x

Siapa Jorrel Hato? Bocah Belanda yang Dibidik Liverpool untuk Gantikan Van Dijk

Jumat, 15 September 2023 08:30 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Wonderkid milik Ajax Amsterdam, Jorrel Hato, yang dibidik Liverpool untuk gantikan Virgil van Dijk. (Foto: instagram@jorrelhato)

INDOSPORT.COM – Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, membidik nama pemain muda Ajax Amsterdam, yakni Jorrel Hato, sebagai pengganti Virgil van Dijk.

Nama Jorrel Hato masuk dalam radar Liverpool seiring kemunculannya yang baru-baru ini mampu tampil cemerlang bersama Ajax Amsterdam.

Baca Juga

Liverpool yang menyadari talentanya, ingin memboyongnya dari Ajax Amsterdam sebagai penambah kualitas di lini belakang, seiring menuanya Virgil van Dijk.

Saat ini, Van Dijk telah berusia kepala tiga. Kondisi fisiknya pun sudah mulai jauh dari kata sempurna dan rentan diterpa cedera belakangan ini.

Sadar tak bisa terus mengandalkan bek andalannya itu, klub berjuluk The Reds itu pun mulai mengambil ancang-ancang untuk memboyong Jorrel Hato.

Jorrel Hato sendiri sejatinya terlalu muda untuk diboyong Liverpool dan langsung dijadikan pengganti Van Dijk. Terlebih, dirinya belum banyak pengalaman di level teratas.

Baca Juga

Pemain kelahiran Belanda pada 7 Maret 2006 atau 17 tahun silam ini baru menjalani debutnya di level profesional pada tahun 2023 ini bersama Ajax.

Jorrel Hato merupakan produk akademi Ajax sejak bergabung pada 2018 lalu. Pada tahun 2022 lalu, dirinya baru meneken kontrak berdurasi tiga tahun hingga 2025.

Usai tampil apik di Jong Ajax yang bermain di kasta kedua atau Eerste Divisie dengan total 13 penampilan, Jorrel Hato kemudian dipromosikan ke tim utama.

Ia pun berhasil debut pada Januari 2023 lalu di usia 16 tahun, termasuk saat Ajax melakoni final KNVB Cup melawan PSV Eindhoven.

Di usia yang kini baru 17 tahun, Jorrel Hato telah mencatatkan total 20 penampilan bagi Ajax di segala ajang dengan sumbangan satu assist.

Lalu, seperti apa kualitas Jorrel Hato di awal mula kariernya di Ajax sehingga Liverpool yakin bahwa dirinya bisa menggantikan sosok Virgil van Dijk?

Baca Juga

1. Kualitas Jorrel Hato

Wonderkid milik Ajax Amsterdam, Jorrel Hato. (Foto: instagram@jorrelhato)

Meski baru tampil 20 kali bersama Ajax, Jorrel Hato telah menunjukkan tanda-tanda dirinya akan menjadi salah satu bek terbaik di masa depan.

Tanda-tanda ini terlihat dari catatannya selama 20 kali bermain bagi Ajax, terutama di kancah Liga Belanda atau Eredivisie sejak musim 2022/2023 lalu.

Baca Juga

Sebagai bek yang ditugaskan bertahan, Jorrel Hato punya rataan mumpuni dengan mencattakan 1,94 tekel per 90 menit, 1,02 intersep per 90 menit, dan 1,43 blok per 90 menit.

Bahkan, Jorrel Hato juga mampu mencatatkan 2,15 sapuan dan 2,15 kali memenangi duel udara per 90 menit, yang membuktikan kelugasannya dalam bertahan.

Tapi, sepak bola modern saat ini tak membutuhkan bek yang hanya andal dalam bertahan. Seorang bek di era saat ini, diwajibkan bisa membantu permainan timnya dari lini belakang.

Tak disangka, Jorrel Hato memenuhi kriteria itu di usianya yang baru 17 tahun. Hal ini terbukti dari tipikal permainannya sebagai Ball-Playing Defender.

Baca Juga

Jorrel Hato rata-rata melepaskan 85,2 operan per 90 menit dengan akurasi 90,5 persen, serta rata-rata membuat 7,56 operan progresif yang membuktikan kapasitasnnya dalam melepaskan operan.

Selain itu, Jorrel Hato terbilang tenang saat menguasai bola dengan catatan 2,86 dribel per 90 menit dan rata-rata melewati lawan sebanyak 1,33 kali per 90 menit.

Melihat catatannya, Jorrel Hato hampir mirip dengan Virgil van Dijk saat awal-awal membela Liverpool, yakni sebagai Ball-Playing Defender yang andal dalam mengorganisir permainan.

Meski punya kesamaan, Liverpool tentu punya rencana bijak ketimbang langsung memboyong Jorrel Hato dan menjadikannya pilar di lini belakang.

Dengan usianya yang masih muda dan pengalamannya yang masih minim, Liverpool akan memilih mengintegrasikan Jorrel Hato secara perlahan, agar bisa belajar lebih jauh dengan Van Dijk.

Baca Juga
Bursa TransferLiverpoolIn Depth SportsLiga InggrisVirgil van DijkTransfer PemainIndepth

Berita Terkini