x

Inter Milan Nekat Buru Jonathan David, Ada Jaminan 5 'Legenda' Lille

Jumat, 8 September 2023 22:50 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pemain Kanada Jonathan David saat laga melawan Maroko. (Foto: REUTERS/Ibraheem Al Omari)

INDOSPORT.COM - Kabar Inter Milan ikut berburu tanda tangan Jonathan David bukan kejutan besar. Ada lima 'legenda' Lille menjadi jaminan mutu produk Ligue 1 ini.

Jonathan David memang gila. Sejak didatangkan dari KAA Gent dengan mahar yang disebut-sebut mencapai 32 juta Euro, performanya terus meningkat.

Baca Juga

Catatan 24 gol dalam 37 laga pada musim 2022-2023 menjadi bukti bahwa pemain Timnas Kanada ini pantas diperjuangkan. Kabar terbaru menyebut Inter Milan membuka persaingan dengan AC Milan untuk memperebutkan Jonathan David.

Kabar yang datang dari laporan Calciomercato ini membuat 'derby' Milan bukan hanya terjadi di atas lapangan, namun juga di atas materai pada bulan Januari 2024 nanti.

Jonathan David bisa menjadi opsi ketika pundi-pundi duit luar biasa menggoda Lautaro Martinez. Bomber Argentina itu tampil keren dengan lima gol dari tiga laga awal di Serie A.

Kemampuan Jonathan David ditopang jaminan lima legenda Lille yang moncer ketika dilepas dengan banderol mahal. Berikut ini ulasan tentang lima 'legenda' penjamin transfer mahal Jonathan David ke Inter Milan.

1. Eden Hazard

Pada musim 2007-2008 lalu, siapa yang peduli dengan Eden Hazard. Ia hanya tampil sebagai pemain pengganti dalam empat partai di Ligue 1 2007-2008. Namun, Lille memberinya kepercayaan hingga menjelma sebagai nama besar.

Musim 2011-2012 menjadi momen terbaik Eden Hazard. Sebagai seorang yang identik dengan penyerang kiri, Eden Hazard mencetak 20 gol dari 38 laga.

Baca Juga

Jumlah itu lebih banyak dari tiga musim sebelumnya yang hanya mencetak total 16 gol. Chelsea pun kemudian berani membayar mahal Eden Hazard.

Ia dibeli dengan mahar 40 juta Euro, memberi dua gelar Liga Europa, dua gelar Premier League dan masih laku dijual ke Real Madrid dengan harga 100 juta Euro.

Eden Hazard membuka gerbang Benua Biru bahwa Lille siap memberi produk-produk berkualitas. Dan itu terjadi di setiap era, hingga kini datang nama Jonathan David.

Baca Juga

1. 2. Lucas Diagne

Jonathan David, penyerang Lille, saat berduel dengan bek Chelsea yakni Thiago Silva (Foto: Reuters/Matthew Childs)

Lucas Diagne merupakan bek langganan Timnas Perancis. Ia dikenal sebagai pemain menarik ketika berada di PSG. Namun, PSG membeli Lucas Diagne dari Lille.

Ya, Lille lagi-lagi menjual pemain mahal ke klub lain. Yang keren, klub termasuk bisa memaksimalkan dalam performa dan dijual lagi dengan harga lebih mahal.

Baca Juga

PSG membayar Lucas Diagne 15 juta Euro pada 2013 lalu. Setelah mempersembahkan dua gelar Ligue 1, PSG melepas Diagne dengan harga 16,5 juta Euro ke Barcelona.

Pada tahun lalu, ketika Everton membeli Diagne sebesar 20 juta Euro dari Barcelona, produk Lille masih membuat Everton untung. Diagne dilepas ke Aston Villa dengan mahar 30 juta Euro.

3. Gabriel Magalhaes

Lille mengambil Magalhaes pada 2016 dari tim Liga 2 Brasil, Avai. Kala itu, tidak ada klub Eropa yang peduli dengan Magalhaes. Ketika performa di Perancis belum oke, Lille menyekolahkan Magalhaes hingga ke Kroasia.

Pada akhirnya Lille mendapat keuntungan besar ketika Magalhaes tampil keren di Ligue 1 2019-2020. Setelah tampil 24 laga dengan mencetak satu gol, Magalhaes langsung diambil Arsenal.

Arsenal disebut-sebut rela mengeluarkan duit 26,3 juta Euro untuk mendapatkan Magalhaes dari Lille. Perekrutan ini terbukti ampuh. Magalhaes selalu jadi pilihan utama Arsenal dan kini ada banyak klub yang siap menebus di atas 26,3 juta Euro.

4. Simon Kjaer

Simon Kjaer menjadi bukti lain bahwa Lille bisa membuat pemain bangkit menjadi hebat lagi. Kjaer sempat dibayar mahal Wolfsburg dari Palermo sebesar 12 juta Euro pada 2010, sebelum kemudian melepas ke Lille dengan hanya 2 juta Euro pa 2013.

Setelah itu, Kjaer tampil ciamik bersama Lille. Dalam dua musim, Kjaer tampil keren karena selalu jadi andalan Lille di Ligue 1. Hanya dua musim setelah mengeluarkan 2 juta Euro, Lille menjual Kjaer dengan harga 7 juta Euro ke Fenerbahce.

Fenerbahce bukan saja untung karena Kjaer tampil bagus di Liga Turki. Fenerbahce masih tambah untung lagi ketika melepas Kjaer dengan harga 12,5 juta Euro ke Sevilla pada 2017 lalu.

Dalam lima musim terakhir, AC Milan memaksimalkan sosok Kjaer ketika membelinya dari Sevilla. Kjaer bisa bertemu legenda dari generasi lain asal Lille, Mike Maignan.

5. Mike Maignan

Mike Maignan dibeli Lille dari PSG pada 2015 lalu dengan mahar 1 juta Euro. Maignan pada akhirnya membuat Lille mengganggu dominasi PSG di Ligue 1 berkat gelar bersama Lille pada musim 2020-2021.

Baca Juga

Gelar itu membuat Maignan menjadi salah satu kiper termahal di dunia. Ia ditebus AC Milan pada 2021 lalu dengan nilai yang disebut-sebut mencapai angka 25 juta Euro.

Lagi-lagi, Maignan mengganggu dominasi liga setempat. Ia mengganggu Juventus untuk memenangkan Serie A 2021-2022. AC Milan kini berpotensi untung besar karena nilai Maignan sudah mencapai 40 juta Euro.

Kemampuan build up keren Maignan membuatnya selalu dikait-kaitkan dengan klub besar. Tampaknya tinggal menunggu waktu bagi 'legenda' lain Lille untuk memberi untung besar pada AC Milan.

Baca Juga
Bursa TransferInter MilanLilleJonathan David

Berita Terkini