x

5 Pemain Kunci AC Milan yang Harus Diperpanjang Kontraknya Usai Tampil Cemerlang di Awal Musim

Rabu, 13 September 2023 19:11 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi pemain AC Milan Rafael Leao dengan rekan setimnya usai mencetak gol kedua ke gawang AS Roma pada laga Liga Italia. (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)

INDOSPORT.COM - Sejumlah pemain klub Liga Italia (Serie A), AC Milan menunjukan performa impresif di awal musim yang membuat manajemen harus memperpanjang kontraknya. Siapa saja?

AC Milan berhasil tampil baik di awal kompetisi musim 2023-2024 ini. Dari tiga pertandingan yang sudah dilakoni di Liga Italia, Rossoneri belum tersentuh kekalahan. 

Baca Juga

Di laga perdana mereka menang atas Bologna 2-0 lalu membantai Torino 4-1 dan terbaru menang tipis 2-1 atas AS Roma.

Kemenangan sempurna itu membawa AC Milan sempat memuncaki klasemen Liga Italia dengan 9 poin, sebelum digeser oleh Inter Milan karena kalah selisih gol.

Performa impresif AC Milan itu tidak lepas dari kecerdasan mereka merekrut pemain berkualitas, yang dibutuhkan oleh tim racikan pelatih Stefano Pioli pada bursa transfer musim panas lalu.

Padahal selama menjalani bursa transfer musim panas kemarin, AC Milan dirundung sejumlah masalah. Mulai dari hilangnya sosok penting Direktur Olahraga, Ricky Massara dan Direktur Teknik, Paolo Maldini.

Hingga diharuskan mencari penyerang sayap baru untuk masalah di sayap kanan. Namun perlahan Rossoneri mampu melewatinya dengan baik.

Baca Juga

Periode bursa transfer musim panas kali ini berjalan sesuai harapan, karena mereka bisa menggaet sejumlah pemain bintang tanpa peran Direktur Olahraga dan Direktur Teknik.

Pemain-pemain itu langsung tampil cemerlang. Di antarnaya Ruben Loftus-Cheek, Tijjani Reijnders, hingga Christian Pulisic.

Selain kontribusi pemain baru, penampilan impresif AC Milan juga tidak lepas dari andil pemain lama yang jadi andalan sejak musim lalu. 

Sayangnya, mereka terancam meninggalkan San Siro karena godaan dari tim lain serta durasi kontrak yang mulai mendekati akhir.

Situasi itu membuat manajemen AC Milan harus bergerak cepat untuk memperbarui kontraknya, siapa saja yang layak dipertahankan?

Baca Juga

1. Olivier Giroud

Selebrasi pemain AC Milan, Theo Hernandez bersama rekan setimnya usai mencetak gol ketiga ke gawang Torino pada laga Liga Italia di Stadion Giuseppe Meazza (Milano). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

Pemain pertama yang layak dipagari kontrak baru adalah Olivier Giroud. Usianya memang sudah tidak lagi muda yakni 36 tahun, tetapi ketajamannya sebagai seorang penyerang masih terjaga dengan baik.

Dalam dua musim terakhir, Giroud merupakan juru gedor andalan pelatih Stefano Pioli termasuk musim ini yang semakin menggila.

Baca Juga

Musim lalu, Giroud membuat 18 gol dari 47 penampilan. Menariknya, pemain asal Prancis itu tidak selalu tampil penuh 90 menit mengingat usianya yang rentan cedera.

Tetapi tidak membuat ketajaman Giroud berkurang. Ia tetap banyak mencetak gol meski tak bermain penuh di setiap laga. Dari data Transfermark, Giroud bisa membuat 8 gol meski tak bermain penuh.

Artinya memang Giroud merupakan striker yang cukup matang dalam memanfaatkan peluang dan mencari posisi. AC Milan masih membutuhkan sosoknya, musim ini ia sudah membuat 4 gol dari 3 penampilan di Liga Italia.

Kontraknya bakal habis pada musim panas 2024 nanti. Mengingat dia adalah pemain tua, durasi kontrak yang bisa ditambah hanya satu musim nanti.

Baca Juga

Rade Krunic

Selanjutnya ada Rade Krunic. Pemain berposisi sebagai gelandang ini juga jadi salah satu pemain andalan di lini tengah bersama Ruben Loftus-Cheek dan Tijjani Reijnders.

Sejak datang pada musim panas 2019 dari Empoli, Rade Krunic telah tampil dalam 128 pertandingan dan membuat 3 gol dan 6 assist untuk AC Milan. 

Konsistensi penampilannya membuat manajemen harus memberikan kontrak baru, mengingat masa baktinya hanya tinggal dua musim lagi hingga 2025.

Kabar terbaru pemain berusia 29 tahun itu dilaporkan telah menyetujui persyaratan pribadi dengan tim asal Turki tersebut, dimana dia bersedia menandatangani kontrak empat tahun dengan nilai sekitar 3.5 juta per musim.

Baca Juga

Davide Calabria

Davide Calabria adalah salah satu pemain yang tak tergantikan posisinya di sektor bek kanan AC Milan. Ia tampil konsisten dan jarang mengalami cedera.

Sang kapten sendiri kontraknya bakal berakhir pada Juni 2025. Ia pun rawan digoda oleh klub lain, sehingga AC Milan harus memberikan ganjaran kontrak baru dengan durasi lebih panjang lagi.

AC Milan sepertinya tidak bakal menemui kendala untuk memberikan kontrak baru kepada bek berusia 26 tahun itu. 

Ia akan dengan senang hati untuk bertahan dan membuktikan kesetiannya kepada warna merah hitam Milan. 

Mike Maignan

AC Milan berhasil menemukan penjaga gawang hebat baru pasca ditinggal kiper potensial mereka, Gianluigi Donnarumma beberapa waktu lalu.

Maignan tampil apik di bawah mistar gawang Rossoneri dengan catatan 71 penampilan dan membuat 30 kali cleansheet sejak bergabung pada musim panas 2021 lalu.

Kehebatan Maignan membuat banyak klub lain kepincut merekrutnya. Chelsea jadi salah satu yang terus memantau situasi sang pemain di AC Milan.

Tak mau kehilangan pemain pentingnya, AC Milan bergerak cepat untuk mulai bernegosiasi untuk memperbarui kontrak Mike Maignan.

Itu dilakukan guna mencegah ketertarikan klub lain karena Maignan berkontribusi besar untuk menjaga gawang Milan belakangan ini. Masa bakti Maignan sendiri berakhir pada Juni 2026 mendatang.

Theo Harnandez

Terakhir ada Theo Hernandez. Ia juga tak tergantikan di sektor bek kiri AC Milan sejak diboyong dari Real Madrid pada 2019 lalu.

Kontribusinya sangat nyata dalam membantu serangan dan menjaga garis pertahanan AC Milan di lapangan, sehingga layak mendapat ganjaran kontrak baru meski masa baktinya masih cukup lama berakhir yakni Juni 2026.

Meski begitu, bukan berarti Rossoneri bisa aman menjaganya. Ia banyak diminati klub top Eropa, termasuk sang mantan Real Madrid yang berhasrat untuk memulangkannya.

AC MilanLiga Italia

Berita Terkini