x

Bedah Formasi Ideal Persebaya Bersama Josep Gombau di Liga 1

Jumat, 15 September 2023 20:15 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Pelatih baru Persebaya Surabaya, Josep Gombau memimpin latihan di Stadion Gelora 10 Nopember. (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM – Melihat potensi taktik yang bakal digunakan Persebaya usai resmi memperkenalkan Josep Gombau sebagai pelatih baru di Liga 1 musim 23/24.

Setelah sempat ditukangi Uston Nawawi selama empat pertandingan, akhirnya Persebaya memperkenalkan Josep Gombau sebagai nakhoda baru mereka musim ini.

Baca Juga

Pelatih asal Spanyol tersebut akan melanjutkan tugas Aji Santoso yang harus didepak Bajul Ijo pada pekan keenam Liga 1.

Dalam keterangan resminya, Persebaya tak hanya menunjuk Josep Gombau sebagai pelatih melainkan juga direktur Teknik untuk mengembangkan sistem akademi Bajul Ijo.

“Selamat datang Coach Josep Gombau. Selain didaftarkan sebagai pelatih kepala, Coach Gombau juga akan ditugaskan sebagai direktur Teknik,” tulis keterangan Persebaya.

“Itu sejalan dengan rencana Persebaya mengembangkan sistem akademi, departemen analis, serta struktur kepelatihan,” tambah keterangan tersebut.

Baca Juga

Jika melihat dari rekam jejaknya, Josep Gombau punya banyak pengalaman yang cukup menjanjikan diantaranya adalah membawa Kitchee SC mendominasi Liga Hong Kong.

Selain itu, Josep Gombau juga pernah bekerja sebagai pelatih akademi Barcelona dan dipercaya mendampingi Ange Postecoglou di timnas Australia senior pada tahun 2016 hingga 2017.

Hadirnya Josep Gombau dengan segudang pengalamannya, membuat Persebaya diprediksi bakal bisa tampil atraktif dan kembali bersaing di tangga juara Liga 1.

Melansir dari laman Transfermakt, diketahui bahwa Josep Gombau sering memainkan skema 4-3-3 saat melatih tim-tim yang ia tukangi.

Jika melihat daftar skuat Persebaya saat ini, jelas formasi tersebut sangat bisa diterapkan.

Lantas bakal seperti apakah starting XI Persebaya bersama Josep Gombau? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT merangkum:

Baca Juga

Dengan menggunakan formasi 4-3-3, maka opsi terbaik untuk mengisi kuartet pertahanan Persebaya era Josep Gombau nanti adalah Reva Adi, Dusan Stevanovic, Kadek Raditya dan Arief Catur.

Dusan Stevanovic sebagai pemain asing, akan jadi tembok kokoh di central back bersama Kadek Raditya.

Sedangkan kecepatan serta akurasi umpan milik Reva Adi dan Arief Catur, menjadikan mereka bek sayap sempurna dalam strategi Josep Gombau.

Kehadiran keempat pemain tersebut bakal membantu tugas Ernando Ari sebagai orang terakhir alias penjaga gawang di starting kali ini.

Kemudian di lini tengah, Josep Gombau biasanya menggunakan kombinasi satu gelandang bertahan dan diapit dua playmaker atau gelandang serang.

Di posisi ini, Andre Oktaviansyah yang menemukan kembali sentuhan terbaiknya setelah pulang dari Eropa, bakal memainkan peran gelandang bertahan.

Baca Juga

Sementara dua pemain asing Persebaya yakni Ze Valente serta Ui-young Song, bertugas sebagai pengoper, pembuka ruang serta pemecah kebuntuan dari second line.

Terakhir di posisi paling depan, ada tiga penyerang yang bakal jadi tumpuan Persebaya untuk bisa mencetak gol.

Mereka adalah Bruno, Paulo Victor serta Sho Yamamoto. Duet ketiganya memang sudah dibentuk saat Persebaya masih dilatih Aji Santoso.

Bruno dan Sho Yamamoto akan bertugas sebagai winger di sebelah kiri dan kanan, sementara Paulo Victor bertindak sebagai ujung tombak.

Walau Paulo Victor belum terbukti benar kualitasnya sebagai goal getter di bawah arahan Aji Santoso, namun dengan pendekatan serta gaya bermain yang berbeda dari Josep Gombau, bukan tak mungkin eks mesin gol Liga Kamboja tersebut akan kembali menemukan sentuhan terbaiknya.

Berikut Perkiraan Formasi Persebaya Bersama Josep Gombau:
Persebaya XI (4-3-3)
Ernando Ari; Reva Adi, Dusan Stevanovic, Kadek Raditya, Arief Catur; Ze Valente, Andre Oktaviansyah, Ui-young Song; Bruno, Paulo Victor, Sho Yamamoto.

Baca Juga
Persebaya SurabayaLiga 1Josep Gombau Balague

Berita Terkini