x

Hansi Flick Dipecat, Legenda Jerman Usulkan Jurgen Klopp Jadi Suksesor

Senin, 11 September 2023 09:28 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Isman Fadil
Pemain Jerman Niklas Sule bersama rekan timnya terlihat sedih setelah pertandingan usai timnya dikalahkan Jepang. (Foto: REUTERS/Lisi Niesner)

INDOSPORT.COM - Jurgen Klopp, pelatih klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, dinilai menjadi satu-satunya suksesor yang cocok menggantikan Hans-Dieter Flick di Timnas Jerman.

Kekalahan timnas Jerman 1-4 atas Jepang rupanya berbuntut panjang. Tak berselang lama, pelatih Hans-Dieter Flick, langsung dipecat oleh Federasi Sepak Bola Jerman.

Baca Juga

Keputusan ini menyusul sederet hasil negatif yang ditorehkan Hansi Flick selama menukangi timnas Jerman. Usai Piala Dunia 2022, Tim Panser cuma sekali menang dari enam laga uji coba.

Satu kemenangan itu diraih di laga pertama, di mana mereka menekuk Peru 2-0 lewat sepasang gol Niclas Fullkrug. Sesudah itu, Jerman kalah 2-3 dari Belgia, imbang 3-3 dengan Ukraina, kalah 0-1 dari Polandia, kalah 0-2 dari Kolombia, dan diremukkan Jepang 1-4.

"BREAKING: Hansi Flick resmi dipecat, dia tidak lagi menjadi pelatih kepala tim nasional Jerman," cuit Fabrizio Romano dalam akun X pribadinya. 

"Federasi akan berdiskusi secara internal untuk memilih manajer baru, mengingat Jerman akan menjadi tuan rumah Euro 2024 dalam 9 bulan mendatang. Sementara itu, Rudi Voller akan menjadi pelatih interim," imbuhnya.

Baca Juga

Mengingat status Timnas Jerman sebagai salah satu tim unggulan di Euro 2024, keputusan untuk menunjuk pengganti Hans-Dieter Flick tentunya tak mudah untuk dibuat.

Namun, pilihan kini mengerucut pada satu nama: Jurgen Klopp. Pelatih Liverpool ini telah sejak lama digadang-gadang menjadi pelatih Tim Panser, menyusul hasil cemerlang yang ditorehkannya bersama The Reds.

Bahkan, legenda sepak bola Jerman, Lothar Mattaus, menyebut jika Jurgen Klopp adalah satu-satunya kandidat yang dipertimbangkan untuk mengisi kursi pelatih Timnas Jerman.

Dengan situasi ini, penunjukan Jurgen Klopp sebagai pelatih kepala anyar Timnas Jerman agaknya tinggal menunggu waktu.

Baca Juga

1. Tanggapan Jurgen Klopp

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, usai laga kontra Leeds United (30/10/22). (Foto: REUTERS/Phil Noble)

"Jika berbicara soal kandidat yang cocok, hanya ada satu orang yang diinginkan semua orang di masa depan, yaitu Jurgen Klopp," ujar Lothar Matthaus pada 2020 silam, dilansir dari Mirror.

"Dia pelatih yang sangat sukses, berkarakter, dan populer di kalangan fans dan media," tuturnya menambahkan.

Baca Juga

Sejak dirumorkan menjadi pelatih anyar Timnas Jerman beberapa waktu lalu, Jurgen Klopp sudah memberikan tanggapan. Ia menyebut saat ini dirinya hanya fokus untuk klubnya, Liverpool.

"Pekerjaan menjadi pelatih tim nasional akan menjadi kehormatan besar. Tak perlu dipertanyakan lagi. Satu-satunya masalah adalah kesetiaan saya," ujar Jurgen Klopp.

"Saya tidak bisa begitu saja meninggalkan Liverpool dan menukangi Jerman untuk jangka waktu pendek. Hal ini tidak akan berhasil. Saat ini, tanggung jawab saya adalah pada klub."

"Secara umum, ini (panggilan jadi pelatih timnas Jerman) cukup menarik. Saya sendiri belum tahu apakah saya bisa melakukannya setelah meninggalkan Liverpool. Tapi saya ingin opsi itu tetap terbuka," pungkasnya.

Baca Juga

Sementara itu, pemain Timnas Jerman, Joshua Kimmich, mengungkap alasan mengapa Jerman bisa kalah memalukan dari Jepang pada laga uji coba terakhir.

"Saya rasa kami layak kalah, bahkan dalam hal mencetak gol. Jepang bahkan punya peluang lebih banyak untuk menambah gol," ujar Joshua Kimmich usai laga.

"Kami benar-benar tak melakukannya dengan cukup benar. Kami tak mampu membawa kualitas di atas lapangan. Ada rasa kurang percaya diri."

"Kami hanya mengatakan bahwa kami punya banyak (pemain) berkualitas, tetapi (penampilan) kami jauh dari kata tersebut. Jadi, kami harus mempertanyakan diri dan kualitas kami. Saya menganggap kami sebagai pemain (yang) bertanggung jawab (atas kekalahan ini)," tutup Joshua Kimmich.

Baca Juga
JepangJermanJurgen KloppBola InternasionalEuro 2024Hans-Dieter Flick

Berita Terkini