia.

Baca Juga

Kemampuan Versatile
Selain punya banyak pengalaman di Eropa, laman Transfermarkt juga mencatat bahwa Jay Idzes punya kemampuan bermain di lebih dari satu posisi.

Meski peran idealnya adalah bek tengah, namun kualitas passing serta kemampuan intersep miliknya membuat Jay Idzes sering bermain lebih kedepan.

Diketahui bahwa Jay Idzes bisa ditempatkan sebagai Defensive Midfield, Central Midfield, Left-Back serta Right-Back.

Berbekal kemampuan serba bisa tersebut, pelatih Timnas Indonesia tak perlu lagi pusing jika salah satu pilar Garuda harus absen lantaran ada Jay Idzes yang akan mengisinya.

Baca Juga

2. Opsi Buat Cetak Gol

Jay Idzes saat masih memperkuat Go Ahead Eagles

Terakhir adalah kemampuan Jay Idzes untuk mencetak gol. Walau lebih sering bermain sebagai bek, namun Jay Idzes punya naluri mencetak gol yang tinggi.

Terbukti, ia mampu mencetak tiga gol selama berkarier di Liga Belanda. Selain itu, laman Sofascore juga mencatat Jay Idzes lepaskan satu tembakan tiap pertandingan bersama Venezia musim ini.

Statistik tersebut jadi bukti, bahwa Jay Idzes cukup agresif dalam memberikan tekanan ke pertahanan lawan.

Ditambah postur tubuh mencapai 190 cm, sosok Jay Idzes bakal jadi salah satu opsi Timnas Indonesia dalam mencetak gol terutama dari bola-bola udara.

NaturalisasiTimnas IndonesiaBerita Timnas IndonesiaJay Idzes

Berita Terkini