x

5 Pelatih yang Moncer di Klub tapi Bobrok di Tim Nasional seperti Hansi Flick

Senin, 11 September 2023 08:48 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Setidaknya ada lima pelatih yang moncer di level klub tapi bobrok saat menukangi tim nasional seperti Hansi Flick di Timnas Jerman. Siapa saja?

INDOSPORT.COM – Setidaknya ada lima pelatih yang moncer di level klub tapi bobrok saat menukangi tim nasional seperti Hansi Flick di Timnas Jerman. Siapa saja?

Hansi Flick harus menelan kenyataan pahit usai dirinya mendapat pemecatan dari Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) usai tumbang dari Jepang di laga persahabatan.

Baca Juga

Timnas Jerman memang baru saja menelan hasil minor di laga internasional usai dibekuk di kandangnya sendiri oleh Jepang dengan skor 1-4.

Hasil tersebut memperpanjang catatan buruk tim nasional berjuluk Der Panzer itu. Dari lima laga terakhirnya, jawara Piala Dunia 2014 itu menelan empat kekalahan dan satu hasil imbang.

Tak pelak, hasil buruk itu membuat Hansi Flick dipecat. Pemecatan itu pun menjadi noda tersendiri bagi kariernya yang moncer di level klub dengan meraih Sextuple bersama Bayern Munchen.

Tapi Hansi Flick tak sendiri menanggung beban itu. Banyak pelatih top yang juga moncer di klub tapi justru bobrok di level tim nasional. Siapa saja mereka?

Baca Juga

1. Don Revie

Publik Inggris punya pelatih top kenamaan pada diri Don Revie di akhir 60 an hingga awal 70 an, usai membawa Leeds United meraih empat gelar domestik dalam kurun waktu enam musim.

Catatan itu membuat pelatih yang dicap sebagai rival Brian Clough itu ditunjuk jadi pelatih Timnas Inggris oleh FA pada tahun 1974 untuk menggantikan Sir Alf Ramsey.

Nahas, kiprahnya tak semoncer di klub, usai Don Revie gagal membawa Timnas Inggris lolos ke Euro 1976 dan Piala Dunia 1978, yang berujung pada pengunduran dirinya pada tahun 1977 dengan catatan 14 kemenangan, 8 imbang, dan 7 kekalahan.

Baca Juga

2. Javier Clemente

Spanyol juga pernah punya pelatih lokal top pada diri Javier Clemente yang kemudian ditunjuk sebagai pelatih tim nasional usai moncer di Athletic Bilbao.

Di Athletic Bilbao, Clemente mampu meruntuhkan dominasi Real Madrid dan Barcelona di era 80 an, dengan meraih dua gelar Liga Spanyol, yang membuatnya ditunjuk sebagai pelatih Timnas Spanyol.

Sayangnya, kiprah Clemente di Timnas Spanyol berujung tragis. Ia gagal di Piala Dunia 1994 dan 1998 serta Euro 1996. Lalu kekalahan dari 1-2 dari Siprus di Kualifikasi Euro 2000 membuatnya langsung dipecat.

Baca Juga

1. 3. Fabio Capello

Mantan pelatih Tim Nasional Inggris, Fabio Capello.

Tak ada yang meragukan kapasitas Fabio Capello sebagai pelatih. Hal ini bisa dilihat dari prestasinya di level klub yang mampu meraih Liga Champions hingga menjuarai Liga Italia dan Liga Spanyol.

Kiprah apiknya itu membuat Capello kemudian ditunjuk oleh FA sebagai pelatih Timnas Inggris pada 2007 guna bersaing di Piala Dunia 2010.

Usai membawa Inggris lolos ke Piala Dunia 2010, The Three Lions gagal tampil moncer dengan tampil buruk di level grup dan berujung disingkirkan Jerman di 16 besar dengan skor 1-4.

Baca Juga

4. Giovanni Trapattoni

Kompatriot Fabio Capello, Giovani Trapattoni, juga punya rekor apik di level klub tapi justru tak berdaya saat menukangi tim nasional.

Di level klub, Trapattoni mampu meraih gelar Liga Champions, mendominasi Liga Italia, menjuarai Piala UEFA, dan sederet gelar domestik lainnya, yang membuatnya ditunjuk sebagai pelatih Timnas Italia pada 2000.

Nahas Italia gagal total di Piala Dunia 2002 usai disingkirkan Korea Selatan, pun dengan Irlandia yang ia tukangi pada 2008 yang gagal total di Euro 2012.

Baca Juga

5. Kevin Keegan

Usai Don Revie, FA kembali menunjuk pelatih Inggris untuk menukangi The Three Lions, kala menunjuk Kevin Keegan pada tahun 1999 untuk tampil di Euro 2000.

Saat itu, Kevin Keegan ditunjuk usai membuat catatan menarik bersama Newcastle United di awal-awal era Premier League dan bersama Fulham.

Tapi di level tim nasional, Kevin Keegan gagal mereplika gaya melatihnya di level klub, yang berujung tersingkirknya Timnas Inggris di babak grup Euro 2000.

Baca Juga
JermanFabio CapelloKevin KeeganGiovanni TrapattoniIn Depth SportsTimnas InggrisTim Nasional SpanyolHansi FlickIndepth

Berita Terkini