x

Berkurangnya Minat Beli Sheikh Jassim Muluskan Jalan Ratcliffe Kuasai Man United

Selasa, 19 September 2023 13:32 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani, Bankir asal Qatar yang ingin membeli Manchester United. (Foto: Instagram@ammadutd)

INDOSPORT.COM - Minat beli Sheikh Jassim mulai berkurang imbas digantung Keluarga Glazer. Sir Jim Ratcliffe lebih berpeluang menguasai Manchester United.

Laman Give Me Sports mengulas potensi Sir Jim Ratcliffe untuk mengambil alih mayoritas saham Manchester United, dan tawarannya lebih fleksibel ketimbang Sheikh Jassim.

Baca Juga

Sejak Glazer pertama kali mengumumkan rencana penjualan Manchester United pada November 2022, kini sudah 10 bulan tak ada perkembangan mengenai jual-beli itu.

Padahal, ada dua pembeli potensial yang dengan sabar menanti, yaitu Sheikh Jassim asal Qatar dan Sir Jim Ratcliffe asal Inggris.

Perwakilan Sheikh Jassim mulai ragu apakah keluarga Glazer masih bersedia melepas kepemilikan klub Setan Merah, karena tawarannya terus digantung meski ditembak dengan harga tinggi. 

Sementara Sir Jim Ratcliffe masih setia menunggu Keluarga Glazer melepas klub, bahkan ia siap menyisakan saham bagi Keluarga Glazer agar tetap memimpin MU.

Baca Juga

Dari kubu fans, sebenarnya banyak yang lebih condong kepada Sheikh Jassim untuk membeli Man United, tapi orang dekat mengatakan bahwa Keluarga Glazer tak peduli tekanan fans.

"Keluarga Glazer berkulit tebal dan tidak akan terpengaruh oleh reaksi negatif apa pun dari penggemar," ungkap sosok anonim itu.

Laporan tersebut juga mengatakan jika Keluarga Glazer mungkin mencoba menjual Man United pada 2025, dan mereka berharap bisa menambah nilai jual klub Liga Inggris itu.

Manchester United akan mendapat surplus pendapatan dari TV, Piala Dunia Klub, dan menjelang Piala Dunia 2026 yang akan berlangsung di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Baca Juga

1. Peluang Ratcliffe Kuasai Man United

Sir Jim Ratcliffe saat menghadiri laga OGC Nice vs FC Basel (21/04/23). (Foto: REUTERS/Eric Gaillard)

Jurnalis asal Inggris, Ben Jacobs menguak bahwa Manchester United masih membuka penawaran penjualan klub, tak benar-benar menunda sampai tahun 2025 mendatang. 

Ben Jacobs yakin bahwa pemilik INEOS, Sir Jim Ratcliffe lebih berpeluang untuk membeli Man United ketimbang Sheikh Jassim karena lebih menguntungkan bagi Keluarga Glazer.

Baca Juga

Sheikh Jassim ingin menguasai seratus persen saham Man United, sementara itu Keluarga Glazer masih ingin memiliki sedikit saham.

Mendengar keinginan Glazer, Sir Jim Ratcliffe coba negosiasi dan ingin membeli 69 persen saham Man United, dan 31 persen sisanya tetap berada di tangan Keluarga Glazer.

"Ratcliffe sedikit berbeda karena INEOS jauh lebih fleksibel. Mereka siap mengambil 69 persen saham, dan mengizinkan Keluarga Glazer untuk tetap tinggal dan jadi lebih fleksibel."

"INEOS tidak perlu terlalu khawatir soal keinginan Glazer untuk tetap berada dalam kapasitas tertentu di klub, mereka bersedia menerima kemungkinan itu," kata Jacobs.

Baca Juga

"Sementara itu, kubu Jassim menginginkan agar Keluarga Glazer keluar, atau mereka tidak akan membeli Manchester United."

"Kubu Ratcliffe bersedia duduk bersama keluarga Glazer, dan selama mereka punya kendali, mereka akan memiliki lebih dari satu struktur kepemimpinan," jelasnya.

"Saya pikir, itulah sebabnya Sheikh Jassim lebih khawatir keluarga Glazer tetap tinggal. Dalam hal ini, dia tidak akan menjadi pemilik baru Man United," sambung Jacobs.

"Itulah sebabnya saya pikir ada lebih banyak perasaan skeptis dan frustrasi dari pihak Qatar (Sheikh Jassim), hanya karena penawaran mereka lebih kaku."

Baca Juga
Manchester UnitedLiga InggrisSir Jim RatcliffeSheikh JassimKeluarga Glazer

Berita Terkini