x

Erick Thohir Ungkap Alasan di Balik Naturalisasi Jay Idzes untuk Timnas Indonesia

Jumat, 8 September 2023 15:00 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mulai buka-bukaan mengenai proses naturalisasi pemain keturunan, Jay Idzes, untuk Timnas Indonesia. (Foto: Instagram@jayidzes)

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mulai buka-bukaan mengenai proses naturalisasi pemain keturunan, Jay Idzes, untuk Timnas Indonesia. Sebab memang ia ingin membuat Timnas Indonesia bisa menjadi lebih baik.

PSSI memang dikabarkan tengah berniat melakukan proses naturalisasi. Kali ini PSSI tengah melakukan proses naturalisasi, Jay Idzes.

Baca Juga

Terlebih Jay Idzes sendiri sudah tiba di Indonesia dan bertemu dengan Erick Thohir. Disinggung mengenai Jay Idzes, Erick Thohir pun memang secara gamblang ingin membuat Timnas Indonesia bisa lebih baik dan besar.

“Kami kan ingin membuat timnas setara dengan klub-klub besar, tim nasional besar,” ucap Erick Thohir.

“Di klub-klub sekarang juga kami mendorong klub Indonesia membawa pemain internasional yang baik, tetapi juga ada komitmen membangun pemain muda. Di liga juga ada regulasi mainkan U-23, untuk tim nasional sama, kami akan membangun yang terbaik,” jelas Erick.

Erick pun mengaku memang terbuka bagi siapa pun yang memang ingin membantu Timnas Indonesia. Tidak hanya pemain keturunan, tetapi juga untuk talenta-talenta asli yang berada di Indonesia.

Baca Juga

Erick ingin penambahan pemain berkualitas memang nantinya bisa berkelanjutan untuk membuat Timnas Indonesia terus baik dan berkesinambungan.

“Siapa pun yang mengaku merah putih atau ingin merah putih, apakah pemain yang ada di Indonesia atau pemain keturunan yang terpanggil.”

“Saya berharap penambahan kekuatan tim nasional menjadi sebuah keberlanjutan karena kami tahu kami sudah punya pemain seperti Marselino, Arhan, Asnawi, Elkan, Ivar, Rafael, ini bagus,” beber Erick.

Bila pun nanti memang Jay Idzes bersedia memperkuat Timnas Indonesia, ini merupakan satu tambahan amunisi yang bagus untuk skuad Garuda. Sebab dengan bergabung Jay Idzes bisa menambah kekuatan Timnas Indonesia.

“Kalau Jay Idzes benar-benar bergabung nambah bagus, usianya baru 23. Untuk Jay tunggu aja, usia 23, posisi CB, tinggi, dan sekarang bermain di Serie B, Venezia kemarin hampir promosi, dia lumayan bagus, selalu main, ini bagus, mudahan-mudahan rezeki anak Soleh ada yang bagus-bagus lagi akan diambil,” beber Erick Thohir.

Baca Juga

1. Kelebihan Jay Idzes

Jay Idzes, pemain Venezia FC. (Foto: Instagram@jayidzes)

Jay Idzes sendiri sejatinya memiliki sejumlah kelebihan. Salah satunya adalah fakta bahwa pemain yang belum genap berusia 25 tahun itu telah malang-melintang di kompetisi Eropa.

Sebelum jadi tumpuan utama di lini pertahanan Venezia FC di kasta kedua Liga Italia musim ini, Jay Idzes sempat habiskan karier di Liga Belanda.

Baca Juga

Tercatat, FC Eindhoven jadi klub profesional senior pertama yang diperkuat Jay Idzes pada tahun 2018 lalu.

Bersama klub tersebut, Jay Idzes torehkan 57 penampilan selama dua musim, sebelum akhirnya pindah ke Go Ahead Eagles hingga awal musim 2023.

Barulah pada musim panas kemarin, Jay Idzes hengkang ke Liga Italia bersama Venezia dan selalu jadi starter di semua ajang yang dijalani I Leoni alati.

Dengan pengalaman main di Eropa, kehadiran Jay Idzes dipastikan bakal berikan warna baru serta mempertangguh barisan lini belakang Timnas Indonesia.

Baca Juga

Kemampuan Versatile

Selain punya banyak pengalaman di Eropa, laman Transfermarkt juga mencatat bahwa Jay Idzes punya kemampuan bermain di lebih dari satu posisi.

Meski peran idealnya adalah bek tengah, namun kualitas passing serta kemampuan intersep miliknya membuat Jay Idzes sering bermain lebih kedepan.

Diketahui bahwa Jay Idzes bisa ditempatkan sebagai Defensive Midfield, Central Midfield, Left-Back serta Right-Back.

Berbekal kemampuan serba bisa tersebut, pelatih Timnas Indonesia tak perlu lagi pusing jika salah satu pilar Garuda harus absen lantaran ada Jay Idzes yang akan mengisinya.

Baca Juga
Erick ThohirNaturalisasiTimnas IndonesiaBerita Timnas IndonesiaJay Idzes

Berita Terkini