x

Sejumlah Elemen Sepakati Nota Penting Jelang Laga Madura United vs Persebaya

Minggu, 17 September 2023 07:21 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Sejumlah elemen penting mengadakan pertemuan jelang laga Madura United vs Persebaya, Minggu (17/09/23).

INDOSPORT.COM - Pekan ke-12 Liga 1 2023/3024 dibuka oleh Derbi Jatim antara Madura United versus Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bangkalan (SGB), Minggu (17/9/23).

Pertemuan dua tim asal Jawa Timur jelas perlu diberi atensi tinggi. Terlebih, jarak Surabaya menuju Bangkalan hanya perlu ditempuh perjalanan selama 1 jam.

Oleh sebab itu, banyak kalangan yang khawatir terhadap kehadiran suporter Persebaya saat derbi itu berlangsung. Padahal, ada regulasi tentang larangan suporter tim away.

Maka dari itu, sejumlah elemen penting di Madura dan Surabaya mengadakan pertemuan pada Rabu (13//9/23) lalu. Ada nota penting yang disepakati.

Dalam rapat koordinasi itu, panitia pelaksana (panpel) pertandingan Madura United mencari opsi terbaik bersama jajaran kepolisian dan perwakilan dua kelompok suporter.

"Muncul kata mufakat bahwa sesuai dengan regulasi, suporter tim tamu dilarang keras untuk hadir di SGB," jelas Security Officer Panpel Madura United, Sapto Wahyono.

Baca Juga

"Perwakilan Bonek (suporter Persebaya) mengatakan siap dan melakukan koordinasi dengan korlap (koordinator lapangan) mereka," sambung dia.

Pihaknya pun sangat berharap elemen yang terlibat bisa mematuhi nota yang telah disepakati. Mengingat jika ada pelanggaran, Madura United terancam sanksi.

Sanksi yang diterapkan atas pelanggaran dalam regulasi Pasal 51 ayat 6 Liga 1 ini bisa berujung denda Rp25 juta dan bahkan sampai penutupan tribun.

"Ini demi kenyamanan bersama. Kami juga menghimbau kepada seluruh suporter untuk mematuhi ketentuan yang ada," tandas Sapto.

Baca Juga

Pertahankan Puncak Klasemen

Dari sisi persiapan tim, Madura United menjalani progres yang bagus jelang melakoni derbi. Jeda internasional FIFA Matchday selama 2 pekan memberi keuntungan.

Motivasi yang diusung Francisco Rivera dkk jelas bertujuan untuk mempertahankan posisi puncak klasemen. Saat ini, MU memimpin Liga 1 dengan 23 poin.

"Kami tahu ini menjadi laga yang akan berlangsung sulit. Kompetisi adalah melawan diri sendiri untuk mencapai target," ucap Pelatih Madura United, Mauricio Souza.

Di satu sisi, pertemuan kontra Persebaya memberi kans bagus bagi tim berjulukan Laskar Sape Kerrab untuk memutus rekor buruknya sejak 2021.

Madura United tercatat tak pernah bisa menang melawan Persebaya selama 5 laga terakhir. Tim tamu superior dengan 4 kemenangan serta 1 hasil imbang.

"Kami termotivasi untuk memutus statistik (buruk) itu. Kami akan mencoba mencari kemenangan," tandas pelatih kebangsaan Brasil tersebut.

Persebaya sendiri berpeluang besar untuk mendekat ke 3 besar. Jika menang, tim berjuluk Bajul Ijo akan menggeser Barito Putera yang mengoleksi 20 angka.

Baca Juga
Persebaya SurabayaMadura United FCLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini