x

4 Alasan yang Masuk Akal yang Bikin Inter Milan Berpeluang Bungkam AC Milan di Derby Milan

Jumat, 15 September 2023 19:55 WIB
Editor: Juni Adi
Perebutan bola antara pemain Inter Milan vs AC Milan.

INDOSPORT.COM - Inter Milan punya sejumlah faktor yang bikin mereka diunggulkan untuk meraih kemenangan saat menghadapi AC Milan di Liga Italia (Serie A).

Pekan ke-4 Liga Italia 2023/2024 akan dipanaskan dengan duel dua tim sekota yakni Inter Milan dan AC Milan dalam laga bertajuk Derby della Madonnina, Sabtu (16/09/23).

Baca Juga

Duel ini akan memperebutkan status siapa tim terbaik di Kota Milano saat ini. Kebetulan, Inter Milan dan AC Milan tak hanya akan memperebutkan status tim terbaik saja.

Keduanya juga akan memperebutkan puncak klasemen sementara, mengingat keduanya duduk nyaman di posisi pertama dan kedua dengan menyapu bersih kemenangan dan raihan 9 poin.

Sebelum jeda internasional kemarin, Inter meremukkan Fiorentina 4-0 di Giuseppe Meazza. Marcus Thuram mencetak gol perdananya, Hakan Calhanoglu menyarangkan satu gol dari titik penalti, dan Lautaro Martinez memborong dua.

Di lain pihak, penalti Olivier Giroud dan gol Rafael Leao membawa Milan menang 2-1 di kandang AS Roma. Raihan positif di pertandingan terakhir itu diyakini bakal menjadi motivasi kedua tim.

Baca Juga

Tak ayal, perebutan status jadi yang terbaik dan puncak klasemen akan menyemarakkan laga ini dan memanaskan jalannya pertandingan kelak.

“Di antara kedua tim, Inter masih memiliki sesuatu yang ekstra,” kata mantan pelatih Inter, Andrea Stramaccioni dikutip dari FCInterNews.

“Tetapi di awal musim, Milan telah mengejutkan saya. Tidak mudah untuk mengubah begitu banyak starter di area kunci seperti lini tengah dan segera mendapatkan kelancaran permainan yang harmonis,” ujarnya.

“Mereka kini punya cara baru dalam pendekatan pertandingan. Ini kebalikan dari musim lalu ketika mereka kehilangan begitu banyak poin dengan mudah,” pungkasnya.

Meski kedua tim sedang dalam tren bagus, Inter Milan sedikit lebih diunggulkan untuk meraih kemenangan karena mereka mempunyai beberapa faktor krusial yang lebih baik dari AC Milan. Apa saja itu?

Baca Juga
 

1. Inter Milan Lebih Solid

Selebrasi Lautaro Martinez bersama Marcus Thuram dan Alessandro Bastoni di laga Inter Milan vs Fiorentina (03/09/23). (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

Inter Milan tampil lebih solid menjalani awal kompetisi musim ini. Padahal mereka harus kehilangan sejumlah pilar pentingnya yang hengkang di bursa transfer musim panas kemarin.

Seperti Andre Onana, Marcelo Brozovic, hingga Milan Skriniar. Tetapi pemain pengganti yang didatangkan rupanya langsung cepat beradaptasi oleh skema taktik pelatih Simone Inzaghi dan memberikan dampak positif.

Baca Juga

Mereka di antaranya adalah Yann Sommer hingga Marcus Thuram. Hasilnya, tiga pertandingan perdana mereka sikat dengan kemenangan tanpa sekalipun kebobolan.

Ya, kiper baru Yann Sommer telah meraih clean sheet dari tiga laga perdananya di Liga Italia 2023-2024. Di sisi lain, AC Milan telah kebobolan dua kali. 

Kokohnya pertahanan Inter Milan ini bisa bikin lini depan AC Milan frustasi untuk coba menjebolnya. Apalagi ujung tombak sang lawan juga berpotensi absen, sehingga bisa mempengaruhi ketajaman di lini depan nanti.

Punya Lautaro Martinez

Lautaro Martinez sedang on fire untuk Inter Milan pada musim ini. Dari sembilan gol yang dilesakkan oleh Inter sejauh ini di Serie A, lima di antaranya datang dari kaki Lautaro Martinez.

Baca Juga

Dia bahkan mencatatkan dua gol ketika Inter Milan menggilas Fiorentina dengan skor 4-0 pada pekan ketiga. Kini, sang striker asal Argentina pun memuncaki klasemen sementara top skor Liga Italia 2023-2024.

Rekam Jejak Musim Lalu

Pada musim lalu, Inter Milan dan AC Milan bertemu dalam lima pertandingan di semua ajang. Empat laga di antaranya berhasil dimenangkan oleh Nerazzurri.

AC Milan Pemain Andalan

AC Milan mendapat pukulan telak menjelang pertandingan Derby della Madonnina melawan Inter Milan, karena  mereka tidak akan diperkuat Dua beknya, yakni Fikayo Tomori dan Pierre Kalulu.

Sebagaimana dilansir La Gazzetta dello Sport, Pierre Kalulu mengalami cedera, dan tidak akan pulih tepat waktu untuk pertandingan pekan ke-4 pada Sabtu (16/09/23).

Baca Juga

Sedangkan Fikayo Tomori juga absen melawan Inter karena diskorsing setelah mendapat ganjaran kartu merah dari wasit saat laga antara AS Roma vs AC Milan di pekan ketiga Serie A, Sabtu (2/9/23).

Kalulu yang rencana awalnya ditetapkan sebagai pengganti Tomori malah mengalami cedera otot baru-baru ini. Musim ini, Kalulu belum menjadi starter, hanya tampil beberapa kali dari bangku cadangan.

Absennya kedua bek penting ini, membuat pelatih Stefano Pioli harus mengandalkan bek kawakan, Simon Kjaer. Selain bek, masalah juga didapat Rossoneri di lini depan.

Striker andalan mereka, Olivier Giroud diragukan tampil setelah ia mengalami cedera saat membela Prancis di ajang internasional.

Kehilangan Giroud tentu bikin AC Milan terpukul telak, karena ia merupakan andalan di lini depan. Pemain berusia 36 tahun itu sudah membuat 4 gol dari 3 pertandingan. Berselisih 1 gol dari Lautaro Martinez di daftar top skor (5 gol).

AC MilanInter MilanLiga Italia

Berita Terkini