x

Respons Pemain Muda Persija Usai Mendadak Promosi ke Timnas Indonesia Senior

Kamis, 7 September 2023 19:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Pemain muda Persija Jakarta, Dony Tri Pamungkas, baru saja dipromosikan Timnas senior Indonesia untuk FIFA match day lawan Turkmenistan.

INDOSPORT.COM - Pemain muda Persija Jakarta, Dony Tri Pamungkas, baru saja dipromosikan Timnas Indonesia senior untuk FIFA match day lawan Turkmenistan pada 8 September nanti di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Awalnya, Dony dipanggil ke Timnas U-23 bersama enam pemain Persija lainnya untuk persiapan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 Grup K di Solo, Jawa Tengah, pada 6-12 September 2023.

Baca Juga

Tapi, Donny lantas dipromosikan ke Timnas senior bersama dua rekannya dari Timnas U-23, Alfeandra Dewangga dan Dzaky Asraf

Adanya pemain lain yang cedera dari skuad Garuda seperti Yakob Sayuri, Dimas Drajad, Yance Sayuri dan Shayne Pattynama, menjadi alasan lain ketiganya digeser untuk sementara.

Pemanggilan resmi itu melalui surat PSSI ke manajemen Persija pada Rabu (05/09/23). Nantinya, usai FIFA match day lawan Turkmenistan, Dony Tri akan kembali ke Timnas U-23.

“Kami menginformasikan kepada Persija Jakarta bahwa sehubungan dengan kebutuhan teknis Tim Nasional, Sdr. Dony Tri Pamungkas akan ikut serta dalam pertandingan FIFA Matchday pada 8 September di Surabaya,” demikian isi surat tersebut.

Baca Juga

“Setelah melakukan pertandingan tersebut, pemain akan lanjut mengikuti AFC U-23 Asian Cup 2024 Qualifiers pada 9-12 September 2023 di Surakarta”.

Mendapat kepercayaan pelatih Shin Tae-yong, Dony Tri pun berjanji akan menunjukkan performa terbaik. Dia berusaha agar bisa debut di tim senior.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur bisa bergabung di tim ini (Timnas senior). Saya akan berusaha dan kerja keras semoga bisa menampilkan yang terbaik,” katanya.

“Sebagai pemain muda saya tidak pernah lelah untuk belajar dari nama-nama senior,” tambah pemain 18 tahun itu.

Baca Juga

1. Fokus Berjuang

Pemain muda Persija Jakarta, Dony Tri Pamungkas (tengah) baru saja dipromosikan Timnas senior Indonesia untuk FIFA match day lawan Turkmenistan.

Sebenarnya, Dony Tri sudah pernah merasakan bergabung ke pemusatan latihan Timnas senior. Pemanggilan perdananya terjadi pada Maret 2023 kala Tim Merah Putih akan menghadapi Burundi.

Sayangnya, saat itu dia tak dimainkan oleh pelatih Shin Tae-yong. Dony Tri hanya berada di bangku cadangan ketika Indonesia menang 3-1 ats Burundi pada 25 Maret lalu.

Baca Juga

Di Timnas senior, Dony Tri akan menemani striker Persija, Aji Kusuma yang sudah lebih dulu masuk daftar panggil Timnas senior untuk berlaga vs Turkmenistan (08/09/23).

Ini pertama kali bagi Aji Kusuma bergabung dengan Timnas senior. Terakhir ia mengikuti agenda Timnas kala menjadi striker Timnas U-19 di Piala Asia U-19 2018.

Alhamdulillah. Tentu saya bersyukur dipanggil Timnas Senior. Kini saya hanya tinggal fokus berjuang dan melakukan yang terbaik untuk Timnas,” ujar Aji.

Sementara itu, di skuad Timnas U-23 masih ada enam nama dari Persija yang bergabung yakni Muhammad Akbar Arjunsyah, Rizky Ridho Ramadhani, Ilham Rio Fahmi, Muhammad Ferarri, Muhammad Rayhan Hannan dan Witan Sulaeman.

Baca Juga
PSSITimnas Indonesia U-23TurkmenistanTimnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini