x

Arapenta Poerba Jadi Pembeda Strategi Persis Solo di Kandang RANS Nusantara FC

Kamis, 21 September 2023 18:56 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Gelandang Persis Solo, Arapenta Poerba melakukan protes pada asisten wasit. Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Gelandang asal Bekasi, Arapenta Poerba, menjadi pembeda strategi Persis Solo saat menghadapi RANS Nusantara FC di Stadion Maguwoharjo, Jumat (22/09/23). Tiga poin tandang perdana di Liga 1 2023-2024 menjadi target utama.

Arapenta Poerba termasuk jarang masuk starting eleven selama berseragam Persis Solo. Musim lalu, dari 15 kali pertandingan, Arapenta main dari menit pertama dalam tiga kesempatan.

Baca Juga

Musim ini, Arapenta juga baru masuk tim inti dalam dua laga dari 12 pertandingan. Namun, untuk pertandingan tandang melawan RANS, Arapenta berpotensi dimainkan dari menit pertama.

Sinyal itu hadir saat Arapenta Poerba diajak pelatih Leonardo Medina Arellano hadir dalam sesi jumpa pers, Kamis (21/09/23). Namun, Leo Medina tak menjelaskan detail tentang perubahan yang akan dia lakukan.

Baca Juga

Leo Medina hanya berbicara tentang jalannya laga melawan RANS yang berpotensi berjalan sulit. RANS merupakan tim kuat yang kini ada di papan atas Liga 1.

"Ini akan menjadi pertandingan yang keras karena RANS bermain dengan bagus. Mereka ada di posisi kedua. Itu bakal rumit untuk kita, tapi fokus ke game model kita. Kita mau menjalankan pertandingan yang bagus," kata Leo Medina.

Baca Juga

Persis Solo punya statistik bagus ketika menjadikan Arapenta sebagai pemain inti. Dari lima kesempatan sejak musim lalu, Persis Solo menang dua kali dan imbang tiga kali.

Namun, sulit untuk mendeteksi strategi yang diinginkan Leo Medina. Sutanto Tan yang absen karena akumulasi kartu kuning merupakan seorang gelandang bertahan.

Baca Juga

Sementara Arapenta Poerba merupakan gelandang bertipikal menyerang. Kemungkinan Arapenta hadir sepaket dengan Taufiq Febriyanto atau Shulton Fajar untuk menemani Alexis Messidoro.

"Kita melakukan persiapan di set piece, juga pertahanan, karena kita bermain away. Ini akan menjadi pertandingan yang keras untuk kita," tutur Leo Medina.

Baca Juga

Leo Medina menegaskan absennya beberapa pemain tak membuat Persis Solo melemah. Selain Sutanto Tan, Persis Solo juga tak diperkuat Fernando Rodriguez yang pulang ke Spanyol.

"Kita sudah menjadi unit yang lebih kuat dan siap menghadapi siapapun," ungkap Leo Medina.

Pecahkan Rekor Tandang

Sementara itu, Arapenta Poerba, mengungkapkan keinginannya untuk mengakhiri hasil minor di laga tandang Liga 1 2023-2024.

Dalam enam laga tandang, Persis Solo baru meraih dua poin. Raihan itu menjadi yang terburuk di antara kontestan Liga 1 musim ini. Sementara RANS merupakan tim paling kuat saat tandang dengan raihan 11 poin.

"Kita sudah siap semua karena sudah latihan berapa kali, coach Leo sudah mempersiapkan semuanya. Kita ingin meraih poin dan nilai positif di away," jelas Arapenta.

Arapenta menegaskan, Persis Solo tak memikirkan catatan positif pada musim lalu, ketika menang 6-1 di Stadion Maguwoharjo Sleman dan menang 3-2 di Stadion Pakansari Bogor.

"Statistik berbeda, karena momennya berbeda, seperti kata coach Leo, pemainnya (kedua tik) sudah berbeda. Intinya kita ingin kasih identitas permainan kita. Kita ingin meraih tiga poin di laga tandang," tegas Arapenta.

Persis Solo butuh tiga poin untuk merangkak naik ke sepuluh besar. Saat ini, Laskar Sambernyawa ada di posisi ke-13 dalam klasemen sementara Liga 1 2023-2024 dengan 15 poin.

Sementara RANS Nusantara FC butuh tiga poin untuk mengamankan posisi di tiga besar. Anak asuh Eduardo Almeida mengoleksi 22 poin atau terpaut empat poin dari Madura United sebagai pemuncak klasemen Liga 1 2023-2024.

Rans Nusantara FCPersis SoloLiga 1Arapenta Poerba

Berita Terkini