x

Persaingan Sengit Pulisic vs Chukwueze Jadi Starter di Derby Milan, Siapa Layak?

Jumat, 15 September 2023 11:38 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi pemain AC Milan, Olivier Giroud bersama rekan setimnya usai mencetak gol keempat ke gawang Torino pada laga Liga Italia di Stadion Giuseppe Meazza (Milano). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

INDOSPORT.COM - Persaingan sengit sektor sayap kanan klub Liga Italia (Serie A), AC Milan antara Christian Pulisic dan Samuel Chukwueze membuat pusing Stefano Pioli untuk memilih sebagai starter melawan Inter Milan di Derby Milan.

AC Milan berhasil tampil baik di awal kompetisi musim 2023-2024 ini. Dari tiga pertandingan yang sudah dilakoni di Liga Italia, Rossoneri belum tersentuh kekalahan. 

Baca Juga

Di laga perdana mereka menang atas Bologna 2-0 lalu membantai Torino 4-1 dan terbaru menang tipis 2-1 atas AS Roma.

Kemenangan sempurna itu membawa AC Milan sempat memuncaki klasemen Liga Italia dengan 9 poin, sebelum digeser oleh Inter Milan karena kalah selisih gol.

Performa impresif AC Milan itu tidak lepas dari kecerdasan mereka merekrut pemain berkualitas, yang dibutuhkan oleh tim racikan pelatih Stefano Pioli pada bursa transfer musim panas lalu.

Padahal selama menjalani bursa transfer musim panas kemarin, AC Milan dirundung sejumlah masalah. Mulai dari hilangnya sosok penting Direktur Olahraga, Ricky Massara dan Direktur Teknik, Paolo Maldini.

Baca Juga

Hingga diharuskan mencari penyerang sayap baru untuk masalah di sayap kanan. Namun perlahan Rossoneri mampu melewatinya dengan baik.

Periode bursa transfer musim panas kali ini berjalan sesuai harapan, karena mereka bisa menggaet sejumlah pemain bintang tanpa peran Direktur Olahraga dan Direktur Teknik.

Pemain-pemain itu langsung tampil cemerlang. Konsistensi mereka bakal kembali diuji pada pertandingan lanjutan Liga Italia pekan ke-4 melawan rival sekota, Inter Milan di Stadion Giuseppe Meazza, pada Sabtu (16/09/23) malan WIB.

Kedua tim tentu ingin merebut tiga poin demi bisa merebut puncak klasemen, mengingat keduanya saat ini berada di peringkat pertama dan kedua, hanya dibedakan dengan selisih gol.

Pentingnya pertandingan bertajuk Derby Milan itu membuat pelatih Stefano Pioli harus meracik timnya dengan baik, agar bisa meraih kemenangan termasuk menentukan pemain-pemain yang bakal tampil lebih dahulu atau starter.

Salah satu sektor yang mungkin bikin pusin ada di sayap kanan, karena dalam skuad AC Milan di posisi ini cukup seimbang antara Christian Pulisic dan Samuel Chukwueze. Siapa yang lebih layak?

Baca Juga

1. Christian Pulisic atau Samuel Chukwueze

Selebrasi pemain AC Milan Rafael Leao dengan rekan setimnya usai mencetak gol kedua ke gawang AS Roma pada laga Liga Italia. (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)

Musim lalu, sektor penyerangan sayap kanan AC Milan menjadi masalah lantaran tak mampu mengimbangi serangan dari sisi kiri yang tajam bersama Rafael Leao.

Hal ini terjadi karena para pemain winger di sektor kanan tak ada yang bisa menunjukan ketajaman secara konsisten. Nama-nama seperti Junior Messias hingga Alexis Saelemaekers tampil mengecewakan.

Baca Juga

Alhasil, musim panas kemarin pelatih Stefano Pioli sangat fokus dan menekan manajemen untuk mencari winger kanan baru. 

Dua nama dengan reputasi dan track record mentereng berhasil didapatkan oleh AC Milan yakni Christian Pulisic dan Samuel Chukwueze. Keduanya merupakan pemain andalan di klub sebelumnya, Chelsea dan Villarreal.

Pulisic dan Chukwueze didatangkan dengan nilai sebesar 20 juta euro. Lantas bagaimana kiprah keduanya setelah menjalani tiga pertandingan resmi kompetisi musim ini? hasilnya memuaskan.

Terutama Pulisic yang tampil cemerlang. Meski datang dari kultur sepak bola yang berbeda, winger asal Amerik Serikat ini ternyata bisa beradaptasi dengan cepat di sepak bola Italia.

Buktinya, Pulisic bermain moncer dengan membuat 2 gol dari 3 pertandingan sejauh ini di AC Milan. Catatan impresif itu membuat dirinya lebih diunggulkan untuk jadi starter pada pertandingan melawan Inter Milan nanti. 

Baca Juga

Tetapi Pioli juga tidak bisa menutup mata dengan kualitas yang dimiliki oleh Chukwueze. Pemain berkebangsaan Nigeria itu layak diberi kesempatan bermain sejak menit awal, agar performa positifnya musim lalu bisa terjaga dan dilanjutkan musim ini.

Hal itu bisa dilihat dari performanya bersama Villarreal sepanjang musim 2022-2023 lalu, dengan membuat 13 gol dan 11 assist dari 50 penampilan di semua ajang.

Ia harus menunjukkan performa yang luar biasa dalam latihan untuk memberikan pertimbangan kepada pelatih Stefano Pioli untuk mengubah susunan tim yang selama ini telah memberikan hasil positif.

Pulisic, sebagai salah satu pemain yang baru saja kembali dari tugas internasional, mungkin menghadapi potensi kelelahan, yang bisa menjadi peluang bagi Chukwueze untuk menunjukkan kemampuannya.

Baca Juga

Samuel Chukwueze menjadi upgrade yang besar bagi pos winger kanan AC Milan. Tetapi sayang, pemain berusia 24 tahun itu hingga saat ini masih belum dapat membuktikan kualitasnya di kompetisi resmi yang sudah berjalan ini.

Chukwueze kalah bersaing dengan Christian Pulisic yang diboyong dari Chelsea. Winger asal Amerika Serikat itu sudah berkontribusi nyata, dengan menyumbang 2 gol serta selalu tampil penuh total 164 menit ia bermain dalam 2 pertandingan.

Samuel Chukwueze pun harus bersabar untuk bisa membuktikan kualitas permainannya untuk AC Milan, karena ia masih belum jadi pilihan utama Pioli.

Namun kerap dimainkan meski dari bangku cadangan di menit akhir jelang pertandingan bubaran. Hal itu sebenarnya jadi bukti, kalau Pioli sangat percaya dengan permainan Chukwueze.

Hanya saja kebutuhan taktikal membuatnya harus sering memulai kariernya dari bangku cadangan dahulu.

Namun Pioli juga harus cepat memberikan menit bermain yang lebih untuknya, agar performa terbaiknya tak cepat hilang, dan bisa segera berkontribusi nyata untuk AC Milan.

Padahal di musim lalu, Pulisic yang jadi andalan Pioli saat ini di sayap kanan AC Milan, performanya kalah mentereng dari Chukwueze, karena ia hanya membuat 2 assist dan 1 gol dari 30 pertandingan di semua ajang untuk Chelsea.

Chukwueze kembali ke Italia pada hari Senin dan segera terjun ke latihan, mempersiapkan dirinya dengan baik untuk pertarungan sengit dalam derby yang sangat dinanti-nantikan ini.

Semua perhatian akan tertuju pada siapa yang akan diambil oleh Stefano Pioli untuk memimpin sayap kanan AC Milan dalam pertandingan penting ini.

AC MilanLiga ItaliaChristian PulisicSamuel Chukwueze

Berita Terkini