x

Profil Hiroki Ito, Bek Muda Timnas Jepang yang Bikin Leroy Sane Tidak Berkutik

Minggu, 10 September 2023 11:17 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Isman Fadil
Duel maut pemain Jerman Joshua Kimmich dengan pemain Jepang Wataru Endo di laga persahabatan. (Foto: REUTERS/Lisi Niesner)

INDOSPORT.COM - Profil Hiroki Ito, bek muda yang bersinar dalam laga Jerman vs Jepang, Minggu (10/09/23) dini hari WIB.

Kejutan besar terjadi pada laga persahabatan antara Jerman vs Jepang, Minggu (10/09/23) dini hari WIB. Jerman, yang berlaku sebagai tuan rumah, dibabat 1-4 oleh tim tamu.

Baca Juga

Gol Jepang dicetak oleh Junya Ito (11'), Ayase Ueda (22'), Takuma Asano (90'), dan Ao Tanaka (90"+2"). Sedangkan Jerman hanya mampu mencetak satu gol hiburan lewat Leroy Sane (19').

Dalam laga yang digelar di Volkswagen Arena, Wolfsburg, tersebut, bek belia Jepang, Hiroki Ito, menjadi salah satu pemain yang paling bersinar. Penampilan solidnya di area bertahan Jepang membuat Tim Panser kesulitan melakukan serangan.

Padahal, Hiroki Ito sendiri merupakan wajah baru di timnas Jepang. Ia baru mengoleksi 10 caps bersama timnas senior Jepang semenjak debut bersama Samurai Biru pada 2 Juni 2022.

Lantas, bagaimana kiprah pemuda kelahiran Shizuoka, Jepang, 12 Mei 1999 tersebut hingga menjadi bek andalan Jepang? Berikut ulasan INDOSPORT.com

Baca Juga

Hiroki Ito mengawali karier sepak bolanya sejak din. Ia menimba ilmu di akademi sepak bola milik klub Jepang, Jubilo Iwata. 

Meski demikian, kariernya tidak selalu mulus. Setelah menonjol di akademi, ia pun promosi ke tim utama Jubilo Iwata pada Februari 2018.

Di tim senior inilah Hiroki Ito justru mengalami masa kelam. Ia kerap duduk di bangku cadangan, sehingga akhirnya harus dipinjamkan ke Nagoya Grampus pada Februari 2019.

Bersama Nagoya Grampus, Hiroki Ito hanya tampil sembilan kali sebelum akhirnya kembali ke Jubilo Iwata pada Januari 2020. 

Baca Juga

1. Bantu Jubilo Iwata Promosi

Selebrasi para pemain Timnas Jepang usai memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto:REUTERS/Dylan Martinez).

Periode kedua Hiroki Ito di Jubilo Iwata diawali dengan terdegradasinya klub asal Shizuoka tersebut ke divisi kedua. Namun, justru dalam masa sulit ini, Hiroki Ito menunjukkan penampilan terbaiknya.

Pemain yang dikenal berkat alisnya yang berbeda warna tersebut tampil tangguh di lini pertahanan Jubilo Iwata. Alhasil, ia mampu membawa Jubilo Iwata finis di posisi ke-6 pada akhir musim J2 2020.

Baca Juga

Penampilan mentereng Hiroki Ito tak luput dari perhatian klub Liga Jerman, VfB Stuttgart. Sang pemain pun akhirnya mencicipi atmosfer Liga Jerman selama semusim sejak dipinjamkan pada Juli 2021.

Selama masa pinjaman tersebut, Hiroki Ito tampil ciamik dengan tampil di 31 pertandingan pada musim 2021/2022 serta mencetak 1 gol dan 1 assist.

Puas dengan penampilan Hiroki Ito, Stuttgart akhirnya memutuskan untuk mempermanenkan Hiroki Ito pada Juli 2022. Saat itu, Hiroki Ito dipinang dengan biaya sangat murah, yakni 400 ribu euro atau sekitar Rp6,5 miliar.

Musim lalu, Hiroki Ito tampil dalam 37 pertandingan bersama Stuttgart di berbagai kompetisi dan menyumbang 1 gol serta 2 assist. Catatan ini membuat Stuttgart akhirnya memperpanjang kontrak sang pemain hingga 2027 mendatang.

Baca Juga

Pengalaman Hiroki Ito menghadapi pemain-pemain Jerman membuatnya menjadi kunci untuk meredam serangan Tim Panser yang dimotori Leroy Sane, termasuk pada Piala Dunia 2022. 

Kala itu, Jepang juga berhasil membuat kejutan dengan mengalahkan Jerman 2-1 di fase grup. Jepang pun berhasil keluar sebagai juara grup, sedangkan Jerman gagal lolos ke fase gugur.

Di sisi lain, Jerman, yang sudah dipastikan lolos ke Euro 2024 sebagai tuan rumah, memang tampil melempem pada tahun ini. Usai Piala Dunia 2022, mereka cuma sekali menang dari enam laga uji coba.

Satu kemenangan itu diraih di laga pertama, di mana mereka menekuk Peru 2-0 lewat sepasang gol Niclas Fullkrug. Sesudah itu, Jerman kalah 2-3 dari Belgia, imbang 3-3 dengan Ukraina, kalah 0-1 dari Polandia, kalah 0-2 dari Kolombia, dan diremukkan Jepang 1-4.

Baca Juga
JepangJermanPiala Dunia 2022Leroy SaneBola InternasionalHiroki Ito

Berita Terkini