x

PSM Makassar Jadi Tim Pertama yang Patahkan Rekor Mentereng Barito Putera di Liga 1

Sabtu, 16 September 2023 09:09 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Duel PSM Makassar vs Barito Putera.

INDOSPORT.COM - PSM Makassar berhasil memutus rekor mentereng Barito Putera di Liga 1 2023/2024, di mana Laskar Antasari sebelumnya selalu mencetak gol di setiap laga.

PSM Makassar menjamu Barito Putera di Stadion BJ Habibie, Parepare, hari Jumat (15/09/23), dan berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan tuan rumah Juku Eja.

Baca Juga

Kenzo Nambu mencetak gol lebih dulu di babak pertama, lalu sang pemain pengganti, Rasyid Bakri berhasil menambah kedudukan di penghujung babak kedua.

Barito sendiri sebenarnya bisa mencetak gol lewat sosok Gustavo Tocantins, tetapi gol itu dianulir karena hakim garis mengangkat bendera offside.

Hasil ini tidak disangka, karena jika melihat statistik musim ini, Barito Putera adalah tim papan atas Liga 1, sementara PSM Makassar tertinggal di papan tengah klasemen.

Apalagi PSM tidak diperkuat oleh sejumlah pemain andalannya, Yakob Sayuri dan Yance Sayuri, Yuran Fernandes, hingga Wiljan Pluim. 

Baca Juga

Namun, Murilo Mendes dkk tetap kesulitan membongkar pertahanan PSM Makassar. Ini adalah kali pertama bagi Laskar Antasari gagal mencetak gol dalam satu laga.

Sebelumnya, Barito Putera juga sempat kalah dari Borneo FC, Madura United, hingga Bali United. Namun, skuat besutan Rahmad Darmawan pasti ada mencetak gol.

Rekor mentereng Barito Putera akhirnya dipatahkan oleh PSM Makassar di pekan ke-12 Liga 1. Posisi Barito juga turun ke peringkat 3 klasemen sementara.

Pelatih Rahmad Darmawan akhirnya buka suara mengenai kekalahan ini. Menurutnya, Barito Putera kesulitan mencetak gol ke kubu PSM Makassar karena bermain terlalu dalam.

Baca Juga

Pelatih kepala Barito Putera, Rahmad Darmawan memberikan evaluasi terkait penampilan anak asuhnya saat dijegal PSM Makassar di Stadion Gelora BJ Habibie, Jumat (15/09/23).

"Pada hari ini kita melakukan pemainan terlalu mendalam masuk ke zona kita, sehingga ada beberapa momen kita harus dipaksa untuk menahan serangan kita," ungkap Rahmad.

Baca Juga

"Dan kebetulan di beberapa situasi, saya mencoba untuk merubah beberapa pola, kita mulai membangun serangan untuk menguasai pertandingan di babak kedua," jelasnya.

"Saya pikir ini adalah hasil yang kurang baik untuk kita," tambah mantan pelatih Timnas Indonesia tersebut.

"Dan tentu kita akan mengevaluasi pertandingan kita ini untuk persiapan pertandingan selanjutnya. Selamat untuk PSM," lanjut Rahmad Darmawan lagi.

Pelatih yang akrab disapa RD itu juga memberikan tanggapan terkait gol pemain Barito, Gustavo Tocantins yang dianulir wasit, dan menuai protes dari kubu Laskar Antasari.

Baca Juga

"Para pemain harus belajar untuk menghargai keputusan wasit, apapun itu. Apalagi saya juga tidak bisa melihat (proses gol) itu, karena posisi saya jauh," beber Rahmad Darmawan.

"Menurut saya mungkin memang offside," pungkas RD.

Setelah ini Barito Putera akan melanjutkan perjuangan di laga pekan ke-13 Liga 1, dan akan meladeni PSIS Semarang di Stadion Jatidiri Semarang, Jumat (22/09/23) nanti.

Sementara PSM Makassar akan melakoni laga internasional Piala AFC 2023 melawan klub Vietnam Hai Phong FC, Kamis (21/09/23), bertempat di Lach Tray Stadium, Vietnam.

Baca Juga
Barito PuteraRahmad DarmawanPSM MakassarLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini