x

Nico Williams, Calon Pengganti Mohamed Salah yang Bisa Datang Gratisan ke Liverpool

Selasa, 12 September 2023 12:44 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pemain Athletic Bilbao dan Timnas Spanyol, Nico Williams. Foto: REUTERS/Hannah Mckay.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, mungkin bisa melirik Nico Williams sebagai calon pengganti Mohamed Salah.

Seperti diketahui, Liverpool belakangan memang sempat diguncang berita heboh tentang peluang Mohamed Salah angkat kaki dari skuad.

Al Ittihad merupakan klub yang membuat banyak suporter serta penggemar The Reds ketar-ketir, lantaran pemain kesayangan mereka diprospek pindah ke Arab Saudi.

Beruntung, Mohamed Salah akhirnya tidak pergi ke mana-mana sampai bursa transfer pemain di sana tutup pekan lalu.

Hanya saja, dengan usia dan kematangan Mohamed Salah saat ini, ditambah rentetan gelar dan trofi yang telah ia kumpulkan, Liverpool mungkin bisa mulai mencari pengganti.

Sebelumnya, sejumlah nama yang digadang-gadang cocok sebagai gantinya sudah sempat beredar di bursa tranfer pemain.

Baca Juga

Sebut saja yang paling santer Federico Chiesa, atau Leroy Sane, dan bahkan Johan Bakayoko. Namun jika harus menyebut nama lain, kali ini ada Nico Williams.

Nico Williams merupakan pemain muda Athletic Bilbao yang juga membela Timnas Spanyol senior. Usianya saat ini 21 tahun.

Menurut laporan Fichajes, ia adalah target potensial Liverpool untuk dijadikan suksesor Mohamed Salah nantinya.

Untuk mendatangkan Nico Williams, Liverpool pun dikabarkan harus bersaing dengan Barcelona dan Manchester United yang juga meminati jasanya.

Meski begitu, Liverpool berpeluang merekrutnya dengan status gratisan pada bursa transfer musim panas tahun depan.

Baca Juga

Ya, kontrak winger yang satu ini di Athletic Bilbao akan berakhir pada Juni 2024. Jika tidak berlanjut, para klub peminat pun bisa memboyongnya secara cuma-cuma.

Jika tidak, Nico Williams untuk sekarang disebut-sebut memiliki label 30 juta euro atau kurang lebih Rp494,5 miliar.

Pemain kelahiran 12 Juli 2002 ini bisa bermain sebagai winger baik di sisi kanan maupun kiri, yang tentu saja akan menguntungkan bagi Liverpool.

Akan tetapi, ia lebih memilih kaki kanan dan sering berada di dekat garis tepi untuk memanfaatkan lebar lapangan. 

Baca Juga

1. Megenal Lebih Dekat Nico Williams

Pemain Athletic Bilbao dan Timnas Spanyol, Nico Williams. Foto: REUTERS/Hannah Mckay.

Nama Nico Williams sendiri sebenarnya sudah tidak asing lagi di kancah LaLiga dan kompetisi sepak bola Spanyol.

Ia merupakan kakak-beradik dengan sesama pemain Athletic Bilbao, Inaki Williams, namun memilih tim nasional yang berbeda.

Nico saat ini berkostum Timnas Spanyol sedangkan sang kakak lebih memilih berpindah hati dari La Roja ke Basque lalu sekarang Ghana.

Ia mendapat panggilan pertama dari Timnas Spanyol yang ditangani Luis Enrique, untuk berpartisipasi di UEFA Nations League 2022.

Nico Williams di Athletic Bilbao

Nico Williams mengawali perjalanannya sebagai pemain sepak bola bersama CD Pamplona, kemudian berlanjut ke Osasuna.

Setelah ‘lulus’ dari Osasuna pada 2013, ia pindah ke Athletic Bilbao namun sempat menimba ilmu di Basconia sebelum kembali ke pelukan The Lions pada 2020.

Baca Juga

Ia mentas dari tim B Athletic Bilbao dan melakoni pertandingan-pertandingan di level senior sejak 2021.

Sepanjang musim 2022/2023, Nico Williams menjadi salah satu pemain yang kerap dipilih untuk turun di pertandingan-pertandingan LaLiga.

Ia mencatat 36 penampilan, mencetak 6 gol, 5 assist, dan membantu Athletic Bilbao finis di peringkat 8 klasemen akhir LaLiga.

Pada 2022/2023 pula, ia menorehkan 6,8 takes-on per pertandingan - terbanyak ke-13 di antara para pemain lima liga top Eropa.

Baca Juga

Selain itu, Nico Williams juga menunjukkan kemampuan dribel yang apik di area pertahanan lawan, dengan rata-rata 2,2 carries per pertandingan.

Eksistensinya pun kembali berlanjut musim ini, dengan 4 penampilan di LaLiga dan torehan 4 assist plus 263 menit bermain.

Menjadi salah satu prospek menjanjikan di LaLiga, Nico Williams pun disebut-sebut berhasil meraih hati manajer Liverpool, Jurgen Klopp.

Seperti pernah diwartakan Liverpool Echo, Jurgen Klopp kabarnya sangat menyukai pemain bernama lengkap Nicholas Williams Arthuer ini.

Bukan tidak mungkin, faktor ini akan mempermudah jalannya ke Liverpool pada musim panas nanti, apalagi jika ia ingin menjajal pengalaman baru di Liga Inggris.

Sementara itu, kontrak Mohamed Salah di Liverpool yang baru diperpanjang pada Juli 2022 lalu akan kedaluwarsa pada Juni 2025.

Baca Juga
 
LiverpoolMohamed SalahLiga InggrisOne FootballNico WilliamsIndepth

Berita Terkini