x

2 Pelatih Menunggu Debut Cemerlang di Liga 1 Mengikuti Fernando Valente, Siapa Saja?

Sabtu, 16 September 2023 09:27 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
Pelatih baru Persebaya Surabaya, Josep Gombau memimpin latihan di Stadion Gelora 10 Nopember. (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Pekan ke-12 Liga 1 musim 2023/2024 memberi catatan khusus pada sejumlah pelatih. Saat ini, ada dua nama yang tengah menunggu debut cemerlangnya.

Sebagaimana diketahui, Liga 1 musim ini sudah memakan korban. Sudah 5 kali terjadi pergantian pelatih yang dilakukan klub sampai merampungkan pekan ke-11.

Baca Juga

Luis Milla Aspas jadi pelatih pertama yang dilengserkan Persib Bandung. Dia digantikan oleh Bojan Hodak dan langsung mengawal Persib pada pekan ke-4 Liga 1.

Pelatih kebangsaan Kroasia ini lantas membungkus debutnya dengan manis. Meski tak menang, tapi Bojan membawa Persib meraih 1 poin pasca mengimbangi Bali United 0-0, Agustus lalu.

Baca Juga

Pelatih berikutnya yang diberhentikan adalah Aidil Sharin. Kontrak juru taktik kebangsaan Singapura ini disudahi Persikabo 1973 meski menang 3-1 atas Bhayangkara FC, Juli lalu.

Lalu, Joko Susilo diistirahatkan setelah gagal mengantar Arema FC meraih kemenangan dalam 6 laga. Kekalahan telak 0-4 dari Barito Putera (05/08/23) jadi puncak kariernya.

Baca Juga

Setelah bersama Kuncoro sebagai caretaker, Tim Singo Edan lantas menunjuk Fernando Valente. Pelatih asal Portugal lantas mencatat debut paling cemerlang sejauh ini.

Valente bahkan membawa Arema FC menang 2 kali beruntun saat mengalahkan Persikabo 1-0 (28/8/23) dan 2-0 atas Bhayangkara FC (01/09/23).

Baca Juga

Persebaya Surabaya juga menempuh cara serupa untuk Aji Santoso selepas kalah 2-3 dari Persikabo (4/8/23). Persita Tangerang jadi tim terbaru yang mengganti pelatih, seiring hasil buruk bersama Luis Edmundo Duran.

Lantas, siapa saja pelatih yang berpeluang mengikuti rekor Fernando Valente yang mampu meraih kemenangan pada debutnya di Liga 1?

Baca Juga

Divaldo Alves

Pelatih kebangsaan Portugal ini akhirnya kembali ke Indonesia, mirip perjalanan karirnya musim lalu. Saat itu, dia menggantikan posisi Javier Roca di Persik Kediri.

Sementara musim ini, Divaldo dipilih Persita Tangerang untuk melanjutkan tugas Luis Edmundo Duran. Sikap klub tak bisa lepas dari kekalahan 6 kali beruntun.

Kini, pelatih berusia 45 tahun itu sedang menunggu kesempatan untuk melakoni debut cemerlang. Dia akan debut saat Persita menantang Arema FC, Sabtu (16/09/23).

Pengalamannya cukup baik saat debut jadi pelatih pengganti musim lalu. Divaldo membawa Persik meraih 1 poin berkat hasil imbang 1-1 kontra Rans Nusantara FC (10/09/22).

Josep Gombau

Pelatih kelahiran Spanyol berusia 47 tahun ini menjadi nama kedua yang berada dalam situasi serupa Divaldo Alves. Dia baru saja diresmikan Persebaya Surabaya.

Debutnya memimpin taktik dan strategi Tim Bajul Ijo bakal tersaji pada pekan ke-12. Persebaya akan bertemu Madura United dalam Derby Jatim, Minggu (17/09/23).

Pelatih yang sempat menjadi pemandu bakat di Akademi Barcelona pada 2003 ini pun diberi dua jabatan sekaligus. Tak hanya head coach, tapi juga direktur teknik.

Sebelumnya, Persebaya menjalani periode positif setelah melepas Aji Santoso. Uston Nawawi sebagai caretaker, mampu meraih 16 poin alias 5 kemenangan dan 1 kali seri.

 

Persebaya SurabayaPersita TangerangLiga 1Divaldo AlvesJosep Gombau Balague

Berita Terkini