x

Terpaksa Turun Kasta ke Timnas Indonesia U-23, Elkan Baggott Beri Jawaban Berkelas

Jumat, 8 September 2023 02:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Elkan Baggott dan Rizky Ridho di pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Burundi di Stadion Patriot Candranhaga, Bekasi, Sabtu (25/03/23). Foto: Herry Ibrahim/Indosport

INDOSPORT.COM - Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott harus melewatkan FIFA match day kontra Turkmenistan, Jumat (08/09/23) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Dia absen karena dipanggil ke skuat U-23.

Ini kali pertama Elkan Baggott ‘turun kasta’ ke kelompok usia setelah menjalani debut di Timnas Indonesia senior sejak tahun lalu. 

Baca Juga

Tenaga Elkan Baggott lebih dibutuhkan di Timnas Indonesia U-23 karena akan berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 mulai 6-12 September nanti di Solo, Jawa Tengah. Itu telah dikonfirmasi oleh pelatih Shin Tae-yong. 

Pemain keturunan Indonesia-Inggris itu pun memahami situasinya. Bagi Elkan, Piala Asia U-23 sangat penting mengingat itu membuka kesempatan tampil di Olimpiade 2024. 

Baca Juga

“Saya pikir tidak masalah saya ke Timnas U-23 karena kita tau kualifikasi ini penting buat negara. Jadi butuh pemain yang tangguh dan banyak pemain yang caps senior juga ada di sini dan kami siap,” ujarnya.

Elkan Baggott adalah satu dari sekian pemain Timnas senior yang dipanggil membela Timnas U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. 

Baca Juga

Selain dia, ada juga Marselino Ferdinan, Rizky Rudho, Muhammad Ferarri, Witan Sulaeman, Pratama Arhan, Rafael Struick, Ivar Jenner, Ernando Ari hingga Ramadhan Sananta.

PSSI memasang target lolos ke babak utama Piala Asia U-23 2024. Pasalnya, Indonesia belum sekalipun berpartisipasi di babak utama sejak kejuaraan dimulai pada 2012 lalu.

Baca Juga

Elkan menjelaskan, kondisi Timnas U-23 sudah sangat siap. Mereka berada di Grup K dan akan melawan Turkmenistan U-23 dan Taiwan U-23.

“Hari ini kami latihan taktikal, kondisi saya juga bagus. Kemarin kami lakukan internal game dan semuanya terlihat fit dan bagus kondisinya,” jelasnya.

Baca Juga

1. Jadwal Timnas Indonesia U-23

Pratama Arhan dan Witan Sulaeman saat latihan bersama Timnas U-23 di Kota Solo. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

Skuad Garuda Muda terlebih dahulu menantang Taiwan pada 9 Septembernanti. Setelahnya, giliran Turkmenistan jadi lawan pada 12 September. 

Menurut Elkan, Turkmenistan akan jadi lawan yang tangguh bagi Timnas U-23. Calon lawan membantai Taiwan dengan skor 4-0, dua hari lalu. 

Baca Juga

Namun, Timnas U-23 juga harus tetap waspada dan tak boleh anggap remeh Taiwan. Bisa saja lawan memberikan kejutan.

Untuk lolos ke Piala Asia U-23, Indonesia wajib finis sebagai juara grup atau setidaknya merebut status empat runner-up terbaik.

Baca Juga

Piala Asia U-232024 akan diikuti 16 tim, termasuk tuan rumah Qatar. Total 11 juara grup dan empat runner-up terbaik akan lolos ke babak utama pada tahun depan.

Baca Juga
Timnas Indonesia U-23Pra Piala Asia U-23Piala Asia U-23Elkan BaggottShin Tae-yong

Berita Terkini