x

Fakta Mohammad Khanafi, Putra Daerah Milik Persik Kediri yang Jebol Persija

Selasa, 19 September 2023 10:51 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
Selebrasi gol Mohammad Khanafi untuk Persik Kediri.

INDOSPORT.COM - Partai menjamu Persija Jakarta dalam lanjutan Liga 1 Indonesia 2023/24 di Stadion Brawijaya, Minggu (17/9/23), seharusnya menjadi panggung tersendiri bagi striker muda Persik Kediri, Mohammad Khanafi.

Khanafi nyaris saja menjadi pahlawan kemenangan tim berjulukan Macan Putih setelah membuka skor dengan golnya pada menit ke-35 meneruskan assist Renan Silva.

Baca Juga

Itulah gol debutnya untuk Persik Kediri musim ini. Laga melawan Persija Jakarta sekaligus menjadi performa kedua kalinya sebagai starter dari total delapan caps.

Kepercayaan Marcelo Rospide menurunkan Khanafi sebagai starter menyusul absennya para pilar asing andalan seperti Flavio Silva dan Jefinho di lini serang.

"Tentu, sangat senang rasanya bisa mencetak gol pertama musim ini," kata Mohammad Khanafi, striker yang lahir dan besar di Kab. Kediri tersebut.

Sayang, aksi ciamik di lapangan tak berjalan lurus dengan hasil akhir yang dipetik timnya. Persik Kediri harus merelakan poin penuh melayang di hadapan ribuan suporter sendiri.

Baca Juga

Persija Jakarta membawa pulang tiga poin setelah mampu membalikkan skor, melalui gol Firza Andika pada menit ke-68 dan penalti Ondrej Kudela (94').

"Meski mencetak gol, rasanya hambar karena kami gagal mewujudkan target tiga poin. Kami meminta maaf kepada para suporter," tambah eks kapten Persedikab Kediri itu.

Persik pun tak beranjak dari papan bawah. Bahkan, mereka kini terancam masuk zona merah lagi karena menempati urutan 13 klasemen dengan raihan 12 poin.

Khanafi sendiri menjadi pilar Tim Macan Putih yang mendapat apresiasi dari kalangan suporter. Berikut beberapa fakta perihal striker berusia 25 tahun itu.

Baca Juga

Putra Daerah

Keberadaan Khanafi merupakan bagian dari visi dan misi Persik Kediri untuk mengakomodir sejumlah pesepak bola potensial asli kelahiran Kediri.

Selain Khanafi, Persik juga diperkuat pemain asal Kediri lain seperti Vava Mario Yagalo, Yusuf Meilana, Bayu Otto, Ady Eko Jayanto, hingga Faris Aditama.

Transfermarkt menjabarkan, Khanafi mengawali karier di Liga 3 Jatim untuk Blitar United sebelum membela Persedikab Kabupaten Kediri pada 2018. 

Dia menjadi kapten Persedikab saat tampil final Liga 3 Jatim lawan NZR Sumbersari FC pada 2019. Khanafi lantas terpilih ke skuat Jatim saat tampil di PON Papua 2020.

Baca Juga

2 Gol Debut

Kariernya di Persik Kediri dimulai saat era kepelatihan Divaldo Alves. Khanafi direkrut pada transfer window Januari 2023 setelah memperkuat Persedikab di Liga 3 musim lalu.

Debutnya hanya berlangsung 2 menit saat menggantikan Flavio Silva menit 94 ketika Persik dikalahkan PSIS Semarang 1-2 di Stadion Brawijaya, 4 Februari silam.

Soccerway mencatat, Mohammad Khanafi tampil 12 kali dari bench dengan total 189 menit selama musim 2022/23. Hebatnya, dia menyumbang empat gol.

Khanafi bahkan mencetak dua gol debutnya sekaligus saat Persik Kediri mengalahkan Rans Nusantara FC 5-1 (23 Februari). Dia masuk menggantikan Flavio Silva pada menit ke-74 dan mencetak gol menit 76 dan 82.

Baca Juga
Persija JakartaPersik KediriLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1

Berita Terkini