x

3 Alasan Wajib Tonton Sanfrecce Hiroshima vs Vissel Kobe: Menanti Debut Juan Mata di Liga Jepang

Jumat, 15 September 2023 17:01 WIB
Editor: Isman Fadil
Juan Mata (kiri) akan menggunakan nomor punggung 64 di Vissel Kobe.

INDOSPORT.COM - Pertandingan Sanfrecce Hiroshima vs Vissel Kobe akan tersaji pada pekan ke-27 Liga Jepang (J1 League) musim 2023, Sabtu (16/09/23). Kedua tim akan bertemu di EDION Stadium Hiroshima mulai pukul 17.00 WIB.

Belakangan ini kedua tim sedang menjadi buah bibir, baik itu di Jepang maupun di kancah dunia sepak bola internasional.

Baca Juga

Untuk tim tuan rumah Sanfrecce Hiroshima saat ini tengah jadi perbincangan karena diperkuat penjaga gawang bernama Keisuke Osako. Kiper Timnas Jepang itu tampil gembilang Ketika Negeri Sakura mengalahkan Jerman di laga persahabatan FIFA.

Sedangkan tim tamu Vissel Kobe, sedang menuju ke tangga juara J1 League untuk pertama kalinya dalam sejarah. Dan selain itu mereka baru saja merekrut sang pemenang Piala Dunia dari Spanyol, Juan Mata.

Setidaknya ada 3 alasan mengapa duel dua tim asal Jepang bagian Barat ini tak boleh dilewatkan. Berikut ulasannya.

Baca Juga

1. Vissel Kobe Kejar Gelar Juara Pertama

Vissel Kobe saat ini duduk di puncak singgasana Liga Jepang dengan torehan 52 poin dari 26 laga. Meski begitu mereka tak bisa santai, Yokohama F. Marinos di tempat ke-2 hanya berselisih 2 poin, artinya 3 poin wajib didapatkan Vissel saat melawan Sanfrecce.

Memang, ini jadi peluang terbesar Vissel Kobe untuk bisa merebut gelar J1 League perdana mereka sepanjang sejarah. Selama ini, posisi terbaik Tim Sapi asal Kobe ini adalah menempati peringkat 3 musim 2021 lalu.

Hal ini berbeda dengan Sanfrecce Hiroshima yang sudah tiga kali jadi juara J1 League pada 2012, 2013, dan 2015 lalu saat masih dinakhodai pelatih Timnas Jepang saat ini, Hajime Moriyasu.

2. Debut Juan Mata di Liga Jepang

Juan Mata diumumkan resmi bergabung dengan Vissel Kobe pada 3 September 2023, tepatnya setelah penutupan bursa transfer liga-liga di benua biru Eropa. Dia akan dikontrak hingga akhir kompetisi 2023.

Bersama Vissel Kobe, pemain yang menjuarai Piala Dunia 2010 dan Euro 2012 bersama Timnas Spanyol itu akan menggunakan nomor punggung 64.

Juan Mata diproyeksikan sebagai pengganti Andreas Iniesta yang telah meninggalkan Vissel Kobe setelah memilih pergi ke Timur Tengah untuk gabung ke klub Uni Emirat Arab (UEA), Emirates Club, pada 8 Agustus lalu.

Juan Mata yang kini sudah berusia 35 tahun, sebelumnya memperkuat klub Turki, Galatasaray. Di sana dia mencatat 3 gol dari 16 pertandingan liga, serta membawa Galatasaray meraih gelar juara liga.

Dan pada pertandingan Sanfrecce Hiroshima vs Vissel Kobe nanti, Juan Mata berpeluang besar untuk mencatat debutnya di J1 League.

3. Deretan Bintang Samurai Biru

Kedua tim sama-sama punya bintang Timnas Jepang yang kini ada dalam skuad mereka.

Sanfrecce Hiroshima punya kapten tim Sho Sasaki (15 caps) hingga kiper Keisuke Osako (5 caps). Sedangkan Vissel Kobe memiliki Yuya Osako (57 caps), Yoshinori Muto (29 caps), hingga kapten tim Hotaru Yamaguchi (48 caps).

Selain itu, ada pula bintang-bintang asing yang dimiliki kedua tim seperti Nassim Ben Khalifa, Douglas Vieira, Lincoln, hingga yang terbaru Juan Mata.

Baca Juga

1. Head To Head Sanfrecce Hiroshima vs Vissel Kobe

Para pemain Vissel Kobe merayakan gol dalam pertandingan Liga Jepang 2023.

Sanfrecce Hiroshima dan Vissel Kobe kini sama-sama sedang berada dalam top performa. Mereka sama-sama tak terkalahkan dalam 4 laga terakhir di J1 League.

Tuan rumah meraih 3 kemenangan dan 1 imbang dalam 4 laga, termasuk menang 2-0 lawan Sagan Tosu pekan lalu. Kali terakhir Sanfrecce Hiroshima kalah adalah saat tumbang 0-1 dari Shonan Bellmare, pada awal Agustus lalu.

Baca Juga

Sedangkan Vissel Kobe meraih dua kemenangan dan dua imbang dalam empat laga terakhir, mereka menang 2-1 lawan Kyoto Sanga dalam Derby Kansai pekan llau. Vissel kalah terakhir kali saat melawan Yokohama FC dengan skor 0-2 pada awal Agustus lalu.

Dari lima pertemuan terakhir kedua tim di Liga Jepang, Vissel Kobe lebih mendominasi atas Sanfrecce Hiroshima dengan 3 kemenangan dan 2 hasil imbang, termasuk kemenangan 2-0 pada putaran pertama musim ini.

Namun pada kejuaraan Piala Jepang (J.League Cup), justru kondisinya terbalik. Sanfrecce Hiroshima 2 kali mengalahkan Vissel Kobe pada April 2023.

Selain itu, jika Vissel Kobe mengejar gelar pertama mereka, Sanfrecce Hiroshima kini sedang berharap untuk bisa mendapatkan tiket ke Liga Champions Asia musim depan.

Baca Juga

Viola saat ini berada di tangga ke-7 klasemen dengan 41 poin, berjarak 5 angka saja dari Nagoya Grampus di posisi ke-3, pos terakhir yang lolos ke Liga Champions Asia.

Sanfrecce Hiroshima sudah pernah 5 kali tampil di kompetisi teratas Benua Asia ini, meski harus 3 kali gugur di babak grup (2010, 2013, 2016) dan 2 kali tersingkir di babak 16 besar (2014, 2019).

Hal ini berbeda dengan Vissel Kobe yang meski baru 2 kali tampil, sudah melangkah lebih jauh. Vissel Kobe lolos hingga semifinal Liga Champions Asia pada 2020 lalu dan sampai perempat final pada edisi 2022.

Laga panas ini akan tersaji di EDION Stadium Hiroshima pada hari Sabtu (16/09/23) mulai pukul 17.00 WIB dan disiarkan langsung secara gratis di channel YouTube J.League Internasional.

Baca Juga
Juan MataJ1 LeagueBola InternasionalSanfrecce HiroshimaLiga JepangVissel Kobe

Berita Terkini