x

Bedah Formasi Baru Liverpool Tanpa Salah: Andalkan Mbappe - Joao Felix - Saka

Kamis, 7 September 2023 18:46 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Pemain Liverpool Virgil van Dijk memprotes keputusan wasit John Brooks setelah mendapat kartu merah pada laga Liga Inggris di Stadion St. James

INDOSPORT.COM – Liverpool tampaknya bakal memulai era baru di Liga Inggris andai mereka benar-benar ditinggal Mohamed Salah yang berpotensi hengkang ke Arab Saudi.

Dalam beberapa waktu terakhir, rumor soal kepergian Mohamed Salah dari Liverpool memang sedang berhembus kencang dan membuat manajemen The Reds khawatir.

Baca Juga

Klub Liga Arab Saudi, Al-Ittihad jadi tim terdepan yang tertarik memboyong Mohamed Salah dan tak keberatan untuk pecahkan rekor transfer dunia untuk menggaet bintang asal Mesir itu.

Diketahui bahwa perwakilan Al Ittihad telah terbang ke Inggris untuk bernegosiasi dengan pihak The Reds. Mereka siap memboyong Mo Salah seharga 215 juta Pounds atau setara Rp 4,1 triliun

Jika dikonversi, Mohamed Salah dihargai 255 juta Euro. Angka ini akan membuatnya jadi pemain termahal dalam sejarah transfer sepak bola, menggeser posisi Neymar.

Neymar sebagai pemegang rekor tertinggi dalam transfer pemain, mencatatkan harga 222 juta euro di musim 2017/2018 lalu, saat ia digaet PSG dari Barcelona.

Baca Juga

Bukan hanya nominal transfer, The Sun mengklaim bahwa Salah juga ditawari gaji sebesar 2,45 juta Pounds per pekan bersama Al-Ittihad.

Andai Mohamed Salah benar-benar hengkang, kubu The Reds telah dikaitkan dengan sejumlah nama yang diprediksi bakal jadi pengganti sang striker.

Mereka adalah Kylian Mbappe yang masa depannya di PSG masih juga belum jelas dan sempat dikabarkan bakal hengkang musim panas lalu.

Selain itu ada juga nama Bukayo Saka sebagai opsi, serta mendatangkan Joao Felix untuk mempertajam barisan penyerang mereka.

Walau belum ada pernyataan resmi, namun jika benar Mohamed Salah tinggalkan Liverpool dan manajemen datangkan Kylian Mbappe, Bukayo Saka dan Joao Felix, maka The Reds akan punya trio lini serang baru yang lebih berbahaya.

Berikut INDOSPORT mengulas bedah formasi Liverpool usai ditinggal Mohamed Salah:

Baca Juga

1. Liverpool Andalkan Muka Lama di Lini Belakang

Gelandang baru Liverpool, Ryan Gravenberch. (Foto: liverpoolfc)

Jika masih dilatih oleh Jurgen Klopp, maka Liverpool bakal tetap memainkan skema 4-3-3 dengan bertumpu pada tiga striker di lini depan.

Berkaca dari komposisi pemain saat ini, lini belakang dan lini tengah Liverpool tampaknya tak bakal alami perubahan drastis.

Baca Juga

Posisi penjaga gawang masih akan jadi milik Alisson Becker. Pemain asal Brasil tersebut memang sudah tak tergantikan sebagai kiper utama Liverpool sejak 2018 lalu.

Sedangkan di barisan pertahanan, ada kuartet bek yang berisikan Andrew Robertson, Ibrahima Konate, Virgil van Dijk serta Trent Alexander-Arnold.

Duet Ibrahima Konate dan Virgil van Dijk bakal jadi tembok kokoh di posisi center defender yang bertugas sebagai penghambat serangan lawan di kotak penalti.

Sementara Andrew Robertson dan Trent Alexander-Arnold akan bergerak fleksibel untuk membantu penyerangan dan pertahanan di sektor wingback.

Baca Juga

Kemudian di posisi cukup sentral yakni gelandang, kehilangan banyak pilar penting pada sektor ini membuat Liverpool harus belanja besar musim panas kemarin.

Dari skuat saat ini, trio gelandang yang paling pas buat Liverpool adalah Ryan Gravenberch, Dominik Szoboszlai dan Alexis Mac Allister.

Ryan Gravenberch dan Alexis Mac Allister bakal bermain sedikit kebelakang, keduanya bertugas sebagai penyimbang serta pengalir bola ke lini depan.

Sedangkan Dominik Szoboszlai yang punya insting mencetak gol serta akurasi tembakan jarak jauh yang mumpuni, bakal diposisikan sebagai gelandang serang di belakang para striker.

Baca Juga

2. Era Baru Liverpool Tanpa Salah

Selebrasi Kylian Mbappe usai mencetak gol di laga Troyes vs PSG (08/05/23). (Foto: REUTERS/Johanna Geron)

Terakhir di posisi lini serang, Liverpool akan memulai era baru mereka setelah ditinggal trio andalan mulai dari Sadio Mane, Roberto Firmino dan berikutnya mungkin Mohamed Salah.

Namun seperti yang dijelaskan sebelumnya, Liverpool bakal coba mendatangkan tiga pemain baru untuk menggantikan peran Salah, Mane dan Firmino.

Mereka adalah ada Kylian Mbappe, Bukayo Saka dan Joao Felix. Andai ketiganya berhasil didatangkan, para fans Liverpool tampaknya bakal bisa melupakan sejarah manis SMF.

Dengan datangnya tiga pemain diatas, maka untuk mengisi posisi Salah sebagai sayap kanan adalah Bukayo Saka.

Sepanjang musim lalu, penampilan winger 22 tahun ini tampil sangat apik dengan torehkan 15 gol serta memberikan 11 assists dari total 48 laga.

Sedangkan di sisi kiri ada Joao Felix yang juga tak kalah impresif dengan catatkan 4 gol dari 20 pertandingan saat jalani masa peminjaman bersama Chelsea.

Terakhir di posisi ujung tombak, Kylian Mbappe yang jadi mesin gol bersama PSG di Liga Prancis sudah tidak diragukan lagi kualitasnya untuk mengawal barisan striker Liverpool.

Berikut Prediksi Formasi Liverpool Jika Melepas Mohamed Salah:

Liverpool XI (4-3-3):
Alisson Becker; Andrew Robertson, Ibrahima Konate, Virgil van Dijk serta Trent Alexander-Arnold; Ryan Gravenberch, Dominik Szoboszlai, Alexis Mac Allister; Joao Felix, Kylian Mbappe, Bukayo Saka.

Bursa TransferLiverpoolMohamed SalahLiga InggrisBerita Transfer

Berita Terkini