x

Kiper Vietnam Tertahan di Bandara Jelang Asian Games 2022, Timnas Indonesia Hati-hati!

Minggu, 17 September 2023 13:10 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Laga Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam di semifinal SEA Games 2023. Mayoritas dari pemain ini akan berlaga di Asian Games 2022. Foto: CdM Indonesia SG 2023.

INDOSPORT.COM - Kiper Timnas Vietnam, Do Sy Huy, tertahan di bandara China jelang Asian Games 2022, kejadian ini membuat Timnas Indonesia U-24 juga harus waspada.

Dilansir dari laman media Soha, Kiper Timnas Vietnam, Do Sy Huy, memakai paspor yang berbeda saat mendaftarkan diri di Asian Games, dan ketika tiba di bandara China.

Baca Juga

Kasus ini menjadi perhatian serius bagi pihak Imigrasi, sehingga membuat Timnas Vietnam tertahan di bandara dan terlambat bertolak ke Hangzhou, lokasi Asian Games 2022.

Skuad Timnas Vietnam berangkat di hari Sabtu (16/09/23) pukul 10.05, dan mendarat di Bandara Internasional Pudong (Shanghai) pada pukul 14.25 waktu China.

Rencananya, Pelatih Hoang Anh Tuan dan tim kemudian akan dijemput dengan mobil yang diatur oleh panitia Asian Games 2022 untuk menuju Hangzhou, sekitar 180 km dari Shanghai.

Awalnya, rencana ini berjalan lancar. Timnas Vietnam melakukan penerbangan dari Hanoi dan mendarat di Bandara Pudong di China.

Baca Juga

Namun semua itu buyar saat salah satu pemain Timnas Vietnam ditahan pihak bea cukai, ia adalah kiper Do Sy Huy.

Berdasarkan kronologi yang disampaikan media Soha, paspor Do Sy Huy sudah habis masa berlakunya, sehingga baru-baru ini ia mengganti paspor dengan yang baru.

Namun karena Sy Huy mendaftarkan dirinya panitia Asian Games dengan paspor lama, maka ada perbedaan informasi yang membuat database mereka menjadi tidak sesuai.

"Vietnam telah mendaftarkan Sy Huy ke panitia Asian Games dengan paspor lama. Karena ketidaksesuaian informasi, Timnas Vietnam harus menghabiskan banyak waktu menangani bea cukai bandara," tulisnya.

Baca Juga

1. Pelajaran bagi Timnas Indonesia U-24

Latihan Timnas Indonesia U-24 jelang ke Asian Games 2023 di Lapangan A Senayan, Jumat (15/09/23). Latihan baru diikuti 15 pemain. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Akibat kejadian yang menimpa Do Sy Huy, Timnas Vietnam sempat tertahan di imigrasi sampai malam hari, padahal tim lainnya tiba di hotel dan bersiap menatap Asian Games 2022.

Sekadar informasi, berdasarkan hasil drawing sepak bola putra Asian Games 2022, Timnas Vietnam tergabung di Grup B bersama Arab Saudi, Iran, dan Mongolia.

Baca Juga

Masih menurut media Soha, setelah tiba di Hangzhou, Timnas Vietnam awalnya akan berlatih pada hari ini, Minggu (17/9/23) pagi dan petang, dan satu sesi lagi di hari Senin.

Timnas Vietnam akan menghadapi Mongolia pada Selasa (19/09/23) di Linping Sports Centre Stadium, yang diklain sebagai lawan paling mudah bagi Do Sy Huy dkk di Grup B.

Namun, kasus yang menimpa Do Sy Huy membuat Timnas Vietnam minim persiapan, dan mungkin saja akan menemui kesulitan di laga perdana Asian Games 2022 Hangzhou.

Hal ini jadi pelajaran bagi Timnas Indonesia U-24 atau kontingen dari cabor lainnya agar benar-benar memerhatikan hal administratif atlet sebelum berangkat ke Asian Games 2022.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-24 sudah bertolak ke China pada Jumat (15/09/23) malam. Nampaknya tidak ada kendala selama di bandara, dan pemain sudah istirahat di Hangzhou.

Nmaun, ada 6 pemain yang masih belum bergabung karena masih diandalkan oleh klub Liga 1. Mereka akan bertolak ke China pada hari ini, Minggu (17/09/23).

Timnas Indonesia U-24 tergabung di Grup F Asian Games 2022 dan akan meladeni Kirgistan (19/09/23), Chinese Taipei (21/09/23), dan Korea Utara (24/09/23).

Nantinya, juara dan runner-up grup akan lolos ke babak 16 Besar. Selain itu, tiga terbaik dari enam grup juga akan lolos ke babak 16 Besar. Jadi, peluang Timnas Indonesia melaju cukup terbuka.

Baca Juga
Asian GamesVietnamTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas VietnamAsian Games 2022Timnas Indonesia U-24

Berita Terkini