x

Menanti Waktu Tepat Sepp van den Berg Jadi Bek Tengah Masa Depan Liverpool

Minggu, 10 September 2023 12:30 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Sepp van den Berg, pemain Liverpool yang saat ini dipinjamkan ke Mainz 05. Foto: Nick Taylor/Liverpool FC/Liverpool FC via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Jurgen Klopp dan klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, mungkin bisa berharap pada Sepp van den Berg sebagai bek tengah masa depan mereka.

Seperti diketahui, Liverpool belakangan memang sibuk mencari gelandang baru menyusul kepergian Jordan Henderson dkk.

Di bursa transfer musim panas 2023, klub pun mendatangkan Alexis Mac Allister, Dominik Szoboszlai, Wataru Endo, dan Ryan Gravenberch.

Namun selain gelandang, sektor bek tengah juga sempat menjadi perbincangan. Beberapa nama calon rekrutan pun turut mencuat.

Sebut saja yang paling santer Benjamin Pavard. Kemudian, ada Micky van de Ven. Keduanya kini sudah menemukan klub baru.

Jurgen Klopp belakangan sempat dihantam situasi sulit di pos bek tengah menyusul kartu merah Virgil van Dijk dan cedera Ibrahima Konate.

Baca Juga

Di sisi lain, Joe Gomez juga dikaitkan dengan kepindahan ke klub Arab Saudi - sehingga yang terjamin eksistensinya hanya Joel Matip.

Beruntung, Virgil van Dijk tidak absen untuk waktu yang lama. Setidaknya, ia bukan menepi dari lapangan selama berbulan-bulan seperti dulu saat cedera ACL.

Hanya saja, penambahan stok pemain di sektor bek tengah saat ini terlihat sebagai salah satu prioritas yang mungkin harus dipikirkan.

Selain Jarell Quansah, Sepp van den Berg pun bisa menjadi prospek masa depan Liverpool ke depannya.

Baca Juga

Untuk sekarang, Sepp van den Berg masih melakoni masa peminjaman di Mainz 05 setelah pulang dari Preston North End dan Schalke 04.

Ya, ia memang masih menjadi spesialis pinjaman Liverpool karena usia yang masih muda dan membutuhkan lebih banyak menit bermain.

Walau jauh dari Liverpool, bek berusia 21 tahun ini memiliki kesempatan unjuk gigi secara langsung di hadapan Jurgen Klopp yang datang ke Mainz 05 kemarin.

Jurgen Klopp mengisi waktu luangnya selama jeda internasional dengan menghadiri laga persahabatan antara Mainz 05 vs Duisburg di Stadion Bruchwegstadion.

Di laga itulah, ia bisa mengamati Sepp van den Berg lebih dekat dan dengan mata kepala sendiri.

Baca Juga

1. Calon Bek Tengah Masa Depan

Sepp van den Berg, pemain Liverpool yang saat ini dipinjamkan ke Mainz 05. Foto: Nick Taylor/Liverpool FC/Liverpool FC via Getty Images.

Sepp van den Berg bergabung dengan Liverpool pada 2019 namun baru mencatatkan empat kali penampilan bersama tim senior.

Masa peminjamannya sebelum ke Mainz 05 pun berjalan tidak terlalu mulus akibat terpaan cedera.

Saat di Schalke 04, Sepp van den Berg harus absen selama beberapa bulan usai mengalami cedera serius.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, ia hanya tampil sembilan kali untuk klub Gelsenkirchen tersebut.

Tidak ayal, pemain kelahiran Zwolle, Belanda, ini tidak punya cukup kesempatan untuk bisa unjuk gigi setelah mentas dari Preston North End.

Perjalanannya pun masih cukup panjang apabila menilik daftar antrean di sektor bek tengah Liverpool saat ini.

Baca Juga

Selain empat bek tengah senior, ia masih harus bersaing dengan Jarell Quansah yang pelan-pelan sudah mulai mengumpulkan menit bermain di Liverpool.

Akan tetapi, Sepp van den Berg bukan tanpa peluang. Ia masih 21 tahun dan punya kapasitas membuktikan diri selama bebas dari cedera.

Sekilas tentang Sepp van den Berg

Sepp van den Berg bergabung dengan dari PEC Zwolle saat usianya 17 tahun pada 2019 dan sempat disama-samakan dengan Virgil van Dijk.

Postur dan kewarganegaraan yang sama dengan Virgil van Dijk pun membuatnya digadang-gadang sebagai ‘titisan’ bek jangkung tersebut.

Baca Juga

Selain di level klub, ia juga mengantongi caps bersama Timnas Belanda U-17 dan U-19, serta memiliki saudara laki-laki di klub EFL, Middlesbrough.

Sebelum mengalami masa-masa sulit di Schalke 04, Sepp van den Berg sejatinya mencatat rapor yang cukup bagus di Preston North End.

Selain mengumpulkan banyak pengalaman lewat pertandingan, ia sekarang bisa bermain sebagai bek tengah, bek kanan, dan gelandang kanan.

Saat bersama PEC Zwolle pun, ia sudah merasakan pengalaman main yang berharga di ajang Eredivisie Belanda.

Ia turut membantu tim yang dulu diasuh oleh Jaap Stam tersebut mentas dari zona degradasi dan menempati urutan ke-13 klasemen.

Namun saat ini Sepp van den Berg harus berusaha ekstra keras agar bisa jadi pilihan utama Jurgen Klopp untuk pos bek tengah masa depan Liverpool.

Baca Juga
 
LiverpoolJurgen KloppLiga InggrisOne FootballIndepth

Berita Terkini