x

Juventus Benarkan Paul Pogba Positif Doping, Skors 2-4 Tahun Menanti

Selasa, 12 September 2023 08:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Klub Liga Italia, Juventus, mengonfirmasi bahwa Paul Pogba gagal lolos dalam tes doping setelah dinyatakan posisi memakai zat terlarang. (Foto: juventus)

INDOSPORT.COM - Klub Liga Italia, Juventus, mengonfirmasi bahwa Paul Pogba gagal lolos dalam tes doping setelah dinyatakan posisi memakai zat terlarang.

Dalam pernyataan resmi, Selasa (12/09/23), Juventus juga memberi tahu bahwa Pogba untuk sementara ini ditangguhkan menunggu prosedur selanjutnya dalam tes tersebut.

Baca Juga

Juventus mengumumkan bahwa hari ini, 11 September 2023, pesepak bola Paul Labile Pogba menerima perintah skorsing penangguhan dari Pengadilan Anti-Doping Nasional menyusul hasil tes yang dilakukan pada 20 Agustus 2023,” demikian tulis Juventus.

Klub berhak mempertimbangkan langkah prosedur selanjutnya,” lanjut Juventus.

Melansir dari Football Italia, Paul Pogba positif menggunakan testosterone dalam hasil tes doping terbaru.

Pemeriksaan tersebut dilakukan setelah pertandingan Juventus melawan Udinese pada 20 Agustus 2023, yang merupakan agenda pembuka Bianconeri di Liga Italia 2023-2024.

Baca Juga

Paul Pogba yang baru kembali pulih usai dibekap cedera termasuk dalam skuat Juventus yang dibawa Max Allegri ke Dacia Arena.

Namun, mantan pemain Manchester United itu hanya duduk di bangku cadangan sepanjang pertandingan.

Apesnya, Pogba terpilih secara acak untuk melakukan tes dan hasilnya terbukti positif testosteron, yakni salah satu zat terlarang digunakan oleh atlet.

Testosteron sendiri sering dianggap sebagai booster untuk meningkatkan kekuatan, massa otot, dan berat badan tanpa lemak.

Baca Juga

1. Paul Pogba Terancam Diskors 2-4 Tahun

Paul Pogba, pemain Juventus. (Foto: instagram@juventus)

Ditemukannya testosterone ini membuat Pogba dianggap melanggar regulasi “penggunaan zat terlarang” dan “penggunaan atau percobaan penggunaan zat terlarang” dalam olahraga.

Zat testosteron umumnya bisa dikonsumsi secara oral atau melalui injeksi. Namun, kedua cara ini bisa dipakai bersamaan untuk memaksimalkan efeknya.

Baca Juga

Ada pun Pogba sendiri memang tengah fokus mengembalikan kebugaran setelah absen cukup lama karena cedera yang mengharuskannya naik meja operasi.

Usai menjalani tes tersebut dalam laga Udinese, Pogba sejatinya sempat mendapatkan kesempatan dalam dua pertandingan Juventus berikutnya.

Kala itu, Pogba menjadi pemain pengganti saat Juventus menghadapi Bologna dan Empoli.

Namun dengan hasil tes kini dinyatakan positif, Pogba terancam absen lagi di pertandingan Juventus untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga

Pogba diberi waktu tiga hari untuk melakukan pemeriksaan lanjutan memakai sample B. Hasil ini juga bisa dipakai untuk membantah hasil tes sebelumnya.

Jika tes kedua masih menunjukkan hasil positif Paul Pogba harus menjalani sidang di Pengadilan Nasional Anti-Doping Italia kecuali sang pemain mengakui memakai zat tersebut.

Ancaman larangan bermain selama dua tahun menanti Paul Pogba apabila dinyatakan terbukti bersalah atau parah-parahnya bisa empat tahun.

Pogba sendiri sudah absen sejak Piala Dunia 2022 karena cedera hingga awal musim 2023-2024. Akibatnya, dia hanya mencatat  11 pertandingan di semua kompetisi bersama Juventus. 

Baca Juga
JuventusPaul PogbaLiga Italia

Berita Terkini