x

Usai Strasbourg, Todd Boehly Jadikan Raksasa Portugal sebagai 'Adik' Chelsea

Jumat, 15 September 2023 16:10 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Usai mengakuisisi Strasbourg, pemilik klub Liga Inggris (Premier League) Chelsea, yakni Todd Boehly, berencana mengakuisisi Sporting CP atau Sporting Lisbon.

INDOSPORT.COM – Usai mengakuisisi Strasbourg, pemilik klub Liga Inggris (Premier League) Chelsea, yakni Todd Boehly, berencana mengakuisisi Sporting CP atau Sporting Lisbon.

Dilaporkan oleh The Telegraph, Todd Boehly tengah melancarkan usahanya untuk mengakuisisi salah satu dari tiga tim raksasa Portugal tersebut.

Baca Juga

Sejatinya rumor ini sudah berkembang sejak lama, tepatnya saat Chelsea hendak memboyong Manuel Ugarte dari Sporting CP pada musim panas 2023 lalu.

Saat itu, klub berjuluk The Blues itu bersaing dengan Paris Saint-Germain. Tapi Sporting CP kabarnya lebih memilih menjual Ugarte ke Chelsea.

Hal ini pun membuat PSG heran dan kemudian terungkap bahwa ada kesepakatan di bawah meja antara Todd Boehly dan Sporting CP, sehingga Ugarte bakal dilepas ke Chelsea.

Sejak kabar itu menyeruak, klub asal London Barat itu langsung menarik diri dari perburuan Ugarte yang kemudian bergabung dengan PSG.

Baca Juga

Diyakini, kesepakatan di bawah meja itu terkait masalah keuangan yang melanda Sporting CP, sehingga Todd Boehly menawarkan bantuan keuangan dengan cara akuisisi.

Meski transfer Ugarte batal terjadi, nyatanya keinginan Todd Boehly mengakuisisi saham Sporting CP tak meredup dan akan coba direalisasikannya dalam waktu dekat.

Kabarnya pihak Sporting CP terbuka dengan opsi itu, meski mendapat tentangan dari para pendukungnya karena akuisisi ini membuat klubnya sekadar ‘pabrik’ pemain untuk Chelsea.

Jika berhasil melakukan akuisisi, Todd Boehly pun akan memasukkan Sporting CP dalam bagian dari klub konsorsium BlueCo yang telah memiliki Chelsea dan Strasbourg.

Baca Juga

1. Sepak Terjang Todd Boehly Akusisi Klub-klub Eropa

Todd Boehly, pemilik Chelsea. Foto: REUTERS/Matthew Childs

Sebelum hendak mengakuisisi Sporting CP, Todd Boehly beserta konsorsiumnya sudah mencoba mengakuisisi salah satu klub Portugal lainnya, yakni Portimonense.

Akuisisi Portimonense ini hendak dilakukan pada Maret 2023 lalu. Saat itu, Todd Boehly dan konsorsiumnya menawarkan akuisisi sebesar 75 persen dengan biaya 35 juta poundsterling.

Baca Juga

Tapi Portimonense menolak gagasan tersebut dan merasa tak membutuhkan investasi dari klub Inggris untuk menjadi ‘Feeder Club’ nya.

Sebelum Todd Boehly ingin mengakuisisi Portimonense, ada Manchester City yang juga pernah mencoba hal serupa dan berujung penolakan.

Penolakan ini membuat Todd Boehly menyasar ke Prancis dan kemudian berhasil mengakusisi salah satu tim kasta teratas, yakni Strasbourg pada Juni 2023 lalu.

Saat itu, Todd Boehly dan konsorsiumnya mengakuisisi saham sebesar 75 persen dengan biaya cukup fantastis, yakni 65 juta poundsterling.

Baca Juga

Berkat akuisisi ini, Todd Boehly pun kemudian mengirimkan para pemainnya ke Strasbourg untuk dikembangkan, di mana salah satunya adalah Angelo Gabriel.

Rencana Todd Boehly melahirkan Multi-Club Model ini sendiri berkaca pada kesuksesan Red Bull Group dalam beberapa tahun terakhir.

Pihak Todd Boehly merasa Chelsea banyak memiliki pemain muda yang bisa dikembangkan lewat Multi-Club Model ini dan bisa menghadirkan profit secara maksimal, tak seperti di rezim sebelumnya.

Selain itu, jika para pemain muda itu bisa tampil apik, maka para pemain itu akan dipertahankan untuk membela tim utama Chelsea.

Baca Juga
ChelseaSporting LisbonLiga InggrisBola InternasionalTodd Boehlystrasbourg

Berita Terkini