x

Cristiano Ronaldo Deklarasikan Berakhirnya Rivalitas dengan Lionel Messi, Fanboy Jangan Kepanasan

Kamis, 7 September 2023 11:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Bintang Arab Saudi, Cristiano Ronaldo, menegaskan bahwa rivalitas dirinya dengan Lionel Messi sudah resmi berakhir usai namanya tak masuk nominasi Ballon d'Or.

INDOSPORT.COM - Bintang Arab Saudi, Cristiano Ronaldo, menegaskan bahwa rivalitas dirinya dengan Lionel Messi sudah resmi berakhir menyusul namanya tak masuk daftar nominasi Ballon d’Or.

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, yang pernah menjadi rival sengit di Liga Spanyol, kini tengah menikmati dunia sepak bola yang berbeda.

Baca Juga

Ronaldo melanjutkan kariernya di Arab Saudi bersama Al Nassar dalam dua musim terakhir, sedangkan Messi baru saja pindah ke MLS bersama Inter Miami.

Rivalitas mereka kembali diungkit-ungkit setelah Messi masuk dalam daftar nominasi Ballon d’Or 2023 sementara Ronaldo tidak.

Baca Juga

Namun Ronaldo menerima hal itu dengan legawa. Dia mengaku lebih bangga dengan pencapaian mereka bersama sebagai pesepak bola terhebat sepanjang masa dalam 15 tahun terakhir.

"Saya tidak melihatnya seperti itu (rival dengan Messi), rivalitas tersebut sudah hilang. Penonton suka itu, bagus kok," ujar Ronaldo dilansir dari Eurosport.

“Mereka yang menyukai Cristiano Ronaldo tidak harus membenci Messi dan sebaliknya,” terangnya.

“Kami sudah melakukannya dengan baik, kami telah mengubah sejarah sepak bola. Kami dihormati di seluruh dunia, itu yang paling penting,” tambahnya.

"Messi mengikuti jejaknya dan saya pun mengikuti jejak saya, terlepas dari bermain di luar Eropa. Dari apa yang saya lihat, ia tampil baik, begitu pula saya. Warisannya tetap hidup, namun saya tidak melihat persaingan seperti itu lagi," tandas Ronaldo.

Baca Juga

1. Ronaldo Tak Masuk di Daftar Nominasi Ballon d’Or 2023

Cristiano Ronaldo saat berjabat tangan dengan Lionel Messi di panggung penghargaan Ballon d Or 2017.

Jelang pertandingan kualifikasi Euro 2024 bersama Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo mendapatkan kabar buruk dirinya tidak masuk dalam daftar nominasi Ballon d’Or.

Bisa jadi, kepindahannya ke Al Nassr pada musim panas 2022 dan pencapaiannya bersama Timnas Portugal di Piala Dunia 2022 tidak banyak membantu dirinya kembali bersinar.

Baca Juga

Di sisi lain, Lionel Messi masuk masuk dalam daftar tersebut yang membuka peluang La Pulga memenangkan trofi kedelapan Bola Emas pada 30 Oktober mendatang.

Dimasukkannya eks pemain PSG ke dalam daftar tahun ini kemungkinan besar karena kesuksesannya membawa Timnas Argentina meraih gelar juara Piala Dunia 2022 di Qatar pada Desember lalu.

Terlepas dari pencapaian bak bumi dan langit Ronaldo dan Messi saat ini, kedua pemain ini tetap dianggap sebagai legenda hidup yang sudah mengubah sepak bola.

Persaingan Ronaldo dan Messi dimulai sejak CR7 memperkuat Man United dan berjumpa Barcelona di final Liga Champions. Lalu semakin sengit saat ia memutuskan pindah ke Real Madrid pada 2009. Saat itu, Lionel Messi sudah menjadi bagian penting Barcelona.

Baca Juga

Memanaskan rivalitas Real Madrid dan Barcelona, persaingan Ronaldo dan Messi selalu menghiasi media olahraga di seluruh dunia selamat sembilan tahun.

Ronaldo dan Messi mampu mendominasi berbagai rekor sepak bola dalam lebih dari satu dekade dengan total 79 trofi.

Kedua pemain ini menjadi satu-satunya pemain yang masing-masing mencetak lebih dari 800 gol untuk tim dan negaranya.

Kini Cristiano Ronaldo tengah fokus membela Timnas Portugal untuk Kualifikasi Euro 2024, sedangkan Lionel Messi membela Timnas Argentina untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Baca Juga
Cristiano RonaldoLionel MessiBallon d'OrBola Internasional

Berita Terkini