x

Gara-gara Tottenham, AC Milan Gagal Rekrut Pemain Kroasia Idaman Paolo Maldini

Selasa, 12 September 2023 13:38 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Upaya klub Liga Italia (Serie A), AC Milan, mendatangkan Luka Vuskovic terganjal manuver Tottenham Hotspur. (Foto: Instagram@ftalentscout)

INDOSPORT.COM - Upaya klub Liga Italia (Serie A), AC Milan, mendatangkan Luka Vuskovic terganjal manuver Tottenham Hotspur.

Belakangan, AC Milan disebut tengah mengincar wonderkid Kroasia, Luka Vuskovic. Namanya bahkan masuk dalam daftar yang dibuat oleh Paolo Maldini dan Ricky Massara dipecat.

Baca Juga

Paolo Maldini dan Ricky Massara bahkan sempat menemui pihak Luka Vuskovic pada Desember tahun lalu. Namun, negosiasi akhirnya mandek setelah Hajduk Split memasang harga terlalu tinggi untuk pemain yang berposisi sebagai bek tersebut.

Kini, harapan AC Milan untuk menggaet Luka Vuskovic pada bursa transfer mendatang benar-benar pupus setelah Tottenham Hotspur mengajukan penawaran konkrit untuk pemain 16 tahun tersebut.

Dilansir dari Sempre Milan, The Lilywhites, julukan Tottenham Hotspur, disebut telah melayangkan proposal senilai 14 juta euro (Rp230 miliar) plus bonus untuk mengget Luka Vuskovic.

Angka ini menjadikan Luka Vuskovic penjualan termahal Hajduk Split sepanjang masa. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh Nikola Vlasic yang pindah ke Everton pada musim panas 2017 dengan mahar 10,8 juta euro.

Baca Juga

Dengan demikian, Tottenham Hotspur memenangi persaingan dengan Manchester City, Paris Saint-Germain, dan AC Milan yang juga meminati Luka Vuskovic.

Belum jelas, apakah Tottenham Hotspur akan langsung memasukkan sang pemain ke skuad utama pada bulan Januari mendatang, atau "menyekolahkan" sang pemain ke klub lain terlebih dahulu.

Yang jelas, Tottenham Hotspur beruntung bisa mendapatkan Luka Vuskovic, yang disebut-sebut sebagai salah satu calon bek terbaik dunia di masa depan.

Bahkan, banyak yang membandingkan Luka Vuskovic dengan bek tangguh Barcelona, Gerard Pique, dan rekrutan anyar Manchester City, Josko Gvardiol.

Baca Juga

1. Profil Luka Vuskovic

Paolo Maldini, sempat berupaya meminang Luka Vuskovic saat masih menjabat direktur teknik AC Milan. (Foto: REUTERS/Ciro De Luca)

Luka Vuskovic lahir pada 24 Februari 2007. Pemain berpaspor Kroasia ini sejatinya masih berusia di bawah umur, namun telah dipromosikan ke tim U-19 Hajduk Split berkat penampilannya yang menawan.

Meski berposisi sebagai bek, Luka Vuskovic rupanya cukup eksplosif. Musim lalu, ia mencetak 6 gol dalam 14 penampilan bersama Hajduk Split U-19 di ajang Prva HNL - Juniori.

Baca Juga

Dengan tinggi badan mencapai 193cm, Luka Vuskovic dinilai menjadi bek potensial bagi tim yang memilikinya. Namanya pun sudah sejak lama dikenal di kalangan scouting tema yang mengamati sepak terjangnya di Liga Kroasia.

Namun, berdasarkan laporan footballtalentscout.net, tidak hanya tinggi badan yang menjulang, pemain yang satu ini juga unggul dalam hal stamina.

Walau punya postur tinggi besar, Luka Vuskovic mampu bergerak dan berkoordinasi dengan baik untuk pemain seukuran dirinya.

Bermain sebagai bek tengah, ia juga bisa ditempatkan baik di sisi kanan maupun kiri dalam formasi empat pemain belakang.

Baca Juga

Selain itu, Luka Vuskovic juga dideskripsikan sebagai bek modern yang mengombinasikan kekuatan dengan teknik yang apik.

Pemain kelahiran Split, Kroasia, ini sejatinya merupakan pesepak bola berkaki kanan. Namun, ia bisa bermain cukup nyaman menggunakan kaki kirinya.

Terlepas dari kelebihan-kelebihannya secara teknis di lapangan, Luka Vuskovic dinilai sebagai pemain dengan kedewasaaan dan kemampuan leadership.

Dengan demikian, layak dinanti apakah "Monster Kroasia" ini bisa bersinar di Tottenham Hotspur, di bawah asuhan Ange Postecoglou.  

Baca Juga
Bursa TransferAC MilanTottenham HotspurLiga ItaliaBerita Transfer

Berita Terkini