x

Siapa Oussama Idrissi? Pemain Gratisan yang Ditawarkan ke Man United untuk Gantikan Sancho

Kamis, 14 September 2023 11:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, mendapat tawaran untuk merekrut Oussama Idrissi untuk menggantikan Jadon Sancho.

INDOSPORT.COM – Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, mendapat tawaran untuk merekrut Oussama Idrissi untuk menggantikan Jadon Sancho.

Dilaporkan oleh Jamie Spencer, Manchester United mendapat tawaran menggaet Oussama Idrissi yang secara gratis seiring adanya drama panjang antara Erik ten Hag dan Jadon Sancho.

Baca Juga

Ten Hag dan Sancho sempat berseteru di media dan bahkan dilaporkan membuat hubungan keduanya renggang dan kamar ganti Manchester United memanas.

Karena situasi itu, tim berjuluk Setan Merah itu pun ditawari Idrissi guna menggantikan peran Sancho sebagai winger imbas konfliknya dengan Ten Hag.

Meski bursa transfer sudah ditutup, Idrissi bisa digaet Man United saat ini, mengingat ia baru saja berpisah dengan Sevilla dan berstatus bebas transfer.

Oussama Idrissi sendiri merupakan winger berpaspor Maroko yang kariernya banyak dihabiskan di Belanda, yang merupakan tanah kelahirannya.

Baca Juga

Pemain yang lahir pada 16 Februari 1996 itu berposisi asli sebagai winger kiri. Tapi ia bisa bermain sebagai winger kanan, sama seperti Sancho.

Kiprahnya bermula di Belanda bersama Groningen pada 2016. Tapi kariernya tak bertahan lama di klub itu karena masalan kedisplinan, sehingga ia menyeberang ke AZ Alkmaar pada 2018.

Di AZ Alkmaar, Idrissi bermain selama 2,5 tahun dan tampil moncer dengan mencetak 37 dan 25 assist dari 98 laga. Catatan itu membuat Sevilla menebusnya.

Nahas di Sevilla, Idrissi tak bisa berkembang. Kemudian ia dipinjamkan ke Ajax Amsterdam pada Januari 2021 dan sempat merasakan tangan dingin Erik ten Hag.

Di Ajax pun Idrissi tak bisa berkembang, sehingga ia kembali dipinjamkan ke berbagai klub sejak 2021 hingga diputus kontrak oleh Sevilla pada September 2023 ini.

Lalu, bagaimana dengan kualitas Oussama Idrissi sebagai winger? Bisakah ia menggantikan peran Jadon Sancho dalam skema Erik ten Hag di Manchester United?

Baca Juga

1. Kualitas Oussama Idrissi

Pemain Sevilla, Oussama Idrissi. (Foto: sevillafc.es)

Karena dicap gagal di Sevilla, banyak menjalani peminjaman, hingga diputus kontrak, nama Oussama Idrissi dianggap tak punya kualitas yang mumpuni.

Faktanya, anggapan tersebut salah besar, setidaknya jika melihat catatan Idrissi selama setahun terakhir, yakni saat dirinya menjalani masa peminjaman di Feyenoord Rotterdam.

Baca Juga

Di musim 2022/2023 lalu di Feyenoord, Idrissi tampil sebanyak 27 kali di Liga Belanda atau Eredivisie dan mencatatkan 4 gol serta 6 assist.

Jika dibedah lebih dalam, Idrissi punya catatan impresif sebagai winger, di mana ia punya rataan 0,29 Non-Penalty Goals (NPG) per 90 menit dan rataan 0,37 assist per 90 menit.

Sebagai winger, Idrissi pun terbilang kreatif dengan rataan 6,15 Shot-Creating Actions (SCA) atau tindakan berbuah tembakan/peluang per 90 menit.

Lalu, Idrissi punya rataan mumpuni dalam terlibat permainan timnya, dengan memiliki akurasi operan sebesar 79,9 persen dari 55,24 percobaan per 90 menit.

Baca Juga

Dari 55,24 percobaan operan itu, Idrissi melepaskan 5,2 operan progresif per 90 menit. Catatan apik ini disertai kemampuannya melakukan dribel.

Ya, sebagai winger Idrissi punya kemampuan dribel di atas rata-rata dengan melakukan 7,76 dribel per 90 menit dan sukses melewati lawan sebanyak 2,56 kali per 90 menit.

Idrissi pun juga andal dalam membantu bertahan baik di Final Third maupun di areanya sendiri, dengan rata-rata melepaskan 2,49 tekel per 90 menit.

Secara garis besar, Idrissi punya catatan-catatan yang cocok dengan Erik ten Hag dan Manchester United untuk menggantikan Jadon Sancho.

Tapi apakah Manchester United dan Ten Hag mau menerima Idrissi dengan tangan terbuka serta melepaskan Sancho begitu saja?

Baca Juga
Manchester UnitedIn Depth SportsLiga InggrisprofilTransfer PemainErik ten HagIndepth

Berita Terkini