x

Penjelasan PSSI soal Asnawi Mangkualam Bisa Batal Gabung Timnas U-24 di Asian Games 2022

Minggu, 10 September 2023 09:17 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri bersama Marc Klok dan Asnawi Mangkualam usai cetak gol ke gawang Turkmenistan pada laga FIFA Matchday di stadion GBT, Surabaya, Jumat (08/09/23).

INDOSPORT.COM - Manajer Timnas Indonesia, Endri Erawan belum bisa memastikan pemain yang merantau di luar negeri bisa bergabung ke Timnas U-24 saat Asian Games 2022 pada 23 September - 8 Oktober mendatang di China. 

Endri menjelaskan, skuad Timnas U-24 akan didominasi nama-nama dari Timnas U-23 yang saat ini ikut Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Nantinya ditambah tiga pemain senior.

Baca Juga

Dengan demikian, lima pemain Timmas U-23 yang berkarir di luar negeri yakni Pratama Arhan, Elkan Baggott, Marselino Ferdinan, Ivar Jenner dan Rafael Struick masuk incaran. 

Tapi, PSSI masih menunggu jawaban dari klub pemilik lantaran Asian Games bukan merupakan agenda resmi FIFA. 

Baca Juga

"Untuk temen-temen yang diaspora (keturunan) yang main di luar negeri mungkin 70 persen bisa ikut. Sisanya tergantung klubnya boleh melepas atau enggak," kata Endri Erawan. 

Selain pemain abroad dari Timnas U-23, PSSI juga memanggil 'perantau' dari tim senior seperti Asnawi Mangkualam, Jordi Amat hingga Saddil Ramdani. 

Baca Juga

"Itu tergantung dari klubnya, tapi sudah melakukan pembicaraan mudah-mudahan bisa. Karena ini kan ajangnya Asia dan klubnya Arhan, Asnawi, dan Saddil di Asia juga," ujar Endri Erawan. 

"Mungkin bisa kita bicarakan kepada mereka (klub) bahwa ini, meski bukan agenda FIFA tapi paling tidak kejuaraan resmi tingkat Asia, jadi negara mereka juga ikut, Jepang, Korea, Malaysia," tambah pria yang juga anggota Exco PSSI. 

Baca Juga

PSSI tidak memasang target juara di Asian Games 2022, tapi federasi berharap skuad Garuda Muda bisa melangkah jauh. Cabor sepak bola Indonesia terakhir berpartisipasi pada Asian Games 2018 lalu.

Baca Juga

1. Bocoran Pemain untuk Asian Games 2022

Selebrasi gol gelandang Persija Jakarta, Syahrian Abimanyu. Foto : Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

Pada 2018, Timnas U-23 melaju hingga babak 16 besar. Indonesia yang tampil sebagai tuan rumah kalah adu penalti 3-4 dari Uni Emirat Arab setelah bermain imbang 2-2 selama 120 menit. 

"Memang PSSI juga nggak bikin target tinggi, cuma coach Indra Sjafri punya target pribadi dan kita semua punya target lolos ke babak selanjutnya," tutur Endri Erawan. 

Baca Juga

Untuk persiapan ke Asian Games 2022, pelatih Indra Sjafri telah memanggil sejumlah nama untuk jalani latihan di Jakarta. Dari informasi yang didapat INDOSPORT, ada 13 nama yang sudah bergabung. 

Bocorannya adalah Syahrian Abimanyu, Hugo Samir, Kakang Rudiyanto, Robi Darwis, George Brown, Kadek Arel, Luthfi Kamal, Firza Andika dan lainnya. 

Baca Juga

PSSI berharap klub bisa melepas para pemain, mengingat Asian Games 2022 cukup bergengsi. Tim pelatih pun telah berkomunikasi dengan klub sejak jauh hari.  

Baca Juga
Asian GamesTimnas Indonesia U-23Asnawi Mangkualam BaharElkan BaggottIvar JennerPratama ArhanJordi AmatRafael William Struick

Berita Terkini