x

Sheikh Jassim Bisa Batal Beli Man United Gara-gara Syarat 'Menjijikan' Glazer

Sabtu, 16 September 2023 17:21 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Indra Citra Sena
Sheikh Jassim bisa membatalkan niatnya mengakuisisi klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, imbas dari ambisi Keluarga Glazer.

INDOSPORT.COM - Sheikh Jassim bisa membatalkan niat mengakuisisi klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, imbas dari ambisi Keluarga Glazer.

Saga akuisisi Manchester United sampai hari ini belum rampung lantaran pihak Glazer tidak tegas dengan niatan awal mereka untuk menjual klub penghuni Old Trafford tersebut.

Baca Juga

Melansir Give Me Sport, kali ini muncul keyakinan bahwa Sheikh Jassim berpotensi membatalkan pembelian Manchester United karena syarat Glazer yang mempersulit dirinya.

Jurnalis Ben Jacobs memberi klaim bahwa Sheikh Jassim mulai resah dan berpikir bahwa Glazer mungkin bakal memilih Sir Jim Ratcliffe, yang tidak akan membeli Setan Merah 100 persen.

Glazer dipercaya masih ingin memiliki kuasa atas klub Premier League tersebut dan tawaran Sir Jim Ratcliffe bisa menjadi jawaban yang memuaskan.

"Dua kelompok itu punya perspektif yang berbeda karena tawaran mereka juga berbeda. Bagi Jassim, dirinya hanya ingin membeli 100 persen," ujar Jacobs.

Baca Juga

"Sebagai hasilnya, pihak Jassim mulai khawatir bahwa Glazer bisa berpikir sebaliknya ketimbang melepas Manchester United kepada pihak yang ingin 100 persen."

"Hal itu juga bisa berarti menjual ke Ratcliffe, tapi juga bisa berarti membatalkan penjualan tersebut," lanjut sang jurnalis.

"Saya rasa, pihak Jassim berpikir bahwa Glazer ingin menjual ke pihak yang berani dalam penawaran mereka. Sehingga, pembatalan penjualan ini menjadi kekhawatiran bagi Jassim."

"Mereka masih terus skeptis bahwa Glazer sudi menjual 100 persen. Jassim sudah menganggap bahwa tawarannya sangat tinggi. Jadi, tidak akan memenuhi tuntutan 8, 9, atau 10 miliar pound," pungkasnya.

Baca Juga

1. Sheikh Jassim Masih Berjuang

Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani, Bankir asal Qatar calon pemilik Manchester United. (Foto: Instagram@sheikhjassim7)

Melansir The Sun, nilai saham Manchester United di New York Stock Exchange (NYSE) turun hingga 550 juta pound (sekitar Rp10,5 triliun) per Selasa (4/9/23).

Inilah penurunan persentase harian terbesar bagi Manchester United sejak masuk di bursa saham pada 2012 yang lalu.

Baca Juga

Dengan nilai saham turun dengan nilai sebesar itu, nilai pasar pasar Manchester United saat ini hanya berkisar 3,3 miliar pound.

Jumlah ini jauh lebih rendah ketimbang penawaran terakhir Sheikh Jassim, yang disebut telah mengajukan proposal senilai 5 miliar pound.

Meski demikian, Sheikh Jassim dan Sir Jim Ratcliffe rupanya belum menyerah. Dilaporkan The Guardian, mereka masih sabar menanti waktu yang tepat untuk kembali mengajukan penawaran.

Di sisi lain, Setan Merah baru saja meneken kontrak dengan sponsor anyar, Qualcomm. Nilai kontrak tersebut cukup fantastis, yakni 60 juta pound per tahun.

Baca Juga

Sheikh Jassim sendiri sebenarnya dilaporkan masih ingin membeli Manchester United, tetapi paham bahwa harus berlarut-larut berurusan dengan keluarga Glazer untuk menyelesaikan akuisisi.

Sementara itu, Sir Jim Ratcliffe diperkirakan masih optimistis keluarga Glazer memang berniat menjual klub, meskipun saat ini akuisisi masih tertunda.

Namun, Sir Jim Ratcliffe tidak mendapat dukungan dari para penggemar. Pasalnya, salah satu orang terkaya Inggris ini hanya mau membeli saham sebesar 50 persen, dengan masih memberi ruang untuk keluarga Glazer ikut campur.

Baca Juga
Manchester UnitedLiga InggrisSir Jim RatcliffeSheikh JassimKeluarga Glazer

Berita Terkini