x

Bedah Formasi Manchester United Jika Dilatih Jurgen Klopp

Jumat, 8 September 2023 20:00 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Jurgen Klopp saat laga Liga Champions antara Liverpool vs Ajax Amsterdam

INDOSPORT.COMManchester United berpotensi jadi tim menakutkan di Liga Inggris andai mereka benar-benar bakal dilatih Jurgen Klopp. Lantas bakal seperti apa formasi Setan Merah bersama The Mad-Nerd?

Masa depan Erik ten Hag sebagai pelatih Manchester United memang sedang situasi abu-abu, lantaran dirinya gagal membawa Setan Merah bersaing di papan atas Liga Inggris.

Baca Juga

Terbukti dari empat pertandingan yang telah dilalui, Erik ten Hag cuma bisa mempersembahkan dua kemenangan buat Manchester United.

Imbas dari hasil tersebut, Bruno Fernandes cs pun harus tertahan di peringkat 11 klasemen dengan raihan 6 angka.

Meski belum ada ultimatum dari manajemen, namun banyak desakan yang muncul dan meminta Erik ten Hag segera angkat kaki dari Old Trafford.

Menariknya, sudah ada satu nama yang tengah dikaitkan sebagai calon pelatih anyar Manchester United yakni Jurgen Klopp.

Baca Juga

Meski sedang melatih tim rival (Liverpool), namun peluang Manchester United mendapatkan tanda tangan Jurgen Klopp terbilang cukup besar.

Pasalnya, pelatih asal Jerman tersebut sempat mengungkapkan jika ia bakal hengkang dari Liverpool pada 2024 alias tahun depan.

Keputusan ini diambil setelah dirinya merasa sangat kecewa dengan pemilik saham Liverpool, Fenway Sports Group, yang tidak memasok dana untuk belanja pemain.

Andai benar Jurgen Klopp bakal melatih Manchester United, maka akan ada sejumlah perubahan besar yang bisa dirasakan skuat The Red Devils.

Selain dari segi taktikal, beberapa pemain yang sempat melempem di era Erik ten Hag pun diprediksi bisa menemukan kembali sentuhan terbaiknya.

Berikut INDOSPORT mengulas, bedah formasi Manchester United yang bakal terjadi jika dilatih Jurgen Klopp:

Baca Juga

1. Era Baru Manchester United Bersama Klopp

Kiper Manchester United Andre Onana mendapat kartu kuning oleh wasit Stuart Attwell pada laga Liga Inggris. (Foto: Reuters/Lee Smith)

Melihat dari rekam jejak karier kepelatihannya, diketahui bahwa Jurgen Klopp sangat gemar memainkan skema 4-3-3.

Taktik ini tak bedah jauh dengan Erik ten Hag, namun gaya bermain Klopp jauh lebih fleksibel dan terkenal akan pressing ketatnya (gegenpressing).

Baca Juga

Dari daftar skuat Manchester United yang ada saat ini, Jurgen Klopp sangat bisa membangun tim idamannya dan menerapkan gegenpressing andalannya tersebut.

Di mulai dari posisi paling belakang alias penjaga gawang, ada Andre Onana yang sekarang jadi role model sweeper-keeper berkat kemampuan passing serta visi bermain yang tinggi.

Gaya bertahan Andre Onana bakal sangat cocok buat Jurgen Klopp yang membutuhkan kiper dengan kemampuan build up serangan.

Berbekal kemampuan passing Andre Onana, taktik counter Klopp bakal bisa berjalan sempurna dan membuat Manchester United dapat mengendalikan permainan.

Baca Juga

Kemudian di sektor bek, ada kuartet yang bakal ditempati Lisandro Martinez dan Raphael Varane sebagai bek tengah, serta Luke Shaw dan Aaron Wan-Bissaka di posisi bek sayap.

Komposisi ini memang sama dengan era kepelatihan Erik ten Hag, namun di tangan Jurgen Klopp barisan pertahanan Manchester United bakal bisa lebih solid lantaran skema gegenpressing yang akan ia terapkan.

Di lini tengah, ada barisan tiga gelandang yang jadi motor serangan serta penghubung aliran bola ke sektor penyerang.

Jika dilihat dari skuat saat ini maka duet Casemiro, Bruno Fernandes serta Mason Mount bakal jadi opsi sempurna buat Manchester United.

Baca Juga

2. Antony Bisa Menggila

Pemain Manchester United, Antony mendapat takle keras oleh pemain Nottingham Forest Ola Aina pada laga Liga Inggris. (Foto: Reuters/Lee Smith)

Casemiro akan jadi gelandang bertahan yang membantu para bek untuk menghentikan penguasaan bola tim lawan.

Dengan kemampuan passing miliknya, Casemiro juga bisa jadi orang pertama yang membangun serangan saat terjadi counter attack.

Sedangkan Bruno Fernandes dan Mason Mount yang lebih agresif untuk menyerang, bakal diplot sebagai attacking midfielder.

Meski berada di tengah lapangan, namun pergerakan serta akurasi tembakan milik keduanya bisa jadi senjata Manchester United untuk mencetak gol dari second line.

Terakhir di posisi lini serang, ada trio Marcus Rashford, Rasmus Højlund serta Antony yang akan jadi tumpuan Klopp.

Kehadiran Rasmus Højlund yang baru didatangkan musim panas kemarin, bakal mengisi posisi goal getter.

Pemain asal Denmark tersebut berpotensi jadi mesin gol Liga Inggris, mengingat Klopp sangat piawai melahirkan target man haus gol seperti Robert Lewandowski, Pierre-Emerick Aubameyang hingga Roberto Firmino.

Sementara Marcus Rashford dan Antony akan jadi pelengkap di posisi winger. Sama seperti nama sebelumnya, baik Rashford maupun Antony diprediksi bakal makin bersinar bersama Klopp.

Pasalnya, para winger yang berada di bawah asuhan Klopp selalu sukses menjelma sebagai predator kotak penalti lawan seperti Marco Reus, Jakub Blaszczykowski serta duo Liverpool yang jadi legenda yakni Mohamed Salah dan Sadio Mane.

Lantas dengan formasi diatas, akankah Manchester United bisa kembali rajai Liga Inggris bersama Jurgen Klopp? Menarik dinantikan.

Manchester United Ala Klopp XI (4-3-3):
Andre Onana; Luke Shaw, Lisandro Martinez, Raphael Varane, Aaron Wan-Bissaka; Bruno Fernandes, Casemiro, Mason Mount; Marcus Rashford, Rasmus Højlund, Antony.

Bursa TransferManchester UnitedLiverpoolJurgen KloppLiga InggrisBerita TransferErik ten Hag

Berita Terkini