x

'Bau Amis' di Balik Absennya Davide Calabria di Timnas Italia, Nepotisme Spalletti ke Napoli?

Kamis, 7 September 2023 12:00 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Timnas Italia, Luciano Spalletti, tidak memasukkan Davide Calabria ke dalam timnya yang kemungkinan efek nepotisme Spalletti ke Napoli di Euro 2024.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Italia, Luciano Spalletti, tidak memasukkan pemain AC Milan, Davide Calabria, ke dalam timnya yang kemungkinan efek nepotisme Spalletti ke Napoli di kualifikasi Euro 2024.

Luciano Spalletti sudah resmi menjadi pelatih baru Timnas Italia menggantikan Roberto Mancini yang lantas menukangi Timnas Arab Saudi.

Baca Juga

Di eranya ini, Spalletti mendapat sorotan dari publik lantaran sama sekali tidak memasukkan pemain AC Milan dalam skuadnya.

Football Italia memberi fokus kepada keanehan tidak diikutkannya Davide Calabria yang merupakan bek kanan Milan, menjadi bagian dari tim inti Spalletti.

Padahal, Calabria menjadi satu-satunya pemain Italia yang selalu diturunkan oleh Stefano Pioli di tiga pekan awal Serie A Italia 2023/24 dan tampil apik. 

Malah ada beberapa pemain dari Napoli yang masuk ke skuad Spalletti. Mereka adalah Alex Meret, Giovanni Di Lorenzo, Matteo Politano, dan Giacomo Raspadori. Secara khusus, Giovanni Di Lorenzo menjadi pengganti Calabria di tim Azzurri. 

Baca Juga

Hal ini memberi indikasi bahwa Spalletti memang cenderung melakukan nepotisme ke Napoli yang memang mantan klub asuhannya.

Pemain-pemain dari mantan klubnya seperti Inter Milan dan AS Roma juga turut memenuhi skuad Spalletti seperti Alessandro Bastoni, Leonardo Spinazzola, Davide Frattesi, dan Lorenzo Pellegrini.

Terlepas dari hal itu, Timnas Italia saat ini sedang menghuni peringkat 3 Grup C Kualifikasi Euro 2024. Mereka mendapat 1 kali kemenangan dan 1 kali kalah.

Baca Juga

1. Tugas Luciano Spalletti di Kualifikasi Euro 2024

Luciano Spalletti siap membawa Timnas Italia kembali berjaya di kualifikasi Euro 2024.

Tugas Luciano Spalletti sudah mulai efektif sejak 1 September 2023 yang lalu untuk menangani Timnas Italia sebagai pengganti Roberto Mancini.

Selama bersama Mancini di kualifikasi Euro 2024, Italia menggunakan formasi 4-3-3. Hasilnya, mereka kalah 1-2 dari Inggris dan menang 2-0 dari Malta.

Baca Juga

Saat ini, Italia menghuni posisi 3 Grup C dengan torehan 3 poin. Inggris jadi pemuncak grup dengan 12 poin dan Ukraina di posisi dua dengan 6 poin.

Untungnya, Inggris sudah tanding 4 kali dan Ukrainya sudah 3 kali. Sementara itu, Gli Azzurri, julukan Timnas Italia, baru bermain 2 kali di Grup C.

Spalletti selama di Napoli dikenal dengan formasi dasar 4-2-3-1. Namun di tengah laga, formasi tersebut bisa berubah-ubah sesuai kondisi di lapangan.

Skema yang sangat fleksibel itu sudah terbukti membawa Napoli meraih Scudetto Serie A Italia 2022/23. Mereka juga tampil garang di Liga Champions dengan pernah membantai Liverpool 4-1.

Baca Juga

Pada matchday 5 kualifikasi Euro 2024, Timnas Italia akan menghadapi Makedonia Utara pada Minggu (10/09/23) pukul 01.45 WIB.

Selanjutnya, mereka akan melawan tim kuat Ukraina pada matchday 6 yang akan berlangsung Rabu (13/09/23) pukul 01.45 WIB.

Setelah itu, Timnas Italia baru akan melanjutkan langkah mereka di Grup C pada Oktober 2023 mendatang dengan kembali melawan Malta.

Baca Juga
ItaliaAC MilanNapoliLuciano SpallettiKualifikasi EuroBola InternasionalDavide CalabriaEuro 2024

Berita Terkini