x

Media Malaysia Ketar-ketir Timnas Indonesia Cetak Sejarah Lolos Piala Asia U-23

Rabu, 13 September 2023 11:30 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
Media Malaysia ketar-ketir usai timnas Indonesia U-23 berhasil cetak sejarah lolos dari Kualifikasi Piala Asia U-23.

INDOSPORT.COM – Media Malaysia ketar-ketir usai timnas Indonesia U-23 berhasil cetak sejarah lolos dari Kualifikasi Piala Asia U-23.

Timnas Indonesia U-23 berhasil mencatatkan prestasi membanggakan lolos Piala Asia U-23 2024 untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Baca Juga

Tim besutan Shin Tae-yong tersebut berhasil memastikan lolos sebagai juara Grup K usai mengalahkan Turkmenistan dengan skor 0-2.

Bertanding di Stadion Manahan, Solo, timnas Indonesia U-23 sukses mencetak dua gol melalui Ivar Jener menit ke-43 serta Pratama Arhan pada injury time.

Keberhasilan skuad Garuda debut di Piala Asia U-23 lantas menjadi sorotan banyak media asing. Salah satunya adalah media Malaysia, Makan Bola.

Media Malaysia tersebut dibuat ketar-ketir dengan penampilan timnas Indonesia yang semakin matang di era Shin Tae-yong dan berhasil lolos sebagai juara grup.

Baca Juga

“Skuad U-23 Indonesia berhasil lolos ke Piala Asia U-23 2024 sebagai juara Grup K usai mengalahkan Turkmenistan hari ini,” tulis media Malaysia tersebut.

“Kehebatan Shin Tae-yong membawa Indonsia mengikuti jejak Vietnam, Uni Emirat Arab dan Korea Selatan yang lolos berdasarkan prestasi tahun depan,” sambungnya.

Ya, timnas Indonesia U-23 di bawah asuhan Shin Tae-yong sendiri memang tampil cukup apik di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Pada pertandingan perdana Grup K, Pratama Arhan dkk sukses mencukur Taiwan dengan skor telak 9-0 pada laga yang juga dihelat di Stadion Manahan, Solo.

Baca Juga

1. Rekor Gila Shin Tae-yong

Pelatih Timnas U-23, Shin Tae-yong dan Manajer Tim, Endri Irawan saat menyapa suporter usai laga melawan Taiwan pada Kualifikasi Piala Asia U-23 di stadion Manahan Solo, Sabtu (09/9/23).

Nama Shin Tae-yong selaku kepala pelatih timnas Indonesia menjadi yang paling dielu-elukan usai mengantar skuad Garuda Muda lolos ke Piala Asia U-23 di Qatar.

Mantan pelatih timnas Korea Selatan itu menunjukkan sisi gaharnya setelah mengantarkan tiga kelompok usia timnas Indonesia lolos ke Piala Asia.

Baca Juga

Ya, Shin Tae-yong berhasil membawa timnas Indonesia U-20, U-23 serta senior lolos ke kompetisi akbar sepak bola paling bergengsi di Asia itu.

Hal ini menjadi catatan sejarah bagi Indonesia. Mengingat, belum pernah ada pelatih yang mampu mengantarkan tiga kategori usia timnas lolos ke Piala Asia.

Di kategori timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong sukses memutus tren buruk ketika berhadapan dengan Turkmenistan pada dua pertemuan.

Tercatat, timnas U-23 belum pernah sekali pun menang melawan Turkemnistan. Yang pertama kekalahan dengan skor 1-3 di Kualifikasi Olimpiade zona Asia pada 2011.

Baca Juga

Sementara pada pertandingan kedua, timnas Indonesia menelan kekalahan dari Turkmenistan pada 9 Maret 2011 dengan skor 0-1 dari Turkmenistan.

Selain itu, lolosnya timnas Indonesia U-23 ke Piala Asia U-23 juga menjadi tinta manis bagi Shin Tae-yong selama kiprahnya menjadi pelatih di Tanah Air.

Ia menjadi satu-satunya pelatih yang berhasil mengantarkan timnas U-23 lolos ke Piala Asia U-23 berstatus sebagai juara Grup.

Sebelumnya, skuad Garuda Muda prestasi terbaiknya hanya sampai babak kualifikasi saja di Kualifikasi Piala Asia U-23 dengan siapa pun pelatihnya.

Baca Juga
Timnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaPiala Asia U-23Shin Tae-yong

Berita Terkini