x

Media Vietnam Sombong Usai The Golden Star Lolos Duluan dari Timnas Indonesia U-23

Minggu, 10 September 2023 15:04 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Prio Hari Kristanto
Media Vietnam sombong usai The Golden Star menjadi tim pertama yang lolos ke Piala Asia U-23 2024 mendului Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Media Vietnam sombong usai The Golden Star menjadi tim pertama yang lolos ke Piala Asia U-23 2024 mendului Timnas Indonesia. 

Timnas Indonesia U-23 berhasil mencatat kemenangan sensasional atas Taiwan dalam kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Pratama Arhan dkk. mengandaskan Taiwan dengan skor 9-0.

Baca Juga

Dengan hasil ini, Indonesia tinggal membutuhkan satu poin dari pertandingan pemungkas kontra Turkmenistan untuk memastikan kelolosan ke babak utama Piala Asia U-23 2024. 

Meski mencatatkan kemenangan besar, Indonesia rupanya tetap tertinggal dari Vietnam. Sesama negara Asia Tenggara tersebut sudah memastikan lolos ke Piala Asia U-23 2024 usai membukukan dua kemenangan beruntun.

The Golden Star, julukan Vietnam, sukses mengalahkan Guam 6-0 dan Yaman 1-0. Torehan 6 poin dan agregat 7-0 ini rupanya cukup membawa skuad asuhan Philippe Troussier ke Piala Asia U-23 2024.

Vietnam sejatinya masih memiliki satu pertandingan sisa melawan Singapura. Namun, dengan hasil Singapura vs Guam yang berakhir 1-1, pertandingan terakhir tersebut tak lagi menentukan.

Baca Juga

"Saya senang bisa mewujudkan target kami untuk meraih tiket ke Piala Asia U-23 2024, yang juga merupakan turnamen menuju Olimpiade," ujar Philippe Troussier, dikutip dari Laodong.vn.

"Timnas Vietnam U-23 meraih 6 poin, mencetak 7 gol, dan tetap tidak kebobolan. Sebagai tambahan, saya juga puas dengan semangat juang para pemain," katanya.

Laodong.vn juga menonjolkan status Vietnam menjadi tim pertama yang lolos ke babak utama Piala Asia U-23 2024 setelah Qatar yang menjadi tuan rumah.

Mereka membandingkan tim-tim lain yang juga telah mengemas dua kemenangan di kualifikasi, tetapi belum juga menggenggam tiket ke Qatar.

Baca Juga

1. Media Vietnam Terus Sesumbar

Selebrasi pemain Timnas U-23, Marselino Ferdinan usai mencetak brace ke gawang Taiwan pada Kualifikasi Piala Asia U-23 di stadion Manahan Solo, Sabtu (09/9/23).

"Faktanya, ada banyak tim yang juga mencatat rekor 2 kemenangan, seperti Yordania, Jepang, Uzbekistan, Iran, Irak, Kuwait, Thailand, Malaysia, dan Arab Saudi," tulis Laodong.vn.

"Bagaimanapun, situasi di grup-grup tersebut cukup rumit, sehingga belum ada yang bisa meraih tiket ke babak utama," ujar mereka.

Baca Juga

Laodong.vn lantas memberi contoh yang terjadi di Grup H, di mana Thailand dan Malaysia sama-sama meraih 6 poin. Dengan demikian, kedua tim akan bersaing di laga pemungkas untuk mengamankan posisi juara grup.

"Tim Gajah Perang perlu hasil seri atau menang untuk memastikan tiket ke babak selanjutnya. Kalau mereka kalah melawan Malaysia, Thailand akan harus bersaing dengan runner-up (grup) lain," tulis Laodong.vn.

"Di situasi ini, Thailand masih berpeluang untuk tersingkir," mereka menambahkan.

Situasi mirip sejatinya juga dialami Indonesia. Skuad Shin Tae-yong wajib setidaknya membawa pulang satu poin dari laga pemungkas melawan Turkmenistan jika ingin memastikan lolos ke Piala Asia U-23 2024.

Baca Juga

Jika kalah, maka Garuda Muda harus bersaing dengan runner-up grup lainnya untuk bisa meraih tiket ke Qatar. Cara kedua ini cukup rumit karena sangat tergantung dengan hasil di grup-grup lainnya.

Laga Indonesia vs Turkmenistan sendiri rencananya digelar pada 12 September mendatang pukul 19.00 WIB di Stadion Manahan, Solo. 

Pada laga pertama mereka, Turkmenistan berhasil mengalahkan Taiwan dengan skor 4-0. Hal ini membuat mereka meraih poin sama dengan Indonesia, yakni 3.

Dengan demikian, laga Indonesia vs Turkmenistan dipastikan akan berjalan dengan sengit, karena kedua tim sama-sama meraih hasil positif di laga perdana. 

Baca Juga
VietnamTimnas IndonesiaBola InternasionalPiala Asia U-23Berita Timnas Indonesia

Berita Terkini