x

Profil Ousmane Diomande, Target Arsenal Berusia 19 Tahun yang Harganya Selangit

Jumat, 15 September 2023 12:14 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Ousmane Diomande (tengah), pemain yang dikaitkan dengan klub Liga Inggris (Premier League), Arsenal. Foto: REUTERS/Rodrigo Antunes.

INDOSPORT.COM - Profil Ousmane Diomande, pemuda berusia 19 tahun yang sudah berlabel tinggi dan sedang diminati klub Liga Inggris (Premier League), Arsenal.

Saat ini, ia masih tercatat sebagai pemain klub Liga Portugal, Sporting Lisbon, yang konon membuat pagar tinggi untuknya di angka 69 juta poundsterling.

Ya, kurang lebih Rp1,31 triliun dibutuhkan siapa saja untuk mendatangkan bek asal Pantai Gading ini termasuk Arsenal.

Seperti diwartakan Daily Mail, Ousmane Diomande berpeluang merapat ke Arsenal saat nanti bursa transfer musim dingin dibuka.

Arsenal sendiri saat ini masih memiliki sejumlah pemain di sektor defensif yang bisa diandalkan, sebut saja William Saliba, Gabriel Magalhaes, atau Ben White.

Selain itu, Mikel Arteta juga masih mengantongi Jurrien Timber yang saat ini sedang cedera dan bakal absen untuk waktu yang cukup lama.

Baca Juga

Meski begitu, tidak ada salahnya memantau pemain-pemain muda seperti Ousmane Diomande yang mungkin akan bermanfaat suatu hari nanti.

Ousmane Diomande mengawali karier sepak bolanya dari kampung halamannya di Pantai Gading. Ia bergabung dengan Olympic Sport Abobo FC pada 2014.

Meski bukan di klub papan atas, Ousmane Diomande memiliki kontribusi yang besar selama masa-masanya sebagai pemain muda.

Hingga akhirnya, ia berhasil membantu Olympic Sport Abobo FC meraih tiket promosi ke kompetisi kasta ketiga.

Baca Juga

Setelah itu, bakatnya pun tercium klub Belanda, Midtjylland, yang kemudian mendatangkannya dan memasukkannya ke program akademi mereka.

Midtjylland sendiri diketahui memiliki program pembinaan pemain-pemain muda dari Afrika. Mereka bahkan menjadikan klub Nigeria, FC Ebedei, sebagai feeder.

Bersama Midtjylland, Ousmane Diomande menjelma sebagai salah satu bek tengah muda terbaik di Eropa dan Liga Denmark U-19. Saat itu, usianya masih 17 tahun.

Selanjutnya, Ousmane Diomande pun dipinjamkan ke klub Portugal, Mafra, yang juga dimiliki oleh Midtjylland pada awal musim 2022/2023.

Ia pun tampil beberapa kali di sejumlah kompetisi hingga akhirnya dilirik oleh klub yang dulu pernah menelurkan Cristiano Ronaldo, Sporting Lisbon.

Baca Juga

1. Mengenal Lebih Dekat Ousmane Diomande

Ousmane Diomande (tengah), pemain yang dikaitkan dengan klub Liga Inggris (Premier League), Arsenal. Foto: REUTERS/Rodrigo Antunes.

Ousmane Diomande adalah pemain yang cepat dalam melakukan recovery dan memiliki kemampuan menjangkau tubuh bagian bawah untuk mencuri bola.

Bertahan di dalam kotak adalah salah satu kebiaasaan yang ia lakukan untuk mencegat umpan silang dari pemain-pemain lawan.

Selain itu, ia juga mampu mempertahankan tingkat konsentrasi tinggi untuk mengamati apa yang terjadi di sekelilingnya.

Sekilas, ia punya kesamaan dengan pemain Tottenham Hotspur, Cristian Romero. Mereka sama-sama nyaman saat menerima bola dan cepat dalam melakukan cover jika dibutuhkan.

Hanya saja, keduanya cukup kerap melakukan kesalahan-kesalahan yang tidak perlu, yang tentu saja bisa berakibat fatal bagi pertahanan tim.

Ia sendiri merupakan pemain berkaki kanan dan biasanya diposisikan sebagai bek tengah yang bisa bermain di sisi mana saja.

Baca Juga

Berhubung belum lama terjun sebagai pemain profesional, Ousmane Diomande tentu masih butuh tambahan pengalaman dan jam terbang.

Bersama Sporting Lisbon sendiri, Ousmane Diomande telah tampil di 21 pertandingan di seluruh ajang, termasuk Liga Europa.

Dari 21 pertandingan tersebut, yang membentang sepanjang musim 2022/2023 dan 2023/2024, ia telah mengumpulkan lebih dari 1.500 menit bermain.

Untuk saat ini, Ousmane Diomande ternyata tidak hanya dikaitkan dengan Arsenal jelang pembukaan bursa transfer Januari.

Baca Juga

Menurut sejumlah kabar yang beredar, Arsenal harus bersaing dengan sejumlah klub termasuk salah satunya rival mereka di Liga Inggris, Manchester City.

Bahkan, menurut penuturan Fabrizio Romano, Ousmane Diomande telah diprospek sejak jauh-jauh hari.

Hanya saja, memang tidak ada negosiasi yang terjadi saat musim panas lalu karena Sporting Lisbon tidak berniat melepasnya ke klub lain.

Akankah Arsenal bakal memburu pemain kelahiran Abidjan, 4 Desember 2003 ini untuk mengisi slot bek tengah mereka musim dingin nanti?

Baca Juga
Bursa TransferArsenalSporting LisbonBerita TransferIndepthOusmane Diomande

Berita Terkini