x

5 Catatan Negatif yang Dibuat Man United Pasca Kena Hajar Brighton, Ten Hag Wajib Malu!

Minggu, 17 September 2023 14:30 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Ekspresi kecewa Victor Lindelof (kiri) dan Andre Onana (kanan) usai gawang Manchester United dijebol Brighton (16/09/23). (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

INDOSPORT.COM – Setidaknya ada lima catatan buruk yang dibuat klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, usai tumbang dari Brighton. Apa saja itu?

Manchester United harus menderita kekalahan di pekan ke-5 Liga Inggris 2023/2024 saat menjamu Brighton di Old Trafford, Sabtu (16/09/23) malam WIB.

Baca Juga

Dalam laga tersebut, pasukan Erik ten Hag harus menerima dicukur oleh tamunya dengan skor 1-3, usai Brighton mampu unggul terlebih dulu lewat Danny Wellbeck di paruh pertama.

Di paruh kedua, tim berjuluk The Seagulls itu mampu menambah dua gol lewat Pascal Gross dan Joao Pedro, sebelum akhirnya dibalas oleh Man United lewat Hannibal Mejbri.

Kekalahan di kandang ini menjadi kekalahan ketiga Setan Merah dalam lima laga Liga Inggris 2023/2024, yang membuat posisinya berada di peringkat ke-13 sementara.

Dari kekalahan yang dideritanya tersebut, Manchester United pun membuat lima catatan buruk yang membuat nama Erik ten Hag tercoreng dan menjadi sorotan. Rekor apa saja itu?

Baca Juga

1. Rekor Kekalahan sejak 1992

Sejak Liga Inggris bergulir pada tahun 1992 dengan format Premier League, Manchester United menjadi tim tersukses sepanjang sejarah kompetisi.

Kekalahan dari Brighton ini membuat Man United untuk kali pertama dalam sejarah Premier League kalah tiga kali dalam lima laga pembukanya.

Sebelum tumbang dari Brighton, Ten Hag dan Man United harus takluk di pekan kedua kontra Totteham Hotspur (0-2) dan Arsenal di pekan keeempat (1-3).

Baca Juga

2. Tak Pernah Menang Lawan Brighton

Bagi Erik ten Hag, kekalahan dari Brighton ini menjadi aib tersendiri baginya sebagai pelatih. Sebab, sejak ia datang ke Inggris dan menukangi Man United, ia tak pernah menang atas The Seagulls di Liga Inggris.

Sejak datang pada awal musim 2022/2023 lalu, Ten Hag sudah berhadapan tiga kali dengan Brighton di Liga Inggris dengan catatan tiga kali kalah, yakni dua kali kalah di kandang dan sekali kalah tandang.

Buruknya catatan Ten Hag ini pun membuat Man United menorehkan rekor buruk yakni kalah secara Back to Back kontra Brighton di kandang pada ajang Liga Inggris.

Baca Juga

1. 3. Danny Welbeck Hantui Mantan

Aksi Rasmus Hojlund di laga Manchester United v Brighton & Hove Albion, Sabtu (16/09/23) malam WIB.

Tak ada mantan yang jahat kepada Manchester United selain Danny Welbeck. Berstatus jebolan akademi Setan Merah, ia menjadi pemain yang paling sering menghantui mantannya.

Sejak didepak pada 2014 lalu, Welbeck telah bertemu Man United sebanyak 14 kali di berbagai ajang dengan melesakkan lima gol, yakni empat gol di Liga Inggris dan satu gol di Piala FA.

Catatannya memang rendah. Tapi dari gol-gol dan kontribusinya itu, tim yang dibela Welbeck tercatat mampu menang enam kali dari 14 pertemuan dengan Man United.

Baca Juga

4. Skuad Mewah tak Menjamin

Saat laga dimulai, Man United menurunkan 11 pemain dengan total biaya 346,7 juta poundsterling atau setara dengan Rp6,5 triliun.

Berbanding kontras dengan lawannya, Brighton justru sembilan starternya punya total transfer sebesar 7,9 juta poundsterling (Rp150 miliar), sedangkan lima dari sembilan pemainnya itu berstatus gratisan.

Kontrasnya biaya transfer dari Starting XI keduanya pun menjadi bukti bahwa skuad mewah bukan jaminan untuk meraih kemenangan.

Baca Juga

5. Rekor Buruk Ten Hag untuk Man United

Kekalahan 1-3 dari Brighton juga mencoreng nama Ten Hag sebagai pelatih yang membawa rekor buruk bagi Manchester United lainnya.

Ten Hag membuat pertahanan Man United mudah dibobol oleh lawan yang bisa mencetak satu gol lebih dalam empat pertandingan terakhir Liga Inggris.

Catatan itu menjadi catatan buruk bagi Man United lainnya, yang untuk kali pertama sejak 1979 selalu kebobolan lebih dari satu gol dalam satu laga dalam empat pertandingan beruntun.

Baca Juga
Manchester UnitedIn Depth SportsLiga InggrisErik ten HagIndepth

Berita Terkini