x

Ada 'Buffon' di Skuat Timnas Indonesia U-17 Jelang Pemusatan Latihan di Jerman

Selasa, 12 September 2023 14:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Muhammad Alfharezzi Buffon, Nabil Husein (Presiden Borneo FC), dan Rizdjar Nurviat Subagja

INDOSPORT.COM - Ada 'Buffon' dalam skuat timnas Indonesia U-17 menjelang pemusatan latihan di Jerman yang notabene persiapan tahap akhir Garuda menatap Piala Dunia U-17 2023.

Ada pun Buffon yang dimaksud bukanlah eks kiper Italia Gianluigi Buffon, melainkan bek sayap Borneo FC, Muhammad Alfharezzi Buffon, yang dipanggil ke timnas Indonesia U-17.

Baca Juga

Borneo FC baru saja mengumumkan bahwa dua pemain mudanya mendapat panggilan dari PSSI untuk mengikuti TC timnas U-17 pada bulan September di Jakarta.

Mereka adalah Rizdjar Nurviat Subagja yang berposisi sebagai bek kanan, dan Alfharezzi Buffon yang piawai bermain sebagai bek kiri atau bek tengah.

Nantinya, TC ini juga merupakan persiapan untuk menggelar pemusatan latihan terakhir di Jerman, menjelang Piala Dunia U-17 2023.

"Alfharezzi Buffon menyusul Rizdjar Nurviat ke pemusatan latihan timnas untuk Piala Dunia U-17 yang diselenggarakan di Indonesia," tertulis di laman resmi Borneo FC.

Baca Juga

Sekadar informasi, Rizdjar Nurviat memang sejak awal masuk dalam skuat timnas U-17 besutan Bima Sakti. Ia sudah mengikuti TC dan sejumlah laga uji coba internasional.

Berbeda dengan Alfharezzi Buffon yang baru kali ini dipanggil ke pemusatan latihan timnas Indonesia U-17. Padahal Piala Dunia U-17 kini di depan mata, mulai 10 November nanti.

Maka dari itu, banyak yang penasaran dengan latar belakang Alfharezzi Buffon. Mengapa ia baru dipanggil ke timnas Indonesia U-17.

Padahal, Bima Sakti sudah melakukan seleksi di 12 kota, dan hanya mengambil lima pemain. Bahkan, ia juga memanggil sembilan pemain diaspora di luar negeri, tetapi tujuh di antaranya dicoret.

Baca Juga

1. Profil Alfharezzi dan Rizdjar

Rizdjar Nurviat Subagja saat berseragam Timnas Indonesia (Foto: IG @rzdjarnurviat08_)

Muhammad Alfharezzi Buffon merupakan pemain muda klub Borneo FC, yang sudah menjalani debutnya sejak Liga 1 2022/23, dengan status sebagai pemain termuda.

Alfharezzi Buffon sudah mencatatkan debut sejak usia 16 tahun, saat Borneo FC menjamu Bali United di pekan ke-32 Liga 1, dan meraih kemenangan dengan skor telak 5-1.

Baca Juga

Borneo FC menurunkan Alfharezzi Buffon untuk menggantikan kapten Diego Michiels pada menit ke-76. Saat itu usianya masih 16 tahun 11 bulan empat hari.

Setelah pembuktian itu, Borneo FC langsung mengontrak Alfharezzi Buffon dengan jangka panjang sampai tahun 2027.

Sementara Rizdjar Nurviat Subagja bukanlah nama baru di skuad Garuda Muda. Ia pernah menjadi bagian dari imnas Indonesia U-16 yang menjuarai Piala AFF U-16 2022.

Rizdjar juga menjadi tumpuan dari skuad Garuda Select 5 yang mencatat statistik fantastis selama di Inggris dan Italia.

Baca Juga

"Hasil kerja keras selama ikut Garuda Select berbuah dipanggil ke TC Timnas U-17. Para pelatih telah memberikan banyak hal bagi saya," ungkap Rizdjar Nurviat Subagja.

"Secara fisik dan mental, saya sudah siap karena semua materi latihan yang didapat di Eropa bersama Coach Dennis dan Des benar-benar bermanfaat," imbuhnya.

"Saya di Eropa sudah terbiasa latihan fisik yang cukup berat. Jadi ketika latihan di sini, rasanya tidak terlalu melelahkan," tambah pesepak bola berusia 17 tahun tersebut.

"Kami sudah terbiasa menghadapi pemain Eropa yang memiliki postur besar dan punya kecepatan, kepercayaan diri kami sudah terbentuk dan siap hadapi lawan seperti apa pun," tukasnya.

Baca Juga
Timnas U-17Borneo FCTimnas IndonesiaPiala Dunia U-17Berita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-17Rizdjar Nurviat Subagja

Berita Terkini